Monday, April 22, 2013

Es Kapal - Es Klasik dengan Cita Rasa Unik

Satu lagi sajian kaki lima pelepas dahaga yang tak boleh dilewatkan ketika kita berjalan-jalan di area Solo City Walk yang terletak di sepanjang Jalan Slamet Riyadi, jalan utama yang membelah pusat Kota Solo. "Es Kapal Tempoe Doeloe, Resep Leluhur Cita Rasa Khas Solo", begitulah kata-kata di spanduk yang terpasang di gerobak tempat es ini dijual. 


Lapak Es Kapal ini bersebelahan dengan lapak milik Es Potjong Solo. Walaupun bersebelahan, namun lapak milik Es Kapal ini memang terlihat tidak begitu ramai seperti lapak di sebelahnya. Berdasarkan rasa penasaran saya akan kuliner-kuliner jadul, saya pun mendatangi lapak sederhana tersebut dan memesan segelas es kapal.


Jika dilihat sekilas, tampilan es kapal ini memang cukup sederhana. Sebuah cairan berwarna putih bercampur dengan warna cokelat, diberi pecahan kecil es batu, disajikan ke dalam gelas yang cukup jadul, kemudian diberi campuran roti tawar yang disiram dengan susu kental manis cokelat sebagai pemanis tampilan sekaligus menambah rasa. Bagaimana dengan rasanya? Setelah saya rasakan, es kapal memiliki cita rasa  maupun aroma yang hampir mirip seperti es puter tapi versi cair. Perpaduan rasa manis dan gurih sangat terasa, ditambah dengan aromanya yang khas sangat menggugah selera. 

Pemberian nama "es kapal" memang sedikit menggelitik pikiran saya. Saya pun kemudian bertanya kepada si penjual kenapa es ini dinamakan es kapal. Sebutan es kapal bukan berarti es yang disajikan berbentuk kapal ya ! Sejarahnya pun cukup sederhana, pemberian sebutan es kapal ini konon karena dahulu gerobak es yang digunakan berbentuk seperti kapal, atau tepatnya moncong perahu. Lambat laun orang-orang lebih familiar menyebutnya es kapal karena bentuk dari gerobak yang digunakan untuk berjualan. Cukup sederhana dan unik memang !


Satu gelas es kapal ini dijual dengan harga Rp 2.500,00 per-gelasnya, cukup murah bukan? Anda dapat menemukan lapak es kapal ini di Solo City Walk, tepatnya di sebelah barat pintu utama Taman Hiburan Rakyat Sriwedari. Lapak es kapal ini mulai buka sekitar pukul 10.00 pagi sampai dengan habis. Bagi Anda yang merasa haus di siang hari karena teriknya sengatan sinar matahari di Kota Solo, es kapal ini dapat dijadikan pilihan untuk pelepas dahaga Anda !

4 comments:

  1. kaloaq sukanya di deket darmasto om:p
    abis minum pasti sakit batuk :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. eh emang es apaan om yang di sana? es kapal juga?
      maklum aku bukan orang solo hehe :P

      Delete
  2. itu ksukaanku saat masih kecil,,,sekarang pun masih sering beli yang dekat bunderan mbaron itu loh....hmmm,,yummi sangad..putriku aja jadi ikut2an suka...

    ReplyDelete
    Replies
    1. hihi iya mbak, rasanya simple tapi bikin kangen :D

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com