Wednesday, December 12, 2012

Aglioo - The Real Wood Oven Italian Pizza


Siapa sih yang tak kenal dengan pizza? Makanan khas Italia yang terdiri dari bahan dasar roti dengan racikan berbagai macam taburan sayuran, daging, dan keju ini barangkali sudah menjadi menu yang cukup familiar untuk sebagian masyarakat di perkotaan. Ngomong-ngomong soal Italian pizza di Jogja pada khususnya, ada salah satu gerai yang menjadi favorit saya untuk menyantap menu yang satu ini. Yap, Aglioo Pizza and Pasta yang berlokasi di Jalan Prawirotaman nomor 29 Jogja. Daerah Prawirotaman merupakan
salah satu spot dengan julukan "kampung bule" karena lokasi ini memang menjadi lokasi favorit para bule dengan gaya backpacker, tak heran jika di Prawirotaman banyak terdapat cafe dan resto. Lokasi Aglioo Pizza and Pasta cukup mudah ditemui. Resto ini berada tepat di depan Hotel Grand Rosela, dan dekat dengan Via Via Cafe yang terkenal itu. Satu kekeurangan tempat ini adalah kurang tersedianya tempat parkir kendaraan yang memadai, maklum lah namanya juga berada di tengah-tengah kampung bule yang rata-rata berjalan kaki. Bagi Anda yang membawa kendaraan roda dua cukup memarkirkan kendaraan di depan resto, jika Anda memakai kendaraan roda empat tak ada salahnya untuk memohon izin kepada satpam hotel yang berjaga. 



Bagaimana Konsep Tempatnya?  
Aglioo Pizza and Pasta sendiri merupakan sebuah resto kecil yang cukup nyaman, ruangan berkonsep semi outdoor dan memiliki dapur dengan tema open kitchen. Ya, konsep dapur terbuka ini sering saya temui di resto-resto yang berjajar di kawasan Prawirotaman. Dapur dengan konsep ini memberikan kesempatan kepada pengunjung untuk melihat langsung proses si koki memasak makanan yang kita pesan. Konsep open kitchen juga mengindikasikan bahwa resto tersebut memiliki tingkat kebersihan yang terjaga dan bahan-bahan yang terjamin kesegarannya. Kenapa saya memberi judul the real wood oven italian pizza? Semua mata yang datang ke Aglioo pandangannya akan tertuju pada tumpukan kayu bakar yang ditata rapi di dekat pintu masuk. Di dekat tumpukan kayu bakar tersebut juga ditata bawang putih dengan jumlah yang cukup banyak. Saya tidak tahu sih konsep penataan bawang putih, namun jika kayu bakar dapat kita tebak bahwa proses pembakaran pizza benar-benar masih menggunakan cara yang tradisional.

Apa saja sih menu di Aglioo ini?
Sesuai konsepnya,  menu pizza dan pasta merupakan menu andalan di Aglioo ini. Selain menu pizza dan pasta, kita dapat memilih menu-menu lain yang disediakan seperti sup, salad, steak, dan masakan italian food lainnya. Untuk icip-icip kali ini saya memesan menu Aglioo pizza. Agak random sih  memilih menunya, saya cuma menebak kalau menu diberi nama sesuai dengan tempat pasti itu adalah menu spesial dari si tempat itu.


Setelah menunggu proses memasak sekitar 10-15 menit datanglah menu Aglioo pizza yang saya pesan. Ukuran pizzanya sekitar medium, cocok untuk disantap dua sampai dengan tiga orang. Melihat tampilannya menu pizza yang satu ini cukup menggoda. Kesan pertama yang saya lihat adalah pizza ini cukup warna-warni, perpaduan toping dari bahan-bahan seperti paprika merah, paprika hijau, jagung manis, irisan bawang bombai, irisan tomat, daging ayam, smoke beef, kemudian diberi taburan lada dan parutan mozarella cheese yang melted, terakhir sebagai pemanis tampilan diberi guyuran olive oil sehingga tampilannya semakin mengkilap. For your information, semua masakan di Aglioo ini sama sekali tanpa menggunakan MSG. Hal ini sudah terpampang di papan di dekat dapur dan juga di bagian daftar menu. Aglioo ini memiliki motto always prepared fresh, No MSG, healthy and high quality food !

Bagaimana dengan rasanya? Gurih dari toping daging dan keju yang meleleh bercampur dengan rasa manis dari jagung terasa pas di mulut. Roti sebagai dasaran pizza juga dipanggang matang, tidak terlalu garing, namun tetap terasa renyah. Taburan daging ayam dan smoke beef-nya cukup banyak, sebanding dengan harga dari menu pizza ini. Satu porsi Aglioo pizza dihargai Rp 42.000,00 sudah termasuk pajak (data Desember 2012). Menurut saya rasa, suasana tempat, dan harga yang ditawarkan cukup sebanding.

