Sunday, December 31, 2017

Ingin Menghabiskan Liburan Akhir Tahun di Jogja? Yuk Simak Itinerary-nya !

Menikmati malam pergantian tahun merupakan salah satu moment yang paling ditunggu hampir kebanyakan kalangan setiap tahunnya. Banyak cara yang dilakukan untuk menghabiskan malam pergantian tahun. Entah berkumpul dengan keluarga, menikmati keramaian di kota tempat tinggal kita, atau melakukan perjalanan wisata keluar kota demi mendapatkan moment dan suasana baru serta melepas kepanatan dari rutinitas harian.


Sebagai salah satu destinasi wisata yang terkenal di Indonesia, Yogyakarta tak luput dari pilihan para wisatawan yang ingin mengabiskan malam pergantian tahun. Tak hanya menikmati acara yang disajikan pada saat malam pergantian tahun saja, beragam atraksi wisata pun dapat kita nikmati saat berlibur akhir tahun di Kota Gudeg ini.


Pilihan atraksi wisata di Jogja pun cukup beragam, tak melulu tentang wisata budaya, wisata alam, atau mencicipi kuliner tradisional yang sudah terkenal. Beragam wahana wisata baru nan seru serta cafe-cafe kekinian nan lucu-lucu dapat menjadi pilihan liburan saat menghabiskan akhir tahun di Jogja.

Untuk berkeliling di Jogja nanti, saya memilih untuk menyewa motor agar lebih hemat waktu dan biaya serta dapat licah menyelip di antara kemacetan jalan ! Hihi.

Ingin menghabiskan liburan akhir tahun di Jogja? Yuk simak itinerary 2 hari 1 malam untuk mengabiskan liburan akhir tahun agar lebih berkesan !

Hari Pertama  (31 Desember)

05.45 - 07.00 : Untuk menuju Jogja dari Jakarta, saya memilih menggunakan jasa penerbangan untuk menghemar waktu dan tenaga. Saya memilih mengambil jadwal penerbangan pagi agar lebih maksimal saat mengeksplor Kota Jogja dan sekitarnya nanti.

07.00 - 08.00   : Untuk mengisi perut setibanya di Jogja, enaknya makan makanan yang berkuah dan hangat-hangat bukan? Apalagi tadi harus berangkat ke bandara pagi-pagi buta. Butuh makanan yang bisa mengeyangkan dan menghangatkan badan. Menu sarapan yang saya pilih adalah Soto Bathok Mbah Katro yang beralamat di Jalan Candi Sambisari No 5, Purwomartani. Katanya sih lokasinya dekat dengan bandara.

Saya penasaran dengan cita rasa gurih dan segarnya soto sapi yang disajikan di atas mangkok yang terbuat dari bathok alias tempurung kelapa ini. Selain menikmati soto yang gurih dan segar, katanya pemandangan persawahan yang berada di sekitar warung juga makin menambah suasana ciamik di warung soto sederhana yang sempat hype di Jogja ini lho !

08.00 - 09.30    : Berkunjung ke Candi Sambisari. Mumpung lokasinya dekat dengan warung soto bathok euy ! Gak ada salahnya menikmati wisata sejarah dan budaya serta menikmati keindahan bangunan candi peninggalan jaman kerajaan Hindu kan?

10.00 - 14.00   : Menikmati Taman Tebing Breksi dan Atraksi Jeep Wisata.
Sebagai salah satu lokasi wisata yang hype saat ini, tak salah dong untuk berkunjung kemari. Om Obama yang jauh-jauh dari Amerika saja pernah piknik ke sini, masak kita yang orang Indonesia malah belum pernah kemari?

Oh ya, di sini ada juga fasilitas atraksi jeep wisata lho! Saya penasaran banget nih pengen menguras adrenalin melewati jalur-jalur offroad menggunakan jeep wisata untuk mengelilingi area Taman Tebing Breksi dan lokasi-lokasi menarik di sekitarnya. Pasti seru banget !

