Monday, July 24, 2017

Where To Stay : Midtown Xpress Demangan Yogyakarta

Area parkir mobil yang "mungil" menyambut kedatangan saya di Hotel Midtown Xpress Demangan Yogyakarta siang itu. Petugas keamanan yang berjaga dengan sigap memberi aba-aba untuk parkir kendaraan, lalu mempersilahkan saya untuk masuk menuju ruang lobi utama tempat resepsionis berada.


Suasana minimalis modern namun masih terasa "njawani" dapat saya rasakan saat memasuki lobi. Aksen hiasan jawa yang dipajang di dekat bagian resepsionis memberikan kesan suasana "Jogja" yang ngangeni.

Setelah mengkonfirmasi pesanan, saya pun mendapatkan kunci smart card lengkap dengan password wifi, di mana sebelumnya saya meninggalkan uang deposit sebesar Rp 50.000,- sebagai jaminan yang akan dikembalikan setelah saya check out nanti.

Ini adalah kali kedua saya menginap di Hotel Midtown Xpress Demangan. Tak banyak perubahan di hotel ini. Warna ungu masih terasa dominan dan dipertahankan sebagai salah satu signature hotel ini. Foto-foto lokasi wisata dan bangunan tua di Jogja dengan nuansa jadul masih setia menghiasi dinding di bagian lorong menuju kamar hotel.

Beruntung, kali ini saya mendapat kamar di lantai atas dengan jendela kaca yang menghadap ke bagian timur. At least, saya bisa melihat matahari terbit dari dalam ruangan kamar saya esok pagi.

Kenapa Memilih Hotel Midtown Xpress Demangan Yogyakarta?

Pertama adalah faktor lokasi. Berhubung kedatangan ke Jogja kali ini bukan untuk piknik cantique, maka saya pun mencari penginapan yang berlokasi dekat dengan area kampus. Hotel Midtown Xpress Demangan berlokasi di Jalan Cendrawasih No. 19 Demangan, Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta. 

Boleh dibilang Hotel Midtown Xpress Demangan memiliki lokasi yang cukup strategis. Dekat dengan area kampus (Universitas Sanata Dharma, kampus Atma Jaya Mrican, UNY, dan UGM). Dekat dengan minimarket, dekat dengan tempat kuliner sehingga tidak perlu takut jika lapar melanda.

view dari jendela kamar lantai 5, kamar menghadap ke arah timur
Selain dekat dengan pusat kuliner dan jajanan (seperti daerah Moses dan Mrican), hotel ini juga dekat dengan cafe-cafe lucu seperti Lagani, Tickels atau Cubic. Ingin nge-mall? Bisa mlipir ke Lippo Mall, Ambarukmo Plaza, atau Hartono Mall. Ingin nonton film di bioskop? Selain bisa nonton di mall, bisa juga mlipir ke Empire XXI yang lokasinya juga tak jauh dari hotel.

Selain lokasi yang strategis, suasana di Hotel Midtown Xpress Demangan ini juga cukup kondusif. Menjelang tengah malam suasana di sekitar hotel cukup lengang sehingga nyaman untuk mengistirahatkan badan.

Fasilitas Kamar

Boleh dibilang, Hotel Midtown Xpress Demangan memiliki ukuran kamar yang tidak seberapa luas. Namun pemilihan ukuran furniture yang pas dan serta penataan yang tepat membuat suasana di dalam kamar terasa cukup lega.


Kali ini saya memesan kamar tipe Groovy Twin Room Only dengan fasilitas yang cukup oke. Dua buah ranjang twin berbalut dengan sprei dan bed cover berwarna putih dengan dua buah bantal yang cukup nyaman di masing-masing ranjang. Ada sebuah meja kecil di bagian tengah yang menjadi pembatas antar ranjang sekaligus tempat meletakkan lampu tidur dan saluran telepon. Background wallpaper bermotif batik di bagian dinding kamar semakin membuat kesan Jogja di dalam ruangan.


Untuk kelengkapan ruangan kamarnya sendiri memang cukup standar. Ada televisi layar datar sebagai sumber hiburan, pendingin ruangan (AC), kursi kerja, meja, almari, mineral water, teko listrik lengkap dengan kopi, gula, teh, dan creamernya.

mineral water yang ukuran besar ada biaya charge-nya ya !
Oh iya, pihak hotel juga menyediakan mineral water dengan ukuran 1,5 liter yang disediakan di kamar. Jadi, kita bisa mengambil air mineral tersebut ketika persediaan air minum habis. Cukup praktis ! Nanti kita tinggal bayar air mineral tersebut waktu proses check out.

Toilet dan Kamar Mandi

Nah, toilet dan kamar mandi bisa jadi bagian yang cukup "rewel" bagi sebagian orang saat memilih peginapan. Seperti rata-rata hotel bintang dua pada umumnya, kamar mandi dibuat ringkas namun tetap nyaman. Toilet dan kamar mandi menjadi satu ruangan dan disekat dengan pembatas kaca.



Bagian toilet diisi dengan closet, wastafel serta kaca yang cukup besar. Ruangan toilet dan kamar mandi dilapisi dengan keramik berwarna cokelat muda yang memberi kesan warm. Shower berfungsi dengan baik. Air mengalir dengan lancar dan deras serta tingkat kepanasan air yang pas. Hanya sayang sih, bagian saluran pembuangan air di shower area tidak terlalu lancar di kamar saya. Memang, air dari guyuran shower tidak sampai menggenang, tapi lantai di shower area agak lama kering jadinya.


Untuk aminities tergolong lengkap. Ada handuk, sikat gigi, pasta gigi, shower cap, sabun mandi dan shampo. Sayang sih, kali ini saya tidak mendapat sandal hotel, padahal dulu dapat. Ok, no problem!

Oh iya, di samping ranjang ada sisa space yang digunakan untuk meletakkan kaca rias berukuran seluruh badan. Menurut saya peletakannya kurang oke sih, agak ribet jika digunakan untuk dandan. Hehehe !

Secara keseluruhan, Hotel Midtown Xpress Demangan memiliki fasilitas dan pelayanan yang cukup menyenangkan. Lokasinya strategis, hotelnya tenang, serta staf dan pegawai hotel sangat ramah menjadi nilai plus bagi saya. Kekurangan yang cukup terasa adalah lokasi parkir kendaraan yang sempit di bagian lobi utama. Namun sekarang sudah ada parkir kendaraan (roda empat) di samping bagunan hotel, di mana bangunan tersebut masih satu lokasi (dan kepemilikan) dengan hotel.

Dengan rate kamar berada di sekitar 200-300 ribuan (based on seasons), Hotel Midtown Xpress Demangan bisa menjadi pilihan tempat yang nyaman untuk menginap jika Anda ingin menghindari kebisingan di area sekitaran Malioboro.

Keterangan :
Midtown Xpress Demangan
Jalan Cendrawasih No. 19 Caturtunggal, Sleman, Yogyakarta
Telp (0274) 546222

Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman pribadi saya sendiri, bukan dibuat untuk keperluan kerja sama dengan pihak hotel ataupun kegiatan komersial lainnya.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com