Wednesday, February 3, 2016

Printilan-Printilan yang Saya Bawa Saat Traveling

Memiliki hobi traveling membuat saya sedikit demi sedikit mulai mengumpukan perintilan-perintilan yang saya gunakan untuk kegiatan jalan-jalan. Saya termasuk orang yang cukup detail saat membawa barang untuk bepergian. Maka tak heran jika barang bawaan saya terkadang terlihat begitu banyak dibandingkan dengan teman-teman seperjalanan dan terkesan kurang ringkas dalam mengemasi barang. Prinsip saya sih, lebih baik well prepared daripada nanti keteteran di jalan karena ada sesuatu yang ketinggalan. 

Nah, seiring berjalannya waktu, saya mulai mengenal beberapa printilan barang yang bermanfaat digunakan selama melakukan perjalanan. Apa saja perintilan-perintilan yang biasa saya gunakan untuk melakukan perjalanan? Ini dia list barang yang biasa saya bawa :

1. Tas Ransel
Nah, selama saya bepergian, saya lebih memilih menggunakan tas ransel dibandingkan membawa koper. Alasannya adalah membawa tas backpack bagi saya lebih praktis daripada membawa koper. Terlebih lagi saya termasuk orang yang lebih banyak menggunakan jasa transportasi umum seperti bus antar kota, kereta, maupun angkot dan ojek untuk melakukan mobilisasi. Nah, saya memiliki dua buah tas ransel yang saya gunakan dalam perjalanan. Keduanya sih saya sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk bepergian selama tiga atau 5 hari, saya memilih menggunakan tas ransel berukuran kurang lebih 20-25 liter. Tas ransel dengan ukuran tersebut sudah pas untuk mengakomodir barang bawaan saya selama perjalanan. Nah, untuk kegiatan naik gunung, saya memilih menggunakan tas carrier karena daya tampungnya lebih banyak. Tau sendiri kan naik gunung membutuhkan persiapan yang lebih matang dan barang bawaan yang sedikit lebih banyak dibandingkan dengan jalan-jalan di daerah perkotaan, pantai dan sebagainya. Untuk tas ransel saya tidak memiliki kriteria khusus sih, yang penting nyaman dikenakan, bahannya cukup tebal, dan bagian bantalan bahu pilih bahan yang empuk agar tidak sakit saat digunakan untuk memikul beban di dalam tas.

Tas ransel yang biasa saya gunakan untuk bepergian keluar kota
2. Tas Selempang Kecil
Barang berikutnya yang wajib saya bawa adalah tas selempang kecil. Fungsinya sih untuk meletakkan kamera, alat tulis, blocknote, handphone, dan tentu saja sejumlah uang yang saya gunakan untuk membayar karcis selama perjalanan. Tak lupa juga saya membawa uang kecil untuk berjaga-jaga ada pengamen atau untuk membayar jasa toilet saat perjalanan. Untuk dompet dan surat-surat berharga lainnya saya letakkan di tas ransel biasanya. Nah, untuk data diri seperti KTP biasanya saya letakkan di tas selempang kecil ini agar lebih praktis mencarinya ketika akan digunakan seperti untuk cek in tiket kereta api, atau pemeriksaan di pelabuhan. Saya termasuk orang yang malas mengantongi dompet atau uang di bagian saku celana sih, karena saya merasa kurang praktis dan menjadikan kurang nyaman bergerak jika harus mengantongi barang-barang tersebut di saku celana. Jadi keberadaan tas selempang kecil ini cukup membantu untuk membawa barang-barang dengan ukuran kecil yang dibutuhkan selama perjalanan.


