Wednesday, January 18, 2012

Kuliner : Selat Solo "Mbak Lies"




Jika ditanya apa saja kuliner khas dari Kota Solo, jawabnya sih macem-macem ya, ada cukup banyak kuliner khas dari kota ini dan tentu saja rasanya dijamin akan menggoyang lidah Anda. Satu lagi kuliner khas Kota Solo yang sangat terkenal yaitu selat Solo. Makanan yang terdiri dari beberapa potong sayur, potongan daging sapi, dan juga diberi kuah dengan cita rasa manis, legit, dan gurih ini dijamin akan membangkitkan selera makan bagi siapa saja yang mencicipinya.



Di Solo sendiri ada satu warung selat yang sangat terkenal, yaitu warung selat "Bu Lies". Terletak di sebuah gang kecil yang hanya muat dilewati satu mobil saja, warung ini berada di Kampung Serengan, Solo. Ancer-ancernya cukup mudah, dari arah Pasar Klewer lurus saja ke arah barat hingga perempatan Singosaren Plaza, dari perempatan belok ke kiri (arah selatan) lurus hingga menemui lampu merah. Dari perempatan lampu merah lurus saja hingga menemui gang pertama di kiri jalan. Tak perlu khawatir kesasar karena di pojok sebelum masuk gang terdapat papan petunjuk arah letak warung selat ini. Karena awalnya saya tidak tau arah menuju warung selat ini, saya memutuskan untuk naik becak dari Singosaren Plaza, dengan membayar Rp 10.000,00. Rata-rata tukang becak di sini tau letak warung selat ini, jadi jika Anda bingung untuk menuju warung selat ini, tidak ada salahnya untuk menggunakan jasa becak untuk menuju ke sana.


Warung selat ini sangat terkenal dan pernah beberapa kali masuk acara liputan di televisi, termasuk acara kulinernya Pak Bondan. Selat Solo merupakan makanan yang terdiri dari potongan wortel, buncis yang direbus, ditambah daun selada, acar mentimun, irisan bawang merah, lalu ditambah irisan kentang goreng, potongan daging sapi yang dimasak manis, dan juga galantin (olahan dari gilingan daging sapi) diberi mustard lalu disiram dengan kuah yang tidak terlalu kental yang rasanya manis, gurih, legit, dan memberikan sensasi rasa segar. Menurut saya sih kunci dari selat Solo terletak pada kuahnya, lalu kesegaran bahan-bahan isinya.



Selain menyediakan makanan dengan rasa yang yummy, warung selat Solo Bu Lies ini juga memiliki konsep tempat makan yang cukup unik. Suasana homy langsung terasa ketika memasuki warung ini. Memang sih ada kesan sedikit "berantakan" karena ornamen-ornamen di warung, tapi menurut saya sih lebih terlihat artistik dengan adanya ornamen-ornamen itu. Banyak sekali keramik, guci Cina serta lukisan-lukisan yang menghiasi dinding warung ini.


Untuk icip-icip saya kali ini, saya memesan selat galantin kuah segar dan minumannya adalah es campur. Untuk satu porsi selat ini dibandrol dengan harga Rp 9.500,00 satu porsi, sedangkan es campurnya dibandrol dengan harga Rp 6.500,00 per mangkok. Bagi Anda yang penasaran dengan rasa selat yang legit, gurih dan manis serta suasana tempat yang sangat homy, monggo mampir ke Warung Selat Bu Lies jika Anda sedang berada di Kota Solo.

3 comments:

  1. http://warungselat.dagdigdug.com/
    http://warungselat.wordpress.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah ini ownernya warung selat bu lies ya gan :D

      Delete
  2. Sayang tulisan bagus begini kalau nggak dibukukan.

    Perkenalkan, kami dari Herya Media siap membantu membukukan tulisan: novel, cerpen, kumpulan puisi, esai, bahkan curhat dengan jaminan harga paling MURAH dan kualitas TERBAIK, serta bisa cetak satuan. Cek penawaran menarik kami di: http://www.heryamedia.com/produk/cetak-buku-supermurah/

    Bahkan bisa membantu mengumpulkan tulisan di blog menjadi buku cek disini: http://www.heryamedia.com/produk/kumpulkan-tulisan-di-blog-jadi-buku/
    Kirimkan segera naskahnya ke email: heryamedia@yahoo.com
    SMS/ Telp: 0877-80538726/ 021-8762566
    WA: 0877-678666622
    Website: www.heryamedia.com

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com