Saturday, June 11, 2011

Menikmati Alunan Jazz Gratis di "Jazz Mben Senen"



Acara "Jazz Mben Senen" atau jazz setiap Senin adalah agenda pentas musik yang rutin diselenggarakan setiap hari Senin yang digelar di halaman Bentara Budaya Yogyakarta. Pagelaran musik ini rutin diselenggarakan oleh Komunitas Jazz Jogja, acara diselenggarakan setiap Senin malam mulai sekitar pukul 21.00 WIB. Sebenarnya sudah tau acara ini sejak lama di twitter hanya saja baru datang ke acaranya malam tadi (6/6). Ternyata ramai juga acara ini. Image  pertunjukan acara musik jazz yang identik dengan gedung mewah, atau cafe terkenal dengan harga tiket yang selangit dan orang-orang dari kalangan elit dan berpenampilan rapi tertampik di acara Jazz Mben Senen ini. "Nonton jazz ga harus mahal", itulah slogan yang sering diucapkan oleh MC acara. Ya memang para penontong acara musik ini beragam, mulai dari bapak-bapak dan ibu-ibu yang memakai pakaian rapi jali, anak-anak muda dengan gaya rasta, anak-anak kuliahan yang haus akan hiburan gratis, musisi-musisi, dan juga ada beberapa warga negara asing juga yang ikut menonton acara jazz ini.


Walau acara ini gratisan bukan berarti kualitas musik yang disajikan juga biasa-biasa aja loh. Musisi-musisi yang berpartisipasi dalam acara Jazz Mben Senen  ini bukan musisi-musisi kacangan. Mereka adalah sekolompok orang yang penyuka musik jazz yang tergabung dalam Komunitas Jazz Jogja. Acaranya sangat menghibur, walau sebenarnya saya bukan penyuka musik jazz tapi saya merasa sangat terhibur. MC nya sangat atraktif dan sangat jenaka. Kesan santai serta semua kalangan dapat membaur sangat terasa di acara ini.


Untuk tempat duduk sendiri, panitia menyediakan beberapa deret kursi di sebelah selatan dan di sebelah utara disediakan tikar untuk duduk lesehan, ada juga yang duduk di sepanjang taman. Pada awal saya datang ketika acara baru saja akan dimulai, penonton masih terlihat belum begitu ramai, tapi semakin malam penonton yang berdatangan pun semakin banyak. Untuk yang merasa haus maupun lapar tak perlu khawatir, karena di sebelah timur terdapat sebuah angkringan yang menyediakan makanan dan minuman. Angkringan ini hanya khusus buka pada hari Senin pas acara "Jazz Mben Senen" ini. Sayang saya tak sempat menyambangi angkringan itu karena saya memang sama sekali tidak merasa lapar :p


Sekitar pukul 23.30 saya dan teman-teman duluan meninggalkan acara, padahal acara sedang seru-serunya, setelah penampilan salah satu bule yang ditunjuk langsung oleh si MC yang super kocak dan dikerjain habis-habisan untuk menyumbangkan suaranya. Lagu "This Love" nya Maroon Five dinyanyikan oleh bule duet dengan si MC dan juga ada seorang penonton yang tiba-tiba juga ditunjuk si MC untuk ikutan menyanyi. Benar-benar acara jazz yang menarik, atraktif dan penuh dengan humor dan bercandaan. Bagi yang berkunjung ke Jogja terutama pada Senin malam, agenda satu ini sayang sekali untuk dilewatkan.

2 comments:

  1. aku pengen kesitu tapi ga pernah kesampean,,huhuhu

    ReplyDelete
  2. recomended pap
    paling bayar parkir seribu perak di kantor gramed ama ntr ada semacam pengumpulan dana seikhlasnya dimasukin ke kotak
    sudah senin malam langsung saja ke lokasi :D

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com