Thursday, September 28, 2017

Bebek Goreng Wachid Hasyim Surabaya yang Siaga 24 Jam !

Sering kali saya tiba di Surabaya saat fajar menjelang. Tidak banyak pilihan tempat yang bisa saya singgahi sembari menanti matahari terbit untuk memulai hari. Paling-paling, pilihannya hanya mampir ke restoan cepat saji. Mengisi perut sembari numpang bersih-bersih diri.

Tapi itu cerita jaman dulu, sebelum saya mengenal depot makan yang menyajikan menu bebek goreng 24 jam ini.


Seperti biasa, saya tiba di Terminal Purabaya sekitar pukul 03.20 pagi. Kepala dan badan rasanya masih sempoyongan tidak karuan akibat manuver-manuver sopir bus Jogja-Surabaya yang terkenal sebagai raja jalanan di trayek tersebut. Setelah numpang pipis dan cuci muka ala kadarnya di toilet terminal, saya pun langsung bergegas mencari jasa ojek untuk menuju daerah Jemursari.

Pagi ini saya akan menuju Depot Wachid Hasyim untuk transit sembari menanti jadwal keberangkatan kereta jam 9 pagi dengan tujuan Banyuwangi. Depot Wachid Hasyim merupakan warung makan yang tergolong sederhana namun menyajikan menu makanan yang menarik untuk dicoba.

Di antara pilihan menu yang disediakan, tentu saja menu bebek goreng yang menjadi andalan. Tak perlu menunggu lama, sepiring nasi putih hangat, potongan daging bebek yang baru diangkat dari penggorengan, lengkap dengan lalapan, bumbu kuning yang khas dan juga sambal tomat sudah tersaji di atas meja. Porsi nasinya banyak dengan potongan daging bebek yang tebal sehingga terlihat menggiurkan. 


Bagaimana soal rasa? Bagian kulit luar bebek goreng yang disajikan menurut saya tidak terlalu garing, cenderung nampak juicy. Namun rasa dagingnya gurih, bumbu yang dibalurkan meresap hingga ke dalam. Tekstur dagingnya cukupan, tidak terlalu empuk, namun juga tidak terasa alot. Tekstur dagingnya masih terasa ketika digigit dan dikunyah.

Bumbu kuningnya terasa pas, gurih, tidak terlalu asin, sehingga cocok jika dinikmati bersama nasi hangat dan daging bebek dalam satu suapan. Hanya sayang, sambal yang disajikan kurang terasa pedas bagi lidah saya. Namun bisa diakali dengan memesan sambal pencit yang katanya memiliki rasa yang lebih pedas daripada sambal tomat.

Overall, Depot Wachid Hasyim di kawasan Jemursari ini cukup nyaman untuk disinggahi. Area makan cukup luas, bisa menampung lebih dari 30 orang. Menu makanan yang disajikan enak di lidah, fasilitas toilet dan kamar mandi cukup bersih, plus buka selama 24 jam sehari ! Cocoklah untuk transit ketika bingung harus menunggu waktu di mana.

Oh iya, selain menjual menu bebek goreng, Depot Wachid Hasyim juga menjual menu lain seperti ayam goreng,  soto ayam, rawon. lele penyet, tempe penyet, nasi krawu, dan bakso kotak.


Saya sudah beberapa kali mampir ke depot ini ketika transit di Surabaya. Selain menu nasi bebek, saya pernah mencoba menu nasi krawu dan bakso kotaknya. Nasi krawunya enak, rasanya cocok di lidah saya.

Makanan khas Kota Gresik ini merupakan perpaduan antara nasi putih pulen yang diletakkan di atas piring yang dilambari daun pisang, diberi lauk pelengkap seperti suwiran daging sapi yang dimasak semur, sambal, bumbu gurih, dan serundeng. Rasanya gurih dengan porsi yang besar !


Tapi sayang, untuk citarasa bakso kotak yang dijajakan di depot ini kurang begitu cocok untuk lidah saya. Baik kuah maupun baksonya kurang sreg rasanya. Tapi pangsit gorengnya lumayan enak sih !

Seporsi nasi bebek goreng di Depot Wachid Hasyim ini dihargai sekitar Rp 22.000,- sampai Rp 25.000,- (data bulan Mei 2017, tapi saya lupa berapa persisnya). Harga yang cukup masuk akal untuk menikmati sepiring nasi bebek goreng dengan porsi yang banyak !

Depot H. Wachid Hasyim
Jalan Raya Jemursari No. 17 Jemur Wonosari, Wonocolo, Surabaya
Telp (031) 8490859

Warung makan ini buka selama 24 jam.
Kekurangan warung ini adalah parkir kendaraan (roda empat) yang cukup kecil, sehingga agak merepotkan pengendara untuk mencari parkir saat pengunjung sedang ramai.

2 comments:

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com