Monday, April 28, 2014

Pantai Pandansari - Cerita Tentang Mercusuar dan Agrowisata Buah Naga

Suatu siang dengan sinar matahari yang cukup terik menyengat kulit. Laju kendaraan saya arahkan menuju daerah pesisir Bantul untuk sekedar menikmati ombak pantai agar bisa sedikit terhibur. Seusai membayar uang retribusi, motor pun melaju menuju Pantai Pandansari yang nampak begitu sepi. Seperti kebanyakan pantai di pesisir Bantul, Pantai Pandansari memang kurang begitu memiliki pemandangan yang menarik. Pantai pasir berwarna cokelat kehitaman dengan ombak pantai yang terlihat tidak begitu jernih. Hanya nampak pepohonan pandan laut dan cemara laut yang tumbuh subur di tepi pantai yang memberi suasana hijau di sekitarnya.

Pesona Pantai Pandansari bukan terletak pada hamparan pasir pantainya. Keunikan pantai ini adalah adanya menara suar atau mercusuar setinggi sekitar 40 meter serta lahan pertanian pesisir dengan komoditi utama buah naga yang tumbuh subur. Banyak wisatawan yang datang ke Pantai Pandansari ini untuk sekedar menikmati pemandangan pantai dari atas ketinggian menara suar. Bangunan menara suar ini berada di satu kompleks rumah dinas yang tidak jauh dari pantai. Untuk masuk ke dalam bangunan menara suar silahkan meminta izin kepada penjaga kompleks rumah dinas tersebut. Cukup membayar uang suka rela untuk kebersihan, sang penjaga akan mempersilahkan kita masuk dan naik ke bangunan mercusuar tersebut.




Sayang, siang itu saya dan kawan saya tidak sanggup menapaki tangga demi tangga hingga sampai atas bangunan mercusuar. Kami hanya mampu menaiki beberapa anak tangga saja dan memutuskan untuk berhenti sejenak melihat pemandangan dari balik bilik mercusuar. Mungkin semesta belum berpihak kepada kami. Awan kelabu terlihat terlalu pekat menutupi pemandangan di sekitar pesisir Pantai Pandansari. Andai saja sang awan bisa lebih bersahabat, mungkin kami bisa melihat kencantikan hamparan perkebunan milik penduduk yang nampak subur di sekitar pantai tersebut.


Agrowisata Buah Naga
Keunikan Pantai Pandansari bukan terletak pada pemandangan hamparan pasir dan ombaknya, melainkan hamparan lahan pertanian yang tumbuh subur di kawasan pesisir pantai tersebut. Salah satu komoditi pertanian andalannya adalah buah naga merah. Anda pun dapat berwisata pantai sekaligus agrowisata di Pantai Pandansari ini. Di sekitar pantai ini banyak terdapat perkebunan buah naga yang tumbuh cukup subur.


Anda pun dapat berkeliling di kbun buah naga ini sambil memetik buah tersebut untuk dijadikan oleh-oleh. Buah naga di perkebunan ini dihargai Rp 20.000,00 per-kilonya untuk buah dengan kualitas super. Buah yang memiliki rasa yang manis ini memiliki beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh, antara lain untuk menurunkan kadar gula dalam darah, menjaga kesehatan kulit, memperlancar pencernakan dan sebagainya. Buah berwarna merah ini pun sangat segar disantap di kala siang sambil menikmati deburan ombak ombak serta pasir pantai selatan yang terhampar. Tertarik menikmati keindahan pemandangan dari mercusuar sambil menikmati wisata petik buah naga ini? Silahkan mampir ke Pantai Pandansari ini.


keterangan :
Masih minim kendaraan umum untuk menuju Pantai Pandansari ini. Anda dapat menuju pantai ini dengan menggunakan kendaraan pribadi. Dari arah Kota Yogyakarta ambil saja jalur ke selatan menuju Jalan Bantul arah ke Pantai Samas. Setelah sampai di pertigaan sebelum Pantai Samas, silahkan ambil jalan ke kanan dan ikuti petunjuk arah. Petunjuk arah menuju Pantai Pandansari dan sekitarnya cukup mudah didapat di sepanjang jalan. Selain Pantai Pandansari, Anda pun dapat melanjutkan perjalanan menuju Pantai Goa Cemara, Pantai Pandansimo, Pantai Kwaru dan sebagainya.

Biaya retribusi masuk pantai adalah Rp 3.000,00 per-orang belum termasuk retribusi untuk kendaraan.
Biaya parkir motor di sekitar pantai adalah Rp 2.000,00 per-motor

15 comments:

  1. Iya, saya tertarik dengan Pandansari juga hanya karena mercusuarnya, hahaha. Buat saya sih, dari Parangtritis sampai Congot pantainya ya... gitu2 aja. Terlalu "flat" dan polos. Nasib pantai di pesisir selatan Jawa ya.

    Eh itu buah naga Rp 20.000 kok sama mahalnya dengan di supermarket? Di Kalibawang, Kulon Progo tempo hari saya juga beli buah naga ya dihargai Rp 20.000 sekilonya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, pantai di pesisir Bantul rasanya memang flat, kecuali Parangtritis kalau mau berburu sunset, banyak point of interest soalnya

      harga buah di wisata agro memang biasanya mahal sih
      mereka kan menawarkan atraksi petik buah sendiri di kebun
      jadi pengalaman wisata petik buahnya yang dijadikan "barang jualan" oleh pengelola :D

      Delete
    2. yg penting harganya pasti terpampang tarifnya

      Delete
  2. Banyak juga pantai indah di Jogja yang belum digarap ya ?? sayang sekali..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Iya bang, tapi sebaiknya memang tidak semua pantai dibuka untuk pariwisata sih menurut saya, jadi komersil nanti

      Delete
  3. 2 tahun lalu aku sempet naik mercusuarnya dan kapok. Dengan tangganya yg semakin menyempit, bau kotoran hewan dan setelah turun aku langsung masuk angin. Mungkin kelamaan di atas
    Dulu kebun buah naga pantai pandansari si gak ada mas,, di sebelah mana? Aku tau nya si di jalan yg menuju kwaru dekat tambak udang itu

    ReplyDelete
    Replies
    1. kemarin aku juga ga sampai puncak mersucuar mbak gara-gara kaki udah gempor
      kebun buah naga itu di sebelah timur pantai mbak, tinggal susurin aja jalan aspal, lokasinya dekat sama kompleks mercusuar kok :D

      Delete
  4. Kalau bw mobil ad jalan masuk ke pantai pndansari gak mas

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa banget mbak, jalan menuju ke sana sudah diaspal halus dan sudah diberi petunjuk arah yang jelas

      Delete
    2. Jaraknya brp kilo ya mas klw dr perempatan dongkelan?
      Klw masuk kebun buah naganya bayar gak mas?

      Delete
    3. saya dari Jogja kota memakan waktu perjalanan sekitar satu jam
      masuk kebun buah naganya gratis, kemarin sih sekalian beli buah langsung dari sana, kebetulan sedang musim panen juga

      Delete
  5. mas minta ijin pakai info di post ini boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. silahkan, jangan lupa diberi sumber gambarnya ya :)

      Delete
  6. aku mau k sanaaaaa

    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    ReplyDelete
  7. saya pengen lagi naik ke mercusuar pantai pandansari hehe

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com