Saturday, February 3, 2018

Dormitory Tourism Sritanjung - Penginapan Murah di Pusat Kota Banyuwangi

Memilih penginapan saat bepergian terkadang menjadi hal yang cukup pelik. Ada penginapan oke, lokasi strategis, namun rate harga di luar budget. Atau, penginapan dengan budget yang pas, fasilitas oke, namun lokasi jauh dari jangkauan. Untung saja, sekarang ada pilihan penginapan yang ekonomis dengan lokasi startegis di Banyuwangi kota yang bisa menjadi akomodasi pilihan saat plesiran di Bumi Blambangan.


Plesiran di Banyuwangi memang membutuhkan kejelian saat memilih penginapan. Sebenarnya, cukup banyak pilihan penginapan di area kota, namun rate harga yang ditawarkan kurang terjangkau bagi kantong saya. Pilihan lain adalah menuju daerah Ketapang. Di area sekitar pelabuhan ini banyak terdapat penginapan dengan berbagai macam pilihan harga. Namun, lokasinya cukup jauh dari kota, sehingga rasa-rasanya kurang praktis jika menginap di sana.



Seiring dengan perkembangan pariwisata dan gencarnya promosi yang dilakukan, pemerintah Banyuwangi pun berinisiatif untuk membangun dan mengelola penginapan dengan budget yang terjangkau untuk semua kalangan pejalan yang singgah di Bumi Blambangan.

Adalah Dormitory Tourism Sritanjung, salah satu penginapan yang dikelola oleh pemerintah daerah setempat untuk memfasilitasi para wisatawan yang sedang plesiran di Banyuwangi. Sekitar bulan Oktober lalu saya berkesempatan untuk mencoba penginapan yang direkomendasikan untuk para backpakcer ini. Bagaimana pengalaman meninap di sana? Yuk simak review nya !

Lokasi
Menurut saya, Dormitory Tourism Sritanjung memiliki lokasi yang sangat strategis di pusat kota. Berada di bilangan Jalan Susuit Tubun Banyuwangi, dekat dengan Taman Sritanjung dan Masjid Agung Baiturrahman.


Lokasi penginapan ini mudah dijangkau oleh kendaraan umum, terutama angkot yang beroperasi melayani rute seputaran kota. Dormitory Tourism Sritanjung juga dekat dengan pusat keramaian seperti arena kuliner, bank dan ATM, pasar tradisional, dan juga Taman Blambangan sehingga membuat penginapan ini benar-benar berada di area premium.

Lokasi Dormitory Tourism Sritanjung juga cukup dekat dengan Pantai Boom yang menjadi obyek wisata andalan di area kota. Pilihan yang Sangat tepat rasanya jika bermalam Dormitory Tourism Sritanjung ini sebagai tempat menginap saat berada di Kota Banyuwangi.

Fasilitas
Mengusung konsep hostelDormitory Tourism Sritanjung menyediakan fasilitas yang cukup minimalis namun mencukupi kebutuhan para backpacker yang menginap di sana. Penginapan ini terdiri dari tiga lantai. Lantai dasar digunakan untuk area front office dan lobby. Lantai dua dan tiga untuk kamar tamu, sedangkan lantai selanjutnya digunakan untuk meeting room.


Dormitory Tourism Sritanjung menyediakan sekitar 34 bed untuk tempat tidur. Masing-masing kamar memiliki loker untuk menaruh barang serta pendingin ruangan. Untuk toilet dan kamar mandi di masing-masing lantai tersedia satu buah ruangan yang digunakan bersama (share bathroom).

Sayangnya, untuk fasilitas tempat tidur, penyedia hanya menyediakan bed dan bantal saja, tanpa disertai selimut. Untuk aminities, pengelola hanya menyediakan sabun mandi cair untuk digunakan bersama. Sedangkan urusan sikat gigi, pasta gigi, shampo, dan handuk, para tamu harus membawa sendiri.

Pengalaman menginap di Dormitory Tourism Sritanjung ini cukup nyaman dan menyenangkan. Resepsionis cukup cekatan dalam melayani tamu yang datang. Kebersihan ruangan kamar cukup terjaga. Pendingin udara berfungsi dengan baik. Bantal dan sprei juga bersih, tidak ada noda atau bau. Loker tempat menyimpan barang juga berfungsi dengan baik. Ukurannya cukup besar, dengan bentuk memanjang ke atas tapi tidak terlalu lebar. Bisa memuat satu buah ransel atau carrier dan beberapa barang lain semisal jaket dan sebagainya.


