Friday, January 25, 2013

Pantai Parangendog - Menikmati Sisi Lain Bagian Timur Pantai Parangtritis

Nama Pantai Parangendog mungkin memang masih cukup asing di telinga para wisatawan. Nama Pantai Parangtritis memang lebih familiar bagi para wisatawan karena pantai ini memang pantai yang sangat terkenal di pesisir selatan Jogja. Pantai Parangendog sendiri merupakan sebutan untuk pantai yang terletak di ujung timur Pantai Parangtritis, tepatnya dekat dengan tebing-tebing. 


Nama Parangendog sendiri mungkin lebih familiar untuk sebutan bukit yang terletak di atas Pantai Parangtritis. Kita dapat melihat hamparan pesisir pantai selatan dari arah Bukit Parangendog ini. Pantai Parangendog terletak tidak jauh dari air terjun musiman yang hanya muncul pada saat musim penghujan ini. Pantai ini memiliki hamparan pasir yang cukup landai dan ombak yang lumayan tenang, namun Anda harus penuh dengan kewaspadaan. Pantai Parangendog ini cukup relatif lebih sepi jika dibandingkan dengan Pantai Parangtritis, walaupun lokasi keduanya cukup berdekatan. 




Satu hal yang menjadi keunikan pantai ini adalah hamparan bebatuan karang yang cukup besar seolah berhamburan di beberapa sudut pantai. Kita serasa diajak untuk menikmati sisi lain keindahan dari Pantai Parangtritis. Beberapa pedagang pun juga menggelar dagangan mereka di area ini berharap ada pembeli yang ingin membeli dagangan mereka. Selain itu jika Anda beruntung, Anda akan menemukan orang-orang yang sedang menghabiskan waktu mereka untuk memancing. Perkiraan saya sih, mereka adalah nelayan yang berasal dari penduduk setempat, atau mungkin malah orang-orang yang mempunyai hobi memancing? Pemandanan orang yang sedang memancing ini dapat Anda jadikan obyek bidikan lensa kamera Anda bagi yang gemar memotret human interest




Beruntung pagi itu saya mendapati sekelompok muda-mudi yang mungkin saja mereka adalah seniman. Mereka membuat patung orang yang terbuat dari pasir pantai. Patung dengan posisi tertelungkup itu benar-benar artistik, mirip sekali dengan bentuk orang sungguhan. Sungguh sangat kreatif mereka ! Well, as usual satu hal yang menjadi kekurangan pantai ini adalah tumpukan sampah yang sangat mengganggu pemandangan. Hamparan sampah bertebaran di sepanjang pantai, baik itu sampah bungkus plastik makanan yang berasal dari pengunjung yang tidak bertanggung jawab, maupun sampah-sampah yang terbawa oleh ombak. Mungkin saja suatu saat kelak di Pantai Parangtritis perlu diadakan kerja bakti massal yang melibatkan pengunjung untuk bersih-bersih pantai kali ya, biar pantai tidak dipenuhi oleh hamparan sampah !




Selain hamparan sampah, saya juga melihat bunga mawar yang bertebaran di beberapa sudut pantai. Tidak heran sih dengan keberadaan bunga-bunga yang bertebaran ini. Pantai Parangtritis kan memang menjadi salah satu pantai yang digunakan untuk ritual di wilayah Jogja ini. Ya, walaupun masih banyak pemandangan sampah-sampah yang menghampar, tapi saya cukup menikmati perjalanan saya mengelilingi Pantai Parangendog ini di pagi hari. 

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com