Selain menu Italian pizza, Aglioo juga menyediakan menu pasta yang recomended. Beberapa pilihan menu pasta disajikan di tempat makan ini seperti bolognese, carbonara, gamberi, polo pesto, curry, ala aglioo, tuna, salmone. Untuk pilihan pasta sendiri, Anda bisa pilih spaghetti, penne, fettucine. Kali ini pilihan jatuh kepada carbonara pasta yang terdiri dari smoke beef, cheese, and egg in creamy sauce, dipadukan dengan potongan garlic bread yang terbuat dari roti gandum. Pasta di Aglioo cara masaknya sangat pas. Orang Italia bilang pastanya Al Dente, yaitu pastanya sudah matang tapi tidak terlalu lembek dan juga tidak terlalu keras. Tekstur pasta masih terasa saat kita kunyah. Bagaimana rasanya? Creamy to the max ! Tiap kunyahan pasta yang masuk mulut sangat terasa creamy dari sauce-nya. Bagi Anda yang tidak terbiasa dengan masakan yang bercita rasa creamy, sebaiknya memakannya perlahan-lahan untuk menghindari efek eneg. Satu porsi carbonara pasta dibandrol dengan harga Rp 35.000,00 (data bulan Desember 2012). Satu porsi pasta di Aglioo dijamim bakal bikin perut Anda kewalahan.

Selain menu pizza dan pasta, Aglioo juga menyediakan beberapa menu seperti untuk  side dish, Anda dapat memilih menu garlic bread, onion ring, french fries, wedges potato. Menu pembuka Anda dapat memesan beraneka macam salad dan zuppa soup. Untuk main course sendiri, Anda dapat memesan chicken steak, chicken cordon bleu, chicken braised, duck leg ala aglioo, duck breakst, tuna steak, australian tenderloin steak. Ada juga menu lasagna sebagai alternatif menu makan. Untuk menu desert, Aglioo menyediakan beberapa menu pilihan seperti creme brullee, brownie sunday, banana split, ice cream sundae, dan cioccolato lava. Range harga menu di Aglioo cukup terjangkau, mulai dari Rp 14.000,00 untuk menu side dish, dan menu yang paling mahal dibandrol dengan harga Rp 100.000,00 untuk main course. Untuk harga pizza dibandrol dengan range harga mulai dari Rp 35.000,00 sampai dengan Rp 45.000,00 per-porsinya. Untuk harga pasta sendiri mulai dari Rp 34.000,00 sampai dengan Rp 38.000,00 per-porsi.

Bagaimana dengan menu minumannya?
Untuk pilihan menu minuman, Aglioo menyediakan berbagai pilihan minuman, mulai dari mineral water, aneka juice, herbal drink, teh, kopi, hingga bir. Untuk range harga sendiri mulai dari Rp 6.000,00 sampai dengan Rp 38.000,00. Saya sendiri memilih memesan mineral water karena jus di tempat ini terlalu encer.

Keterangan :
Aglioo Pizza mulai buka pada pukul 11.00 pagi sampai dengan pukul 23.00 malam. Untuk last order dilayani sampai dengan pukul 22.30 malam.
Pembayaran hanya dilayani dengan uang cash, tidak menerima pembayaran melalui kartu debit maupun credit.

2 comments:

  1. Errrr.. Kayaknya aku pernah makan di tempat ini deh, tapi lupa namanya. Hahaha.. Setelah liat foto makanannya jadi inget!!

    Kalo menurutku sih ya, pizza disana lumayan enak. Kalo pasta baru nyobain Carbonara aja. Rasanya biasa aja, cenderung hambar ya. Porsinya memang gila sih, banyak banget. Gini deh kalo lidah orang indonesia makan makanan bule, berasa kurang bumbu.. wkwkkwkwkwkwkwk..

    Aku kesana sekitar bulan agustus tahun ini, harganya masih sama kok mas. :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. pastanya memang terasa kurang bumbu bagi lidah kita mas, tinggal tambahin lada atau garam sih buat ngimbangin rasa :D
      aku dulu pernah nyobain yang salmone juga mirip-mirip carbonara cuma beda di topping aja

      kalau harga beberapa naik, sekitaran Mei-Juni yg aglioo pizza masih dijual 40K :D
      tapi baru sempet posting bulan ini -_-

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com