Monday, August 22, 2011

Candi Kalasan - Bangunan Suci Untuk Dewi Tara



Setelah mengunjungi Panggung Krapyak, saya dan teman saya melanjutkan perjalanan menuju ke Jalan Solo arah ke Prambanan. Kali ini saya dan teman saya bukan untuk mengunjungi Candi Prambanan, melainkan candi-candi kecil yang berada di sekitar wilayah tersebut. Penjelajahan pertama adalah mengunjungi Candi Kalasan yang merupakan Candi Budha, berbeda dengan candi-candi lain yang tersebar di sekiataran Candi Prambanan yang bercorakkan Hindu. Candi Kalasan ini terletak di Kalibening, desa Tirtomartani, kecamatan Kalasan, kabupaten Sleman, Yogyakarta. Jarak dari Candi Prambanan sekitar dua kilometer ke arah barat (arah ke Yogyakarta) jika dari arah Solo, atau jika ditempuh dari arah Yogyakarta kurang lebih 15 kilometer ke arah timur. Untuk akses ke lokasi cukup mudah karena terletak persis di pinggir jalan raya Jogja – Solo sehingga cukup mudah untuk mengaksesnya dengan kendaraan umum maupun kendaraan pribadi.


Untuk memasuki kompleks Candi Kalasan ini cukup membayar sebesar Rp 2.000,00 per orang dan bebas biaya parkir. Di sekitar pos penjagaan hanya terdapat seorang satpam yang berjaga sekaligus menariki iyuran masuk. Sayang di sini tidak ada pemandu atau guide untuk menemani pengunjung mengelilingi kompleks candi ini. Hanya terdapat papan di sebelah timur yang menceritakan sejarah mengenai Candi Kalasan ini dan saya cukup menyesal tidak membaca sejarahnya tersebut.


Candi dengan tinggi sekitar 45 meter ini sangat indah. Dari kejauhan terlihat kecil namun ketika dilihat dari dekat candi ini cukup besar juga. Sayang saya tidak terlalu menikmati detail dari candi ini karena cuaca yang cukup panas dan dalam kondisi puasa jadi saya harus pintar-pintar mengehemat tenaga saya.


Menurut saya Candi Kalasan ini cukup megah, hanya sayang sepertinya proses restorasi dan perbaikan candi masih belum sempurna dikerjakan karena masih ada beberapa tumpukan batu yang belum terbentuk secara sempurna di beberapa sisi. Di beberapa sudut halaman diletakkan arca-arca yang sudah tidak lagi utuh bentuknya. Sangat disayangkan memang peninggalan bersejarah ini dibiarkan begitu saja.


Untuk Anda yang suka wisata sejarah, khususnya menjelajahi candi-candi, Candi Kalasan ini bisa dijadikan salah satu lokasi yang bisa menjadi pilihan Anda kunjungi ketika berada di Yogyakarta.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com