Saturday, June 11, 2016

Pecel Mbok Bari yang Terkenal Seantero Blitar

Mengunjungi sebuah kota baru, tidak lengkap rasanya jika tidak mampir icip-icip kuliner khas dari kota itu. Seperti Kota Blitar, kota yang melekat dengan image Sang Proklamator ini memiliki beberapa kuliner terkenal yang sayang jika dilewatkan. Salah satu sajian yang terkenal di Kota Blitar adalah Pecel Mbok Bari yang kini dikelola oleh anak-anaknya dan memiliki banyak cabang di Kota Patria ini. Nasi Pecel Mbok Bari ini sudah ada sejak tahun 1940-an dan menjadi langganan Bung Karno dan keluarganya. Maka tak heran, jika keberadaan Pecel Mbok Bari ini sangat terkenal di Kota Blitar.


Pagi itu saya diantar oleh seorang kawan menuju Warung Pecel Mbok Bari 6 yang berada di sekitar Kompleks Makan Bung Karno, tepatnya di sekitar utara makam. Lokasinya cukup mudah ditemukan. Berada di kompleks kios cinderamata, tepatnya di Jalan Ir Soekarno No 93 Blitar. Warung Mbok Bari 6 ini tidak seberapa luas, namun tempatnya cukup bersih dan rapi. Setibanya di dalam warung, saya pun langsung memesan nasi pecel dan teh hangat manis. Selain menu nasi pecel, warung Mbok Bari juga menyediakan berbagai macam lauk-pauk dan sayur yang dikonsumsi setiap hari. Ada sayur lodeh, oseng-oseng, terong balado, gulai ikan, sayur terik (tempe, tahu dan ayam yang dibumbu kuah kuning), dan beberapa pilihan menu lain. Tampilannya pun cukup menggoda untuk dicoba.






Tak selang berapa lama, pesanan saya pun siap disajikan. Nasi pecel Mbok Bari ini terdiri dari kombinasi daun singkong yang direbus, tauge, potongan mentium, dan daun kemangi yang disiram dengan bumbu pecel dan diberi lauk tempe goreng serta iwak peyek. Rasa pecel Mbok Bari ini campuran gurih dan sedikit pedas. Tektsur kacangnya pun masih terasa karena kacangnya ditumbuk agak kasar. Penggunaan daun singkong menurut saya yang menjadikan pecel Mbok Bari ini berbeda, karena menu pecel yang biasa saya santap biasanya menggunakan daun bayam, bukan daun singkong. Penggunaan daun kemangi untuk campuran pecel juga menjadikan ciri khas pecel Jawa Timuran. Aroma kemangi yang khas menjadikan sajian pecel Jawa Timuran menjadikan sajian ini cukup mudah dikenali. Lauk tempenya gurih dan iwak peyek semakin menambah tekstur krenyes-krenyes ketika menyantap nasi pecel Mbok Bari ini.


Harga satu porsi nasi pecel komplit dengan lauk tempe dan iwak peyek di warung Mbok Bari ini dihargai Rp 6.000,00 saja per porsinya (data bulan Maret 2016). Harga yang cukup terjangkau di kantong bukan? Soal porsi, menurut saya nasi pecel Mbok Bari ini memiliki porsi yang cukupan alias tidak terlalu banyak atau terlalu sedikit bagi saya. Bagi kalian yang sedang singgah di Kota Blitar, tidak ada salahnya untuk mampir ke Warung Mbok Bari dan mencicipi sendiri nasi pecel khas Kota Patria ini. 

1 comment:

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com