Tuesday, June 28, 2016

Destinasi Wisata Menarik di Kawasan Tapal Kuda Jawa Timur

Kawasan Jawa Timur menyimpan potensi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Ada berbagai pilihan wisata sesuai dengan minat kalian, baik wisata alam, wisata budaya, wisata religi, hingga wisata kuliner yang siap memanjakan indera perasa. Ada sebuah kawasan di Jawa Timur yang terkenal dengan julukan Kawasan Tapal Kuda. Kawasan Tapal Kuda merupakan wilayah yang meliputi Kabupaten Pasuruhan, Probolinggo,  Lumajang, Jember, Banyuwangi, Situbondo dan Bondosowo. Disebut kawasan Tapal Kuda karena di dalam peta, kawasan-kawaan tersebut membentuk pola seperti tapal kuda ketika dilihat di dalam peta.


Kawasan Tapal Kuda memiliki pola penduduk yang unik. Kawasan ini didominasi oleh Suku Madura yang bermukin di pesisir utara dan Suku Jawa yang sebagian besar menduduki wilayah selatan. Percampuran budaya Madura, Jawa, dan Islam yang cukup kental membentuk kebudayaan baru yang disebut dengan kebudayaan Pandalungan. Ciri khas kebudayaan Pandalungan ini tercermin dari keseharian masyarakat yang menggunakan dasar-dasar ke-Islam-an yang cukup kental dalam keseharian masyarakat, terutama dalam kesenian dan pola hidup sehari-hari.

Dilihat dari segi pariwisata, kawasan Tapal Kuda ini memiliki banyak menyimpan potensi destinasi wisata yang menarik untuk dikunjungi. Sebut saja Kawasan Bromo, Air Terjun Madakaripura, Meru Betiri, Alas Purwo, dan sebagainya.  Lalu, mana saja lokasi wisata yang menarik dan akses yang mudah untuk dikunjungi? Yuk jelajahi !



1. Pantai Tanjung Papuma
Keberadaan Pantai Tanjung Papuma semakin populer berkat keberadaan sosial media. Pantai yang berjarak 37 kilometer sebelah Jember ini merupakan salah satu pantai yang cukup favorit untuk dikunjungi wisatawan. Pasir putih dengan ombak bergradasi biru dan hijau tosca serta deretan batuan karang besar yang menjulang di sekitar pantai menjadi daya tarik tersendiri di Tanjung Papuma. Keunikan pantai menurut saya karena letaknya yang istimewa. Kalian bisa menikmati pemandangan sunrise dan sunset di satu tempat. Untuk urusan penginapan, sudah tersedia cottage yang dikelola oleh Perhutani. Jika mampir ke sini, jangan lupa untuk menikmati seafood yang dijajakan masyarakat setempat di warung-warung sederhana di pinggir pantai ya !


2. Pantai Payangan
Selain Pantai Papuma, keberadaan Pantai Payangan kini mulai dilirik oleh wisatawan yang bertandang ke Kabupaten Jember. Pantai Payangan berlokasi tidak jauh dari Pantai Tanjung Papuma. Daya tarik utama Pantai Payangan adalah pemandangan hamparan pasir dan lautan lepas yang bisa kita nikmati dari atas perbukitan. Untuk mendaki bukit di Pantai Payangan memang membutuhkan sedikit perjuangan. Namun rasa lelah yang mendera raga akan sirna dengan pemandangan hamparan laut lepas yang bisa kita nikmati bebas dari atas ketinggian bukit.

3. Kawah Ijen
Dari Jember kita bergeser ke perbatasan Banyuwangi dan Bondowoso. Siapa yang tak kenal dengan Kawah Ijen? Pesona kawah vulkanik dengan pemandangan danau berwarna hijau tosca menjadi daya tarik baik bagi wisatawan domestik maupun mancanegara. Pesona lain yang menjadi incaran para wisatawan tentu saja pemandangan api biru (blue fire) yang menjadi atraksi ketika mencapai Kawah Ijen.


4. Pantai Red Island
Belum lengkap jika ke Banyuwangi tanpa berkunjung ke Pantai Pulau Merah atau terkenal dengan sebutan Red Island. Pantai ini cocok untuk relaksasi. Pemandangan Pulau Merah dengan pasir pantai yang putih serta ombak berwarna tosca menjadi tempat yang pas untuk bersantai. Fasilitas di Red Island cukup lengkap. Ada warung makan dan homestay untuk penginapan. Grade ombak di Red Island cukup bagus, bahkan disandingkan dengan Pantai Kuta di Pulau Dewata. Maka tak heran jika banyak surfer yang bermain ombak di Red Island ini. Atraksi matahari tenggelam (sunset) adalah pemandangan yang tak boleh terlewatkan ketika mengunjungi Red Island ini. Sunset dengan warna kemerahan nan cantik akan menjadi penutup hari yang sempurna ketika mengunjungi Pantai Pulau Merah ini.


