Tuesday, May 17, 2011

Trip To Solo Day 2 : Kampung Batik Kauman




Oke lanjut menyusuri Kota Surakarta atau biasa disebut dengan Kota Solo ini tak lengkap rasanya jika tidak berjalan-jalan menyusuri salah satu perkampungan batik yang terkenal di kota ini yaitu Kampung Batik Kauman. Kampung Batik Kauman ini terletak di sebelah barat Pasar Klewer, tak jauh memang cukup berjalan kaki sekitar 5 menit dari pasar kita sudah sampai di lokasi ini. 


Memasuki gang sempit di kawasan Kampung Batik Kauman ini kita akan disuguhi pemandangan yang cukup menarik dan unik, di antaranya adalah patung orang yang sedang membatik yang bertuliskan "Solo Kota Batik" dan di sisi lain "Solo Kota Budaya". Pas dengan keadaan kota ini yang sarat akan seni dan budaya, serta salah satu kota di Jawa yang merupakan penghasil batik terbesar dan terkenal.


Kampung ini cukup tertata dengan apik dan rapi. Beberapa kerajinan batik masih berbasis home industry yang berkembang di kampung ini. Memang sih ketika saya mengunjungi kampung ini kurang terlihat kegiatan membatik karena saya masih kurang informasi. Yah, daripada saya bingung ga tau mau ngapain saya sempatkan mengelilingi beberapa sudut perkampungan di Kampung Batik Laweyan ini.


Terlihat sekilas rata-rata showroom batik di sini masih dikelola secara rumahan. Barang-barang yang di jual kenayakan adalah kaos-kaos dengan motif batik atau tulisan "Kota Solo". Tempat ini cocok buat mencari oleh-oleh berupa kaos dengan motif batik dan semacamnya yang dapat dijadikan buah tangan untuk teman maupun keluarga. Ada juga kemeja batik, baju wanita, sarung bantal dan sebagainya yang di jual di sini.



Selain bisa memuaskan mata dengan barang-barang bernuansa batik serta memuaskan hasrat untuk berbelanja, di Kampung Batik Kauman ini Anda juga bisa memuaskan mata dengan menikmati keindahan bangunan-bangunan kuno yang mungkin umurnya puluhan atau ratusan tahun. Gaya arsitektur perpaduan Jawa dan Kolonial yang pas, tembok-tembok tua dengan jendela dan pintu yang terbuat dari kayu sangat memanjakan mata dan juga bagi Anda yang hobi memotret jangan lewatkan untuk singgah sejenak di Kampung Batik Kauman ini.

6 comments:

  1. monggo silahkan
    tapi jangan lupa diberi sumbernya ya :)

    ReplyDelete
  2. Di solo sempat menginap? Kalo iya ada rekomen tempat nginap yg bagus da murmer?

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk para backpacker biasanya cari penginapan di sekitar daerah Nonongan mbak
      bisa ke Cakra Homestay (0271) 634743 atau ke Istana Griya Homestay (0271) 632667
      keduanya berlokasi tidak jauh dari kampung Kauman ini :)

      Delete
  3. Thanks for sharing.. Mencari perlengkapan membatik berkualitas dengan harga murah. Kunjungi toko online kami dan dapatkan penawaran menarik lainnya. Regards : Fitinline..

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com