Saturday, March 19, 2011

Menjelajahi Kasongan yang Terkenal dengan Kerajinan Gerabahnya


Penjelajahan di daerah Bantul saya akhiri dengan mengunjungi daerah Kasongan yang terkenal dengan kerajinan gerabahnya. Lokasinya tidak jauh dari kota Jogja, hanya cukup melewati Jalan Bantul, ke selatan tak jauh dari ringroad Anda akan menemui semacam gapura masuk yang menandakan Anda akan memasuki wilayah Kasongan ini. Sayang saya belum bisa memotret gapura tersebut karena keadaan yang kurang memungkinkan waktu itu :(

Setelah memasuki gapura yang pertama, Anda akan langsung disuguhi pemandangan berbagai kerajinan yang dijual di showroom-showroom yang terletak di sisi kanan dan kiri jalan. Showroom tersebut terkesan mahal dan cukup menciutkan nyali kami hehehe. Dianjurkan untuk terus mengikuti jalan lurus masuk ke kampung-kampung di dalamnya hingga melewati jembatan dan memasuki gapura kedua, di sana juga banyak showroom yang sepertinya dikelola sendiri oleh masyarakat sekitar.


Setelah memasuki gapura ini Anda akan disuguhi pemandangan berbagai kerajinan baik yang terbuat dari gerabah dan sebagainya dipajang di rumah-rumah yang berada di pinggir jalan lintasan ini. Jika terus masuk ke dalam maka Anda akan menemukan rumah-rumah penduduk yang sebagian besar mata pencaharian mereka adalah sebagai pengrajin gerabah karena di samping kanan dan kiri banyak terlihat orang yang sedang membakar gerabah untuk proses pematangan.



Tak hanya barang-barang gerabah saja yang dijual di daerah Kasongan ini, tetapi juga banyak barang-barang dari anyaman bambu, hiasan bunga-bunga, aksesoris, patung-patung besar dan kecil, dan lain sebagainya banyak juga di jual di sini. Ada beberapa toko yang menjual dengan harga pas tapi ada juga toko yang bisa ditawar harganya, yak tinggal pinter-pinter nya kita saja buat menawar agar dapat barang dengan harga yang pas. Ada juga guci-guci cantik untuk hiasan rumah dengan harga yang cukup terjangkau. Harga di kawasan Kasongan jauh lebih murah jika dibandingkan di Jogja kota menurut saya. Buat yang ingin mencari souvenir untuk acara pernikahan atau sekedar untuk kado ulang tahun teman, banyak pilihan barang yang menarik nan unyuu unyuu dengan harga yang terjangkau tentu saja. Kuncinya adalah jangan pernah ragu untuk menawar.




Di Kasongan ini saya hanya membeli semacam taplak yang terbuat dari anyaman bambu untuk hiasan di kamar kost dengan harga 10.000 rupiah saja setelah tawar menawar dengan pedagangnya :D


2 comments:

  1. goood.....,,http://ariflasjogja.blogspot.com/ jk ad waktu kunjungi blog saya ya...terimakasih

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah berkunjung di blog saya :)

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com