Thursday, April 21, 2011

Trip To Solo Day 1 : Kuliner Sate Kere Yu Rebi


Mendengar namanya mungkin banyak orang bertanya-tanya apa sih sate kere itu? Biasanya orang lebih akrab dengan sate ayam atau sate kambing. Sate kere merupakan salah satu kuliner khas dari kota Solo. Kenapa disebut dengan sate kere? Konon katanya dahulu kala sate kere ini dibuat untuk dinikmati oleh rakyat jelata yang tak mampu membeli sate daging yang biasa dinikmati oleh orang kaya. Lalu si pembuatnya mempunyai ide untuk membuat sate dari bahan tempe gembus, yaitu tempe yang terbuat dari ampas kedelai sisa pembuatan tahu. Melihat sekilas tekstur dari sate kere ini mirip dengan sate daging karena seperti ada seratnya.

Sate kere ini terbuat dari irisan tempe bacem yang ditusuk kemudian dibumbu bacem, lalu ditusuk, dibakar diatas bara arang kemudian diberi sambal kacang khas seperti sate-sate pada umumnya. Menurut saya rasa sate ini manis dari bumbu bacem campur dengan rasa gurih yang berasal dari sambal kacangnya ditambah taburan bawang goreng menambah kenikmatan sate ini. Untuk yang suka rasa pedas bisa menambahkan irisan cabai rawit dan bawang merah yang telah disediakan.

Untuk menikmati seporsi sate kere yang berisi 10 tusuk sate yang cukup besar irisannya ini cukup merogoh kocek sebesar 8.000 rupiah, belum termasuk lontong dan minumnya. Anda bisa memilih lontong maupun nasi putih untuk menemani makan sate kere ini.


Warung sate kere Yu Rebi ini terletak di belakang Stadion Sriwedari tepatnya di Jalan Kebangkitan Nasional. Dari Museum Radyapustaka lalu berjalan ke arah barat hingga perempatan lampu merah di samping tulisan Stadion R. Maladi Sriwedari lalu belok ke kiri. Lalu lurus ikuti jalan ke arah selatan, ketemu perempatan belok ke kiri. Nah tak jauh dari perempatan tersebut sudah terlihat warung Yu Rebi, cukup mudah untuk ditemukan. Cukup berjalan selama 5 menit dari Jalan Slamet Riyadi. Jam buka warung ini dari pagi sekitar pukul 10.00 hingga sore pukul 17.00 WIB.

1 comment:

  1. Artikelnya bagus, ijin share di http://ksmtour.com yaa.. Terima kasih

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com