Wednesday, January 17, 2018

Kalilo - Spot Kampung Warna-Warni di Kota Banyuwangi

Keberadaan kampung warna-warni sempat menjadi viral tahun 2017 silam. Banyak orang memperbincangkan dan membagi foto-fotonya sehingga membuat orang jadi penasaran. Tren baru ini menjadi magnet yang menarik minat wisatawan untuk berkunjung langsung ke lokasi. 

Berawal dari Kampung Warna-Warni di daerah Jodipan, Malang, tren ini pun menyebar ke beberapa kota di Indonesia, seperti Semarang, Yogyakarta, Palembang, Balikpapan, dan tak terkecuali juga di Banyuwangi.


Keberadaan kampung warna-warni di Banyuwangi ini tergolong baru. Berlokasi di kawasan bantaran sungai Kalilo, tak jauh dari Taman Sritanjung dan Masjid Agung Baiturrahman menjadikan kampung warna-warni ini sebagai obyek wisata pilihan di Bumi Blambangan.


Jika diamati, kampung warna-warni di Indonesia ini memiliki benang merah yang sama, yaitu menyulap keberadaan kampung di sekitaran bantaran sungai yang dulunya terkesan kumuh menjadi kampung yang bersih, asri, dan terlihat lebih warna-warni sehingga menarik untuk dikunjungi.

Tak seperti kampung warna-warni yang ada di kota lain, keberadaan kampung warna-warni di Kalilo ini tergolong kecil. Tidak semua bagian tembok dan atap bangunan yang berada di kampung tersebut full diwarnai dengan cat beraneka warna.


Hanya bagian tembok dan atap rumah-rumah di sekitar jembatan saja yang diberi cat berwarna. Namun keberadaannya cukup memanjakan mata bagi orang-orang yang singgah di sana dengan warna-warni yang ada. 

Tak hanya membersihkan kampung dan mengecat tembok-tembok rumah dan atap bangunan saja, warga masyarakat pun juga diajak untuk menjaga kebersihan aliran sungai Kalilo yang membelah perkampungan mereka.

Hal ini tercermin dari aliran sungai yang terlihat bersih. Warga sekitar gotong-royong menjaga kebersihan lingkungan dengan cara tidak membuang sampah sembarangan. Selain itu, mereka juga membersihkan aliran sungai dengan cara menjaring sampah-sampah yang mengalir di sepanjang sungai menggunakan serok dan jaring.

Keberadaan Sungai Kalilo sendiri memiliki sejarah penting bagi masyarakat Banyuwangi. Di masa lalu, Sungai Kalilo memiliki fungsi yang vital, salah satunya adalah sebagai lalu lintas transportasi karena lokasinya yang strategis membelah Kota Banyuwangi.


Kawasan Kalilo ini juga memiliki cerita yang cukup tragis. Saat menyeberangan jembatan, kita akan melihat tulisan "Lohkanti" yang dipasang di dekat mushola. Menurut tulisan yang ditulis mas Alan dalam blognya, menceritakan bahwa Lohkanti merupakan sebuah legenda tentang Kalilo.

Diceritakan jika pada jaman dahulu kala, di bantaran sungai Kalilo ini, tinggallah seorang wanita dari Bali bernama Ni Luh yang setia menanti kepulangan suaminya yang pergi berperang dalam Puputan Bayu di Bumi Blambangan melawan penjajah Belanda. Namun, penantian tersebut sepertinya tak berujung, sang suami pun entah tak ada kabar, namun Ni Luh masih setia menanti kepulangan suaminya tersebut.


Menikmati kampung warna-warni Kalilo di pagi hari terasa cukup syahdu. Suara gemericik aliran sungai berpadu dengan sinar matahari yang hangat membuat hati terasa syahdu. Sayang, suara lalu-lalang kendaraan mulai membuyarkan rasa syahdu saat menikmati keindahan kampung Kalilo ini. Ah, sudah saatnya beranjak dan kembali melanjutnya perjalanan sepertinya.

Keterangan :
Kampung warna-warni Kalilo terletak di Jalan Kapten Ilyas, Kelurahan Singonegaran, Kecamatan Banyuwangi, Kabupaten Banyuwangi. Dari perempatan Masjid Agung Baiturrahman, belok ke arah RSUD Blambangan, lokasi kampung warna-warni ini tak jauh dari perempatan lampu merah.

Karena lokasinya berada di dekat jalan raya, maka fasilitas parkir kendaraan, baik roda empat maupun roda dua masih agak susah. Tapi biasanya ada warga sekitar yang berjaga untuk mengatur kendaraan dan lalu lintas sekitar agar pengunjung dapat menikmati keberadaan kampung warna-warni ini.

Berlakulah sopan saat mengunjungi kampung ini dan jangan membuang sampah sembarangan ya !

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com