Hal lain yang terasa kurang adalah jumlah colokan listrik untuk mengisi daya gadget. Satu ruangan hanya disediakan satu colokan listrik saja. Untuk mengatasinya, sebaiknya membawa colokan T atau kabel steker tambahan agar tidak rebutan saat akan mengisi daya gadget yang kita bawa.

Ruangan kamar mandi dan toilet cukup bersih dan nyaman dengan luas ruangan yang cukup lega. Shower berjalan dengan lancar, hanya saja air hangat hanya keluar di jam-jam tertentu saja. Saluran air juga lancar, tidak ada yang mampet. Gantungan pakaian juga tersedia sehingga tidak membuat kita bingung meletakkan pakaian saat mandi.

"Ruangan Rahasia"
Ada satu ruangan favorit saya selama menginap di Dormitory Tourism Sritanjung ini, yaitu ruangan balkon yang berada di lantai paling atas, dekat dengan meeting area. Bagian balkon ini memiliki pemandangan yang indah di pagi hari, terutama saat cuaca cerah.


Dari area balkon ini kita dapat melihat Taman Sritanjung dan Masjid Agung Baiturrahman dari ketinggian. Nah, yang istimewa adalah menikmati pemandangan Masjid Agung Baiturrahman dengan latar belakang Gunung Merapi, Gunung Ijen, Gunung Raung dan Gunung Meranti ditemani awan biru nan bersih.

Sungguh nikmat menikmati udara pagi dari area balkon ini. Oj iya, pintu keluar menuju balkon ini terkadang dikunci oleh petugas. Jika ingin menikmati pagi di sini, sebaiknya lapor petugas dulu ya agar dibukakan kunci pintunya !

Harga
Nah, harga juga menjadi salah pertimbangan orang saat memilih penginapan bukan? Berapa harga per-malam untuk bisa menginap di Dormitory Tourism Sritanjung ini? Cukup keluarkan kocek Rp 75.000,- per-bed per-orang, kalian sudah bisa menginap di sini (update harga per Oktober 2017). Harga yang cukup bersahabat untuk para backpacker bukan?

Oh iya, harga tersebut hanya untuk fasilitas kamar dan penginapan ya, belum termasuk sarapan. Setahu saya sih, penginapan ini hanya menyediakan kamar untuk beristirahat, tidak menyediakan makanan.


Harga tersebut sudah cukup terjangkau menurut saya, sepadan dengan fasilitas yang disedaiakan serta lokasi penginapan yang sangat strategis.

Secara umum, menginap di Dormitory Tourism Sritanjung cukup nyaman. Penginapannya bersih, air lancar, dan lokasi sangat strategis di antara keramaian kota Banyuwangi sehingga memudahkan akses kita jika ingin ke mana-mana. Pada malam hari suasana juga tenang sehingga nyaman untuk beristirahat. Harga yang ditawarkan pun juga sangat bersahabat.

Bagaimana, tertarik mencoba Dormitory Tourism Sritanjung saat berkunjung ke Banyuwangi nanti?

keterangan :
Dormitory Tourism Sritanjung
Jalan Susuit Tubun (Depan Taman Sritanjung) Banyuwangi
Telp (0333) 3381959

* oh iya, untuk memastikan ada kamar kosong atau tidak, silahkan hubungi nomor telepon yang tertera terlebih dahulu ya.
* setahu saya, penginapan ini sudah bekerja sama dengan salah satu Online Travel Agent (OTA) yang berbasis aplikasi di smartphone untuk melakukan booking hotel. Kalian bisa memanfaatkan fasilitas dari Online Travel Agent tersebut untuk memesan kamar di penginapan ini

2 comments:

  1. Bersahabat di kantong mas, udah gitu pemandangan di salah satu balkonnya ciamik sekalii :)
    Cumaan ya itu, jangan lupa bawa sarung wkkwk

    ReplyDelete
    Replies
    1. tenang mbak, aku selalu bawa kain pantai kalau lagi pergi-pergi soalnya dia multifungsi, bisa buat sprei, selimut, atau syal wkwkwk

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com