Friday, June 6, 2014

Bertemu Kawanan Hewan Liar di Baluran

Bertemu hewan liar di alam lepas tentu saja menjadi sebuah pengalaman tersendiri yang cukup menyenangkan. Biasanya kebun binatang menjadi alternatif tempat untuk melihat berbagai jenis satwa, namun mereka semua berada di dalam kandang, bukan di alam bebas yang luas. Berbeda dengan Taman Nasional Baluran yang menawarkan pengalaman melihat kawanan hewan liar hidup bebas di alam lepas.


Usai menikmati Pantai Bama, Pak Sukir, tukang ojek yang kami sewa memberi tahu bahwa beliau melihat kawanan rusa yang sedang beristirahat di semak-semak tak jauh dari Pantai Bama ini. Tanpa berpikir panjang saya pun meminta beliau untuk menemani kami menuju ke lokasi. Benar saja, di balik semak-semak terdapat puluhan rusa yang sedang beristirahat, sebagian besar merupakan rusa kecil yang masih anak-anak. Rasanya gemas ingin melihat rusa-rusa tersebut dari dekat, namun Pak Sukir menyarankan agar kami tetap menjaga jarak agar rusa-rusa tersebut tidak kabur ke dalam hutan sehingga kami tidak bisa mengamati mereka.




Puas melihat rusa dari balik semak-semak, perjalanan pun kami lanjutkan kembali ke Savanna Bekol. Sepanjang perjalanan pulang kami disuguhi pemandangan yang jarang kami temukan di dalam kehidupan sehari-hari di perkotaan. Kami melihat kawanan rusa yang berjumlah ratusan ekor, kawanan kerbau hutan, serta kawanan burung merak yang berkumpul di Savanna Bekol untuk mencari minum. Rasanya gemas, ingin sekali berlari mendekati kawanan hewan tersebut di alam lepas. Namun kami tahu, hal tersebut akan menganggu, dan tentu saja hewan-hewan tersebut akan berlarian mengindar, atau malah mendekat untuk menyeruduk dengan tanduknya karena keberadaan kami akan mengusik habitat mereka. Pengunjung yang melihat kawanan hewan liar ini disarankan untuk tetap berada di atas kendaraan agar tidak membuat kaget hewan-hewan yang sedang berkeliaran. Jangankan mendekat, mendengar suara kendaraan saja sudah membuat mereka bersiaga untuk lari menyelamatkan diri.


Ah, senang rasanya dapat melihat secara langsung kawanan satwa yang berkeliaran lepas di padang savanna. Walau saya tidak bisa puas untuk mengambil gambar karena harus konsentrasi mengendarai motor. Belum lagi jarak mereka yang cukup jauh dan kamera saya tidak bisa menjangkau mereka dengan kekuatan zoom yang ada di kamera.

7 comments:

  1. hohoho, untungnya nggak ketemu hewan liar yang buas ya Bro

    ReplyDelete
    Replies
    1. ketemu banyak kok mas, itu monyet-monyet di pantai Bama lumayan "buas-buas" suka mengincar bawaan pengunjung :P

      Delete
  2. Woo iya, lupa saya klo monyet juga buas nan beringas. Di Bali pernah liat saya ada turis di Pura Uluwatu yang dicomot kacamatanya sama gerombolan monyet di sana. Jangan2 monyet juga ada bakat nyomot DSLR.

    ReplyDelete
    Replies
    1. cerita dari tukang ojek yang saya tumpangi pernah ada kejadian kalau monyet-monyet di Bama pernah ada yang mengambil kamera DSLR pengunjung, setelah "bosan" kamera tersebut dijatuhin dari atas pohon gitu sama monyetnya *amit-amit jangan sampai kejadian*

      Delete
  3. Memang pemandangan mirip di Afrika banget ya. Mudah2an tetap terjaga keasliannya, Mas Andika.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, recomended lah jauh-jauh ke sini buat dapetin pengalaman menyenangkan melihat satwa yang hidup liar di alam bebas :)

      Delete
  4. I think your blog is very nice and thanks for your blog
    domino qiu qiu

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com