Saturday, January 7, 2012

Warung Brongkos Bu Handayani Selatan Alun-Alun Kidul


Akhirnya kembali lagi mulai penjelajahan di Yogyakarta. Untuk tulisan kali ini saya ingin berbagi informasi warung makan yang taste nya oke punya dan dijamin tidak bikin kantong jebol, maklum lah anak kost, naluri makan nikmat tapi di kantong juga hemat. Ingin cari kuliner khas Jogja selain gudeg yang sudah melegenda? Brongkos, kuliner khas Jogja yang satu ini bisa Anda jadikan alternatif kuliner yang perlu dicicipi ketika di Jogja.

Salah satu warung brongkos yang sering saya kunjungi adalah warung brongkos Bu Handayani yang letaknya di Jalan Gading nomor2 atau tepatnya di sebelah selatan Alun-Alun Kidul. Warung ini berada tepat di pojok jalan menuju Plengkung Gading dari arah Alkid (Alun-Alun Kidul). Warung ini buka dari pagi sekitar pukul 07.00 sampai dengan sore. Brongkos cocok untuk teman sarapan maupun makan siang.


Brongkos sendiri sekilas memang mirip dengan rawon yang dari Jawa Timur karena kuahnya yang hitam kental yang terbuat dari campuran keluak. Brongkos sendiri memiliki cita rasa gurih karena kuahnya perpaduan dari santan dan diberi kuah dari rebusan daging. Brongkos sendiri merupakan semacam sayur yang memiliki kuah yang hitam dan cukup kental, yang terdiri dari campuran kacang tolo, potongan tahu, yang diberi kuah daging yang dicampur dengan santan, keluak, potongan cabe dan bumbu-bumbu lainnya. Rasa brongkos sendiri sangat khas, yaitu rasa gurih yang mendominasi.

Brongkos Bu Handayani menurut saya merupakan salah satu warung brongkos yang recomended. Dalam penyajiannya, satu piring nasi brongkos terdiri dari nasi, sayur brongkos yang berisi kacang tolo dan potongan tahu, kerupuk, dan juga satu buah telur bebek utuh. Untuk menemani makan brongkos, biasanya saya memesan es campur, yang terdiri dari kelapa muda dicampur dengan tape dan sirup serta diberi santan. Pas sekali disantap pas siang hari.


Untuk harga seporsi nasi brongkos dihargai Rp 7.500,00 dan segelas es campur Rp 3.500,00, murah bukan?! Dijamin perut kenyang dan dompet aman deh. Selain nasi brongkos, ada menu lain yang bisa Anda pesan, seperti nasi soto atau nasi rames. Tapi menurut saya sih menu yang spesial di sini ya nasi brongkosnya. Bagi Anda yang penasaran dengan cita rasa nasi brongkos alkid, monggo mampir ke warung brongkos Bu Handayani ini.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com