Friday, December 25, 2015

Empuk dan Gurihnya Bebek Palupi, Surabaya

Belum lengkap rasanya berkunjung ke Kota Surabaya tanpa mencicipi olahan sego bebeknya. Bahkan, saking terkenalnya menu sego bebek ini, rasa-rasanya hampir di tiap sudut kota Surabaya dapat dengan mudah kita jumpai menu yang satu ini.

Selain terkenal dengan rujak cingurnya, Surabaya juga terkenal dengan kuliner sego bebeknya. Menu sego bebek sepertinya cukup melekat dengan keseharian orang Surabaya. Rugi rasanya jika berkunjung ke Kota Surabaya tanpa mencicipi menu sego bebeknya. Salah satu warung sego bebek yang cukup ternama di Surabaya adalah Sego Bebek Palupi. Warung sego bebek Papupi berlokasi di Jalan Raya Rungkut Asri Tengah nomor 10 Surabaya. Jika dilihat sekilas, lokasi warung bebek Palupi menempati sebuah tempat yang tidak seberapa luas dan terkesan cukup sederhana. Namun pengunjung yang datang terlihat selalu ramai, bahkan kadang harus antri untuk mendapatkan tempat duduk. 


Setelah mendapatkan tempat duduk, kami pun langsung memesan menu yang disedikan. Menu yang kami pilih adalah bebek goreng dan bebek goreng krispi. Tak lama kemudian pesanan kami pun datang. Sajian sego bebek terdiri dari sepiring nasi putih hangat, potongan bebek goreng, sambal, dan lalapan. Sedangkan bebek krispi penyajiannya hampir sama dengan bebek goreng biasa, hanya saja ditambah dengan taburan tepung krispi pada sajian bebeknya. Potongan daging bebeknya lumayan besar, berbeda dengan sajian bebek goreng yang pernah saya coba di kota lain.


Bebek Palupi memiliki tekstur yang garing dan krispi di bagian kulit luar, namun bagian dagingnya sangat empuk dan sama sekali tidak terasa alot.  Daging bebeknya pun gampang terurai ketika digigit. Aroma rempahnya cukup terasa dan sama sekali tidak terasa bau amis. Cita rasanya pun sangat gurih, bumbu bebeknya meresap sampai ke dalam daging, cocok disantap dengan nasi putih hangat, ditambah dengan sambal yang tidak terlalu pedas terasa semakin nikmat. 

Bagi orang Surabaya, menyantap sego bebek tidak lengkap jika tidak menggunakan bumbu minyak bebek. Bumbu minyak bebek disediakan terpisah. Jika dilihat sekilas, bumbu minyak bebek ini terlihat seperti sajian sambal hijau. Tapi setelah dijelaskan oleh Mbak Yantie, ternyata minyak bebek ini menjadi sajian favorit ketika menyantap sego bebek. Saya mencicipi sedikit minyak bebek tersebut. Saya kira cita rasanya pedas, namun ternyata rasanya gurih, sama sekali tidak pedas. Pantas saja banyak orang yang begitu menikmati minyak bebek ini ketika menyantap sego bebek.


Jalan-jalan ke Surabaya memang tidak lengkap jika belum mencicipi sajian sego bebek. Warung Sego Bebek Palupi bisa menjadi salah satu refrensi lokasi untuk mencicipi gurihnya sajian sego bebek khas Kota Pahlawan ini. Bagaimana, terterik untuk mencicipi sajian sego bebek jika bertandang ke Surabaya?

harga:
satu porsi bebek Palupi berkisar dari Rp 18.000,00 sampai Rp 25.000,00 (data bulan November 2015)

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com