Saturday, May 21, 2016

Aksi Untuk Borobudur Bersama Komunitas Yogyakarta Night At The Museum

Candi Borobudur merupakan salah satu mahakarya Indonesia yang termasyur keberadaannya. Candi Budha terbesar di Indonesia yang berada di Kabupaten Magelang ini selalu menjadi primadona kunjungan wisatawan yang sedang bertandang di Jogja dan sekitarnya. Candi Borobudur memiliki fungsi yang beraneka ragam. Selain menjadi tempat wisata, Candi Borobudur merupakan bangunan suci dan tempat untuk melakukan ritual keagamaanbagi umat Budha. Candi Borobudur juga memiliki peran edukatif, selain menjadi tempat belajar sejarah, candi ini juga kerap digunakan untuk sarana penelitian dan pengembangan ilmu pengetahuan. Karena fungsinya yang beragam, maka tak heran jika Candi Borobudur selalu ramai didatangi oleh pengunjung.


Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan peradaban masa lalu yang adi luhung. Keindahan bangunan dan reliefnya tentu sudah diakui dunia. Sebagai salah satu peninggalan penting di dunia, Candi Borobudur ditetapkan sabagai salah satu situs warisan dunia (World Heritage) yang diresmikan oleh UNESCO pada tahun 1991 silam. Kini, hampir dua puluh lima tahun sudah Candi Borobudur resmi diakui UNESCO sebagai salah satu situs warisan dunia (World Heritage) yang wajib kita jaga keberadaannya.

Di balik kemegahan dan keindahan Borobudur, situs kebanggaan Indonesia dan dunia ini menghadapi beberapa tantangan seperti ancaman kerusakan yang disebabkan oleh beberapa faktor, baik faktor alam maupun non-alam. Sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita perlu mengetahui dan memahami bagaimana upaya-upaya untuk melestarikan, melindungi, dan memelihara situs warisan dunia tersebut agar terjaga keberadaannya. sebagai generasi muda, sudah seharusnya kita perduli dengan upaya pelestarian dan penyelamatan Situs Candi Borobudur ini.

Dalam rangka memperingati dua puluh lima tahun penetapan Candi Borobudur sebagai salah satu situs warisan dunia (World Heritage) oleh UNESCO, Komunitas Yogyakarta Night at The Museum mengajak kita semua melakukan aksi nyata pelestarian dan perlindungan Candi Borobudur agar tetap terjaga keberadaannya. Komunitas Yogyakarta Night at The Museum bekerja sama dengan Balai Konservasi Borobudur akan mengadakan acara yang bertajuk Aksi Untuk Borobudur yang akan diadakan pada tanggal 27-29 Mei 2016. Acara ini akan diselenggarakan di dua lokasi, yaitu Benteng Vredeburg dan Candi Borobudur. Acara Aksi Untuk Borobudur tentu akan dikemas dengan menarik. Ada acara pameran, talkshow, bedah film, kampanye dari generasi muda untuk menyelamatkan Candi Borobudur, dan juga Kelas Heritage di mana para peserta akan diajak untuk terjun langsung ke Candi Borobudur untuk melakukan aksi nyata menyelamatkan dan melestarikan keberadaan Candi Borobudur yang agung. Untuk acara Aksi Untuk Borobudur di Benteng Vredeburg ini gratis ya, cuma bayar retribusi tiket masuk ke dalam benteng saja :)

Nah, untuk kalian yang berminat mengikuti #KelasHeritage di Candi Borobudur, silahkan daftar ke Mas Erwin di nomor +628995007066 ya, karena peserta #KelasHeritage ada kuotanya. Untuk kontribusi mengikuti #KelasHeritage, peserta diwajibkan membayar Rp 50.000,00 untuk biaya transportasi dari Jogja, kegiatan acara, dan sebagainya. #KelasHeritage sendiri akan dilaksanakan pada hari Minggu, 29 Mei 2016. Meeting point di Jogja dan nanti para peserta akan diajak langsung menuju Candi Borobudur di Magelang untuk belajar bersama serta melakukan aksi nyata penyelamatan Candi Borobudur ini. So, jangan ketinggalan mengikuti acara Aksi Untuk Borobudur ini ya !

Salam konservasi !
Kunjungi, Lindungi, dan Lestarikan !

Komunitas Yogyakarta Night At The Museum
CP : Erwin +628995007066 
twitter @malamuseum

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com