Thursday, September 20, 2012

Candi Setiaki - Candi yang Masih Terus Direstorasi


Dataran Tinggi Dieng menyimpan harta karun berupa bangunan candi nan eksotis selain pesona panorama alamnya yang dramatis. Satu lagi harta karun bangunan candi di kawasan Dataran Tinggi Dieng, yaitu Candi Setiaki. Kompleks Candi Setiaki ini berlokasi tidak jauh dengan Kompleks Candi Arjuna, hanya tinggal melangkahkan kaki beberapa meter saja kita akan sampai di kompleks candi. Candi bercorak agama Hindu ini terletak di tengah-tengah padang rumput yang diapit oleh kebun milik penduduk. Corak candi Hindu terlihat jelas dari bangunan yoni yang terletak di bagian dalam candi. Lokasinya yang terpisah dengan kompleks candi lain memberikan kesan seolah-olah candi ini menyendiri di antara rerumputan yang tumbuh alami.


Menurut informasi yang saya dengar, candi ini baru saja selesai dipugar oleh Balai Pelestarian Benda Purbakala (BP3) Jawa Tengah. Namun, pemugaran candi ini belum rampung secara keseluruhan, masih ada bagian dari bangunan candi yang belum selesai dikerjakan. Hal yang paling kasat mata yang dapat kita lihat adalah bangunan candi ini masih belum memiliki atap, hanya bangunan pondasi dan badan candi saja yang selesai dipasang. Pemugaran bangunan candi ini terdiri dari bagian pondasi candi yang masih batuan asli, sedangkan pada bagian badan candi merupakan batuan baru yang ditatah dan diukir sedemikian rupa hingga menyeruapi bangunan aslinya. Batuan asli dari bangunan badan candi sudah mengalami kerusakan parah sehingga tidak dapat digunakan lagi. Di sekeliling bangunan candi memang terlihat beberapa batu yang teronggok begitu saja, diperkirakan batuan ini merupakan batu asli dari bangunan Candi Setiaki.



Di sekeliling Candi Setiaki ini konon masih terdapat bangunan candi lainnya, hanya saja kondisinya dalam keadaan yang mengenaskan. Sepanjang mata memandang hanya terlihat bangunan-bangunan yang menyerupai bagian dari pondasi candi saja. Bangunan pondasi candi tersebut sebagian besar sudah tertutup oleh rimbunnya rumput liar yang tumbuh subur di sekelilingnya. Saya membayangkan jika kompleks tersebut berdiri candi-candi yang kokoh dan terawat dengan baik alangkah indahnya dan kayanya negeri ini akan peninggalan benda-benda bersejarah kejayaan masa lampau.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com