3. Folding Bag
Saya menyebutnya tas ajaib. Karena tas ini bisa dilipat secara ringkas dan ketika dibuka bisa membawa barang cukup banyak. Folding bag ini berfungsi sebagai ganti day pack yang biasa saya gunakan ketika berkeliling menikmati lokasi yang saya kunjungi. Saya memilih untuk meninggalkan ransel di penginapan dan menggunakan folding bag untuk membawa barang-barang yang saya perlukan ketika jalan-jalan di lokasi. Karena bahannya yang tipis dan ringkas, maka barang yang dibawa memang tidak bisa terlalu berat. Paling-paling folding bag saya hanya saya isi kamera, air minum, dan barang-barang kecil lainnya untuk jalan-jalan di lokasi. "Loh, bukannya kamu udah ada tas selempang kecil Dik? Kok masih bawa folding bag lagi?". Nah, ada ceritanya sih mengapa saya memasukkan folding bag dalam list printilan yang saya bawa ketika bepergian. Dulu saya lebih mengandalkan membawa tas selempang ketika jalan-jalan di lokasi wisata yang saya kunjungi. Nah, saya kan termasuk tipe orang yang gampang haus dan harus mempersiapkan air minum selama di perjalanan. Waktu di Bromo dan Baluran saya merasa ribet harus menenteng botol air minum ketika berkeliling. Menenteng botol air minum juga membuat saya kurang leluasa untuk mengambil gambar saat di lokasi. Maka, saya mulai searching lah di internet tentang tas yang ajaib ini. Akhirnya saya pun memutuskan untuk membelinya guna menunjang kegiatan jalan-jalan saya.

Folding Bag, "tas ajaib" nan ringkas namun muat membawa cukup banyak barang
4. Sepatu
Saya termasuk tipe orang yang memilih untuk berjalan kaki ketika menikmati lokasi yang saya kunjungi. Nah, kebutuhan akan alas kaki yang nyaman sangat vital saya perlukan, terlebih saya memang suka berjalan kaki. Alas kaki yang nyaman tentu sangat penting demi kenyamanan kaki untuk berjalan kaki. Salah satu alas kaki yang saya suka kenakan adalah sepatu. Saya tidak terlalu fanatik dengan salah satu merk tertentu sih untuk pilihan sepatu. Faktor utama yang penting adalah masalah kenyamanan dan mudah dipadu-padankan dengan atasan yang saya kenakan. Makanya, saya lebih memilih warna-warna sepatu yang netral. Saya lebih memilih sepatu dengan sol yang agak tebal sehingga lebih nyaman dikenakan untuk berjalan. Saya pernah memiliki pengalaman buruk mengenakan sepatu lawas yang solnya sudah tipis. Walhasil telapak kaki saya terasa linu, belum lagi bagian betis yang cepat terasa capek karena salah memilih sepatu untuk berjalan. Nah, untuk kegiatan khusus seperti naik gunung, saya sengaja memilih sepatu jenis outdoor yang lebih nyaman dikenakan untuk kegiatan mendaki.

Sepatu andalan saya ketika mendaki gunung
5. Sandal Gunung
Selain sepatu, saya biasanya juga membawa sandal gunung ketika melakukan perjalanan. Nah, kalau sepatu biasa saya kenakan ketika dalam perjalanan atau sedang melakukan city tour, sedangkan sandal gunung biasanya saya kenakan untuk acara santai atau pas main-main ke pantai. Alasan saya memilih sandal gunung karena nyaman dikenakan dan juga nyaman ketika digunakan untuk berjalan kaki. Oh iya, saya lebih memilih model sepatu sandal daripada sandal jepit untuk sandal gunung ini sih.

Sandal gunung saya yang sudah terlihat buluk nan mengenaskan namun masih nyaman dikenakan
6. Jaket
Nah, item satu ini wajib dibawa ke mana pun saya pergi. Selain untuk menghalau udara dingin, jaket juga bisa menjadi item fashion yang menunjang penampilan serta property yang menarik saat mengambil gambar ketika sedang berada di lokasi wisata. Untuk perjalanan antar kota, saya memilih mengenakan jaket yang ringkas, biasanya berbahan sejenis katun karena ringan untuk dikenakan. Nah, kalau kegiatan outdoor seperti mendaki gunung sih saya mempersiapkan jaket khusus yang bisa menghalau udara dingin.

Kemarin sih saya sedang iseng-iseng browsing di internet untuk mencari informasi perintilan-perintilan apa saya yang berguna untuk melakukan kegiatan traveling. Browsing sana-sini akhirnya saya nyangkut di laman koleksi Eiger di ZALORA. Sudah tak diragukan lagi kan kualitas produk Eiger yang fokus dengan produk-produk outdoor gear nya. Duh, jadi pengen Eiger Eg Trail Run nya nih ! Yuk ah nabung dulu biar bisa beli perintilan-perintilan yang dibutuhkan untuk kegiatan traveling !

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com