Saturday, March 16, 2013

Heritage Cafe - Hidangan Mewah dengan Harga Relatif Murah

Variasi menu dengan bahan dasar tempe, saya selalu teringat dengan Heritage Cafe !


Perjalanan menjelajahi kuliner unik saya kali ini kembali ingin mereview beberapa menu yang ada di Heritage Cafe. Dalam tulisan saya sebelumnya, saya mereview beberapa menu yang tergolong sebagai cemilan, bukan main course dari cafe ini. Heritage Cafe merupakan sebuah cafe mungil yang berada di Jalan Surokarsan 24, tepatnya di sebelah selatan Lembaga Permasyarakatan Wirogunan. Menempati sebuah rumah yang mungil dengan gaya bangunan tempo dulu, membuat Heritage Cafe ini memiliki atmosfer jadul yang elegan. Cafe ini memang tidak terlalu besar, meja dan kursi tamu ditata di bagian teras depan sehingga memberikan nuansa semi outdoor  yang menyenangkan. Jika Anda ingin suasana yang lebih privat, Anda dapat memilih ruangan yang berada di bagian dalam bangunan. 


Berawal dari bahan dasar tempe dapat dibuat berbagai macam hidangan mewah dengan harga yang relatif murah. Dari sekian main course yang terpasang di daftar menu, pilihan saya tertuju pada menu tempe cordon bleu dan juga steak tempe. Unik memang, karena kedua menu ini lazimnya menggunakan ayam sebagai bahan utama dalam masakan. Dibutuhkan sedikit kesabaran untuk menunggu pesanan menu ini datang tersaji di atas meja makan. Menu pertama yang saya cicipi adalah tempe cordon bleu yang tersaji manis di atas piring bulat berwarna putih. Menu tempe cordon bleu ini terdiri dari tempe yang digoreng dengan tepung panir, disiram dengan saus khusus, dipadukan dengan mashed potatoes, brokoli dan wortel yang di-steam. Rasa dari si tempe ini cukup gurih, terasa renyah dengan balutan tepung panir. Mashed potatoes-nya juga cukup terasa gurih dan sedikit creamy dari campuran susu. Brokoli dan wortelnya dimasak dengan medium well-cooked sehingga tekstur dari sayur segar masih terasa "renyah" saat berada di dalam lidah. Rasa gurih dari siraman saus (yang kemungkinan berasal dari mashed potatoes) yang diencerkan, akan lebih imbang jika dicampur dengan saus sambal. Rasa gurih bercampur pedas menjadikan menu tempe cordon bleu ini memiliki rasa yang pas. Seporsi tempe cordon bleu ini dihargai Rp 12.000,00 saja, cukup terjangkau bukan?


Menu selanjutnya yang saya pesan adalah steak tempe. Ya, menu ini adalah menu yang menjadi andalan dari Heritage Cafe. And in my opinion this is the best menu which presented by this cafe ! Steak tempe  terdiri dari campuran tempe yang disajikan dengan french fries, serta brokoli dan wortel yang di-steam. Menu ini terasa istimewa karena campuran steak sauce yang disiramkan di atas tempe memiliki rasa yang sangat juara. Campuran french fries cukup banyak dengan tekstur yang cukup renyah dan rasa yang gurih. Steak sauce-nya memiliki campuran rasa manis dan juga rasa spicy dari merica. Sayur yang di-steam memang sengaja tidak dimasak terlalu matang sehingga masih memiliki tekstur yang renyah seperti sayuran yang masih segar. Tempe yang disajikan memiliki tektur yang sedikit keras namun cukup renyah saat dikunyah. Satu porsi steak tempe ini dihargai Rp 11.500,00 saja. Yak, berawal dari bahan yang murah dapat disulap menjadi hidangan mewah.  



Untuk minuman, saya memilih untuk memesan ice rosela tea double. Minuman ini disajikan di dalam teko kecil berbentuk bulat yang unik. Tak ada rasa yang istimewa memang, namun memiliki sisi unik di dalam penyajian.  Ice rosela tea double ini dihargai Rp 5.500,00 saja, porsi yang cukup besar memang pas bagi saya yang gampang merasa haus. Heritage Cafe memang boleh dikatakan sebagai salah satu cafe yang menyediakan menu-menu makanan yang cocok bagi Anda yang termasuk kaum vegetarian. Beragam menu kreasi dari bahan dasar tempe dapat Anda temui di sini. Cafe yang memiliki nuansa lighting yang sedikit remang-remang ini memang cocok dijadikan sebagai tempat untuk berkumpul sambil menikmati hidangan. Ada pula fasilitas free-wifi yang sangat membantu Anda untuk mengerjakan tugas-tugas dan pekerjaan sambil berinternet ria. Cafe yang buka mulai pukul 16.00 sampai dengan 23.00 ini cocok dijadikan sebagai salah satu alternatif tempat untuk bersantap malam sambil melepas penat dari rutinitas harian Anda.

4 comments:

  1. Replies
    1. monggo mas mampir kalau pas balik ke Jogja :D

      Delete
  2. Ancer-ancernya kalo dr malioboro jauh nggak mas?
    Makasih....

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau dari Malioboro silahkan menuju ke perempatan BNI, dari lampu merah ambil jalan ke kiri arah ke Pakualaman
      dari Pakualaman lurus ke timur dikit sampai nemu pom bensin di kiri jalan yang deket lampu merah
      nah di pertigaan pom bensin tsb, tinggal belok saja ke kanan sampai menemukan pertigaan lagi, tinggal belok ke kanan, lurus dikit, lokasi heritage cafe di kiri jalan mbak :)

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com