Monday, November 26, 2018

Sego Tempong Mbok Wah yang Bikin Mulut Huh..hah !

Wajib rasanya mencicipi sego tempong tiap kali singgah di Banyuwangi. Nasi putih hangat, berpadu dengan lalapan rebus, tahu goreng, perkedel jagung, ikan asin goreng, dan tambahan lauk sesuai pilihan, serta tak lupa sambal tomat dengan cita rasa pedas yang beraroma khas.


Tak sulit untuk menemukan menu sego tempong di Kota Banyuwangi. Menu ini banyak dijual di berbagai warung makan di Bumi Gandrung ini.


Menu makanan rumahan yang terdiri dari nasi putih, sambal tomat pedas, lalapan rebus, ikan asin, dan berbagai pilihan lauk-pauk ini membuat siapa saja selalu kangen untuk mencicipi lagi saat berada di Banyuwangi. Sungguh, sebuah suguhan kuliner yang sangat merakyat.


Tempong dalam bahasa Banyuwangi berarti "tampar". Hal ini menggambarkan tingkat kepedasan si sambal yang mampu "menampar" siapa saja yang mencicipinya karena cita rasa pedasnya. Dan biasanya sambalnya pun dibuat langsung, sehingga masih dalam keadaan fresh.

Kali ini saya diajak mas Alan pemilik blog www.catatannobi.com untuk mencicipi sego tempong di Warung Nasi Tempong Mbok Wah. Warung nasi tempong ini termasuk salah satu warung legendaris di Banyuwangi, lho !

Lokasinya agak masuk ke area perkampungan di daerah Bakungan, dekat dengan Stasiun Karangasem. Walaupun berada di dalam perkampungan, tapi selalu ramai dikunjungi pembeli yang datang.

Untuk menuju ke warung ini kami melewati jalan kampung yang agak sempit, kira-kira selebar satu buah mobil dan bahu jalan lainnya untuk area parkir.

Warung Nasi Tempong Mbok Wah tergolong sederhana. Tempatnya cukup luas, mampu menampung sekitar 20-30 pembeli yang datang. Malam itu saya bebarengan dengan rombongan sehingga kondisi warung terasa agak berjubel.


Pembeli yang datang langsung masuk ke dalam warung dan berdiri  mengambil antrian. Baskom-baskom dan piring-piring besar disajikan di dekat area kasir yang sekilas mirip seperti warung warteg di ibukota.

Ada berbagai pilihan lauk-pauk yang bisa kita pilih sesuai selera untuk menikmati nasi tempong ini. Ada ikan, ayam, telur pindang, cumi masak hitam, kepiting, udang, bahkan pete pun lengkap tersaji di sana.

Pelayanan di warung ini cukup cepat. Tak berapa lama, tibalah giliran saya untuk memesan makanan. Saya memesan nasi tempong komplit dengan tambahan lauk ikan tuna goreng dan segelas es jeruk untuk membasuh kerongkongan. Setelah memesan makanan sesusai keinginan, pembeli pun langsung membayar di bagian kasir.

Sambal Ranti yang Pedasnya dan Aromanya Khas
Saya mencapurkan nasi, lalapan, dan potongan ikan pada suapan pertama. Rasa pedas dari si sambal langsung "menampar" indra perasa saya. Wah, benar-benar nih, sambalnya Mbok Wah nampol pisan euy!

Ciri khas nasi tempong adalah cita rasa si sambal yang pedas dengan aroma khas yang berasal dari campuran tomat ranti. Tomat ranti memiliki bentuk buat pipih dan agak keriting. Cita rasanya sendiri sedikit masam, cocok dipadukan dengan sambal yang pedas sehingga mampu menambah selera.


Menurut saya, tingkat kepedasan sambal tempong di warung Mbok Wah ini satu level di atas warung makan sejenis yang pernah saya coba. Pedasnya nampol alias meledak dan menggugah selera, tapi tidak menyiksa.

Lalapan yang direbus menimbulkan rasa manis yang sedikit meredam tingkat kepedasan si sambal. Lauk ikan goreng yang saya pilih masih terasa segar. Bumbu yang digunakan pun cukup meresap sampai ke dalam daging ikan.

Ikan goreng yang gurih dipadukan dengan nasi hangat dan sambal yang pedas membuat mulut saya langsung mengeluarkan suara huh...hah. Keringat pun langsung bercucuran, namun mulut saya tak kuasa untuk segera menghabiskan sajian yang ada.

"Wah, sambalnya mantab ya mas, lebih pedas dari warung lainnya", ucap saya ke Mas Alan
"Iya, sambal di warung ini terasa lebih pedas memang dibandingkan dengan warung lainnya".


Pantas saja jika warung Sego Tempong Mbok Wah ini selalu ramai dikukunjungi pembeli yang datang silih berganti. Rasa sambal yang mantab dengan pilihan lauk-pauk yang beragam memang menjadi kelebihan warung sego tempong satu ini.

Tak perlu kocek yang dalam untuk dapat menikmati sajian nasi tempong ini, kok ! Mulai dari Rp 10.000,00 sampai Rp 25.000,00 saja per-porsi (tergantung pilihan lauk ya!) kalian bisa menikmati sajian sego tempong yang menjadi ciri khas kuliner Banyuwangi ini.

Bagi kalian penikmat kuliner pedas, cobain deh mencicipi sajian sego tempong di Warung Mbok Wah!


keterangan :
Warung Sego Tempong Mbok Wah
Jalan Gembrung No. 220 Lingkungan Watu Ulo R, Bakungan, Glagah, Banyuwangi
buka setiap hari mulai pukul 08.00 - 23 00 WIB
Telp. 0822 3163 1493

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com