Friday, June 17, 2011

Berburu Kuliner Rujak Es Krim di Kawasan Pura Pakualaman

Lama juga tidak menyentuh blog karena lagi kekurangan bahan buat nulis terutama bagian dokumentasinya. Lama tidak menjelajahi tempat-tempat yang menarik karena akhir-akhir ini kuliah saya sedang tidak dapat dikompromi, tugas-tugas datang silih berganti dan sekarang saya sedang menghadapi ujian akhir semester. Oke sih ini hanya sekedar curhat colongan saja :D


Untung siang ini saya sedang tidak ada jadwal jadi saya sempatkan untuk sejenak jalan-jalan sambil mencari bahan untuk nge-blog. Kali ini saya memang pengen hunting beberapa kuliner yang ada di Jogja, tepatnya sih kuliner-kuliner yang sederhana. Kali ini saya mencicipi rujak es krim, salah satu kuliner yang boleh dikatakan khas Jogja juga. Rujak es krim yang ada di Jogja yang cukup terkenal berada di daerah Pura Pakualaman. Lokasi ini dapat ditempuh dengan menggunakan kendaraan umum seperti Trans Jogja dan turun pas di shelter depan kompleks Pura Pakualaman. Jika Anda menggunakan kendaraan pribadi seperti mobil atau motor, dari arah Malioboro tepatnya di perempatan KM 0, Anda cukup belok ke kiri atau menuju ke arah timur lurus dan di kiri jalan nanti Anda akan tiba di kawasan ini. Jarak dari perempatan KM 0 sampai dengan Pura Pakulaman kurang lebih 7 km dapat ditempuh dengan waktu kira-kira 10 menit perjalanan karena jalan di menuju daerah ini cukup ramai.


Rujak es krim adalah makanan berbahan dasar buah-buahan yang diserut seperti rujak-rujak pada umumnya dan sedikit dimodifikasi dengan menambahkan campuran es krim, tapi yang dimaksud es krim di sini adalah es puter yang biasanya dijual oleh pedagang keliling. Sambal pada campuran rujak dibuat lebih cair dari sambal rujak pada umumnya. Rasa pedas, manis, sedikit asam, dan dinginnya sangat terasa di mulut, apalagi pas sekali dinikmati pada siang hari ketika cuaca cukup terik. Untuk satu porsi rujak es krim di Pakualaman ini dihargai Rp 3.000,00, sangat terjangkau untuk kantong anak kost. Sebenarnya tidak sulit juga untuk menemukan orang yang jualan rujak es krim ini. Hampir di berbagai sudut Kota Yogyakarta banyak orang yang berjualan rujak es krim.


Selain rujak es krim, kawasan di sekitar Pura Pakualaman ini juga menyediakan beberapa kuliner seperti bakso Malang yang biasa disebut bakwan kawi, nasi rames, soto dan sebagainya. Tapi kali ini saya memilih untuk membeli siomay, karena menu ini cukup terkenal dan recomended. Oke kali ini saya cukup kalap ketika mengambil racikan siomaynya, yaitu terdiri dari dua buah kentang, dua buah tahu, dua buah siomay, dan satu kol. Alhasil saya malah kekenyangan. Menurut saya racikan sambal pada siomay ini yang bikin beda, racikan sambal kacangnya kental, rasa manis, pedas, dan gurihnya sangat pas serta tekstur kacangnya masih terasa dalam racikan sambal tersebut. Untuk satu porsi siomay yang saya ambil tadi ditambah satu gelas es teh manis saya cukup membayar Rp 12.000,00, sebanding dengan jumlah dan rasanya. Jika Anda sedang mengunjungi Yogyakarta, jangan lupa mampir dan sempatkan waktu ke daerah Pura Pakualaman untuk mencicipi kuliner rujak es krim dan juga siomaynya.

4 comments:

  1. hmmmmmm enak banget kelihatannya jadi ngiler nich hehe. warung rujak es krimnya cuma buka siang hari aja ya. soalnya waktu saya kesana malam udah gak ada tuch yang jualan rujak es krim?? thanks ya info GriYa KulineRnya

    ReplyDelete
  2. iya warung rujak es krim kira2 mulai buka pukul 09.30an sampai sore, kalau malam tempatnya berubah jadi angkringan :D
    monggo mampir ke Jogja lagi dan cicipi kulinernya :)

    ReplyDelete
  3. Replies
    1. iya apalagi kalau dicicipi siang-siang :)

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com