14.00 - 16.00 : Check in di penginapan, menaruh barang dan bersih-bersih badan.

16.00 - 17.30  :  Cafe hoping. Nah di Jogja sekarang katanya cukup menjamur cafe-cafe lucu, tempat ngopi sekaligus gerai gelato. Bikin penasaran ingin mencobanya euy. Mumpung di Jogja, saya ingin mencoba beberapa di antaranya.

Cafe yang akan saya kunjungi adalah Filosofi Cafe Jogja yang berada di daerah Jogja utara, tepatnya di Jalan Pandawa, Sariharjo, Ngaglik, Sleman. Katanya sih, selain menyediakan coffe bean yang beragam, suasana tempatnya juga cukup Njawani. Asyiklah buat menghabiskan waktu senja sambil ngobrol dan temu kangen dengan kawan-kawan semasa kuliah dulu.

18.00 - 22.00   : Dinner and dessert time ! 
Untuk pilihan menu dinner, saya memilih untuk icip-icip di Warung Makan Bu Ageng milik seniman kondang Butet Kertaradjasa. Alamat warungnya berada di Jalan Tirtodipuran No 13 Mantrijeron. Menu makanan yang dijual di sini adalah menu masakan rumahan yang sederhana namun cita rasanya cukup ngangenin uey !


Habis makan malam, lanjut nyari dessert. Dari Warung Bu Ageng tinggal cuss ke Tempo Gelato di Prawirotaman. Hmmm....nyam...nyam !

22.00 - 23.00 : Nongkrong di Angkringan Kopi Jos daerah Mangkubumi Jogja.

23.00 - End   : Manikmati atraksi kembang api dan panggung hiburan jelang malam pergantian tahun baru di area Tugu Jogja dan kembali ke penginapan.


Hari Kedua ( 1 Januari )

09.00 - 10.00 : Brunch di Gudeg Yu Djum Mbarek. Tak lengkap kan kalau ke Jogja ga mencicipi menu gudeg yang sudah jadi legenda !

11.00 - 12.00 : Check out dari penginapan.

12.00 - 13.30 : Hunting oleh-oleh di Malioboro dan sekitarnya. Untuk oleh-oleh bisa beli bakpia yang sudah melegenda atau cobain kue-kue kekinian milik para artis yang sudah membuka beberapa gerai di Jogja.

13.45 - 14.20  : Perjalanan menuju airport

15.05 : Meninggalkan Jogja menggunakan pesawat udara dengan pikiran yang fresh !

Bepergian keluar kota, tak hanya mempersiapkan tiket dan rencana perjalanan, namun juga tempat penginapan juga perlu dipikirkan. Untuk liburan akhir tahun kali ini saya memilih menginap di RedDoorz Cik Di Tiro Sagan dengan pertimbangan tempat nyaan, harga yang reasonable dan lokasi yang strategis, dekat dengan keramaian, tempat makan, dan juga pusat perbelanjaan. Memilih penginapan saat keluar kota semakin nyaman dengan menggunakan RedDoorz karena mereka menyediakan akomodasi hotel murah dengan fasilitas yang nyaman dan kamar yang bersih !

5 comments:

  1. Jogja emang keren banget, selalu ngangenin. Penduduknya ramah sekali terhadap wisatawan, makanya banyak turis baik lokal atau mancanegara senang berkunjung ke Jogja. Kangamir dot kom

    ReplyDelete
    Replies
    1. yap, selalu ada alasan untuk balik ke Jogja ya :)

      Delete
  2. Banyak cerita menarik di Jogja yang entah sudah berapa puluh kali diliput oleh blogger. Jadi pengen nyobain ke Jogja itu gimana rasanya ya... Nice story and Salam kenal dari blogger Ndeso

    ReplyDelete
  3. Beberapa kali tahun baruan di jogja, tp sumpek, ramai banget, dimana2 macet.. But, aku selalu ingin pulang ke Jogja, hhh

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com