5. Pantai Pancer dan Pantai Mustika
Pantai Pancer dan Mustika merupakan pantai yang lokasinya bersebelahan. Pantai Pancer terkenal sebagai tempat nelayan melabuhkan perahu dan menjual ikan hasil tangkapan, sedangkan Pantai Mustika bisa kalian jadikan pilihan untuk menikmati pantai sepi nan alami jauh dari hiruk-pikuk wisatawan. Pantai Pancer dan Pantai Mustika ini hanya berjarak sekitar 5 kilometer dari Pantai Red Island. Untuk menuju ke sini, kalian bisa berjalan kaki menyusuri pantai atau menggunakan jasa ojek motor. Berjalan kaki menurut saya adalah pilihan terbaik untuk menuju Pantai Pancer dan Pantai Mustika ini. Waktu terbaik kemari adalah pagi hari, terutama saat nelayan sedang bongkar muat hasil tangkapan. Kalian dapat membeli ikan-ikan laut berukuran besar dengan harga yang cukup murah dan siap-siap food comma ;)


6. Taman Nasional Baluran
Dari Banyuwangi kita menuju Situbondo, tepatnya menuju Taman Nasional Baluran yang terkenal dengan sebutan Africa van Java. Musim kemarau, sekitar Juli sampai awal November adalah waktu yang tepat untuk merasakan suasana Afrika di Tanah Jawa. Selain menikati pemandangan hutan belantara dengan hewan-hewan liar yang hidup di sana, kita juga dapat menikmati dua spot menarik di Taman Nasional Baluran ini, yaitu Savana Bekol dan Pantai Bama. Savana Bekol menawarkan pemandangan padang savana yang luas dengan latar belakang Gunung Baluran yang gagah. Pada pagi dan sore hari merupakan waktu yang pas untuk menikmati padang savana karena banyak hewan-hewan penghuni Taman Nasional Baluran sedang berkumpul di sana.


Spot kedua adalah Pantai Bama. Pantai mungil dengan pasir putih dan ombak laut yang tenang memang cocok untuk melepas lelah setelah penjelajahan. Air laut berwarna kebiruan semakin memanjakan indra penglihatan. Selain pantai, ada pula hutan bakau dengan fasilitas dermaga yang menghadap lautan lepas. Spot dermaga menjadi tempat yang menarik untuk mengambil gambar sekaligus menghirup udara segar sambil melihat pemandangan lautan lepas.

Meeting Point Paling Strategis
Kawasan Tapal Kuda di Jawa Timur memang menyimpan potensi pariwisata yang menarik untuk dikunjungi. Untuk mengunjungi destinasi wisata tersebut, Kota Banyuwangi menjadi pilihan yang pas sebagai meeting point untuk memulai perjalanan. Ada banyak pilihan transportasi untuk menuju Banyuwangi, seperti bus antar kota, kereta api, maupun pesawat. Bandara di Banyuwangi sudah melayani penerbangan regular baik dari Surabaya maupun Denpasar. Menggunakan jasa pesawat akan lebih menyingkat waktu perjalanan daripada menggunakan jasa transportasi lainnya.

Untuk mencari tiket pesawat, kalian bisa menggunakan fasilitas online booking tiket melalui Tiket2.com . Caranya cukup mudah, kalian tinggal masukkan kota keberangkatan dan kedatangan serta tanggal keberangkatan, lalu tinggal masukkan data diri dan pilih metode pembayaran. Ada beberapa metode pembayaran yang bisa kalian pilih, yaitu transfer ATM/bank (BNI, Mandiri, BRI, BCA dan BII Maybank), melalui e-payment maupun menggunakan credit card.

Oh iya, Tiket2.com juga mengadakan program menarik yaitu Promo Flight Tracker di mana akan ada informasi mengenai penerbangan dengan tiket promo serta maskapai bertarif rendah. Caranya cukup mudah, kalian tinggal klik link ini lalu masukkan alamat email kalian di box yang sudah disediakan. Menangkan pula kesempatan mendapatkan tiket gratis dari Tiket2.com ya :)

6 comments:

  1. oke fix jadi pengen ke banyuwangi setelah baca postingan ini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yuk main ke Banyuwangi, banyak tempat menarik di sini :D

      Delete
  2. Duh lengkap banget mas, potonya kece semua...
    Banyuwangi salah satu tempat yang pingiiin banget ku kunjungi e tapi mungkin dalam mimpi dulu :p

    ReplyDelete
    Replies
    1. ayo mbak, kumpulkan niat, kumpulkan keberanian, nyisihin duit dan kemasin barang terus cus jalan-jalan ke Banyuwangi :D

      Delete
  3. Mas, masih banyak yang lebih menarik di banyuwangi :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. oh ya? di mana saja lokasinya? siapa tahu nanti saya bisa berkunjung ke sana :)

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com