Monday, August 22, 2011

Candi Sari, Candi dengan Bentuk Bangunan Persegi



Setelah mengunjungi Candi Kalasan, penjelajahan saya lanjutkan ke Candi Sari yang berjarak tidak jauh dari Candi Kalasan. Awalnya kami tidak tahu arah dan jalan menuju Candi Sari, berbekal nekat dan bertanya kepada satpam di Candi Kalasan, kami akhirnya diberi tahu jalan menuju Candi Sari yang ternyata jaraknya cukup dekat dengan Candi Kalasan. Candi Sari terletak di sebelah timur laut Candi Kalasan, ancer-ancernya cukup mudah yaitu dari Candi Kalasan kita menyeberang jalan menuju arah timur (arah ke Candi Prambanan), lalu lihat ada rumah makan yang ada pohon beringinnya di seberang jalan, nah dari situ ada gang kecil di kiri jalan, lalu masuk saja, tak jauh dari Jalan Solo-Jogja tersebut kita sampai di Candi Sari.


Candi Sari ini secara administratif berada di Dusun Bendan, Desa Tirtomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Candi Sari merupakan candi yang bercorak Budha, menurut cerita tempat ini dahulu adalah sebuah bangunan yang diperuntukkan sebagai asrama bagi para pendeta dan Candi Kalasan adalah sebagai tempat pemujaannya.


Candi ini menurut saya cukup unik karena bentuknya yang persegi panjang dan tidak teralu tinggi bangunannya. Pintu masuk menghadap ke arah timur, dan di bagian sisi bangunan candi tersebut terdapat arca-arca pahatan yang masih cukup terawat, walau ada beberapa bangunan yang kondisinya rusak. Ada yang unik menurut saya karena di bagian atas candi terdapat bangunan yang mirip dengan bangunan di Candi Borobudur.


Candi Sari terletak di tengah-tengah perkampungan penduduk. Sebagai pembatas areal candi dengan rumah penduduk diberi pagar pembatas. Untuk masuk ke areal candi ini kita cukup membayar Rp 2.000,00 saja per-orang. Dan sekali lagi di sini tidak ada guide atau pemandu, untuk mengetahui sejarah candi ini hanya tersedia papan yang berisi penggalan sejarah Candi Sari ini.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com