Monday, July 2, 2012

Menghabiskan Senja di Kopitiam Oey Jogja


Kebanyakan galau akademik memang membuat saya lebih banyak butuh tempat pelarian untuk sejenak menenangkan diri lari dari rutinitas. Salah satu tempat yang menjadi "pelarian" saya untuk menghabiskan waktu adalah Kopitiam Oey Jogja (baca : Kopitiam Wi), yang merupakan salah satu jaringan rumah makan milik Pak Bondan Winarno yang terkenal dengan acara kulinernya itu. Inilah yang mebedakan kopitiam yang satu ini dengan kopitiam-kopitiam yang lain. Hmmm...agak bingung juga mau menyebutnya rumah makan atau cafe ya, karena konsepnya cukup unik. Mau dibilang rumah makan tapi tempatnya tidak terlalu luas dan menu makanannya tidak terlalu variatif, tapi jika dibilang cafe tempatnya terlalu luas untuk ukuran cafe dan menu makanannya cukup berat. Satu lagi, nama tempat ini mengandung kata-kata "kopi", dan tagline dari tempat ini adalah "Koffie Manteb, Harganja Djoedjoer" jadi yang saya pikir adalah tempat ini spesialisasi menjual menu kopi berpadu dengan nuansa galau, eh masa lampau.


Entahlah, yang pasti tempat yang satu ini sangat homy dengan nuansa bangunan tempoe doeloe, perpaduan antara arsitektur Belanda dipadukan dengan ornamen-ornamen hiasan khas Tionghoa. Tempat ini memang telah dijadikan sebagai salah satu bangunan cagar budaya oleh pemerintah Kota Jogja. Bangunan Kopitiam Oey Jogja ini dibangun sekitar tahun 1923, jadul banget kan? Tak hanya tempatnya yang memiliki nuansa tempoe doeloe, daftar menunya pun juga menggunakan ejaan lama yang belum disempurnakan yang semakin menambah nuansa jadul dari tempat yang satu ini.



Kebetulan sore itu saya sedang galau akut dan butuh semacam pelarian, jadilah saya mendamparkan diri ke Kopitiam Oey Jogja sambil menikmati beberapa sajian di tempat tersebut. Kopitiam Oey Jogja terletak di Jalan R.W. Monginsidi nomor 19 Jogja, lokasinya cukup strategis kok, antara Jalan Magelang dan Jalan A.M Sangaji tepatnya sih di sebelah barat perempatan Jetis. Berhubung masih sore dan saya tidak ingin makan makanan yang berat, saya putuskan untuk memesan Fish n' Chips sebagai kudapan ditemani dengan segelas Milo Dinosaurus plus ditemani netbook jadilah saya sukses menggalau sore itu.

Oke mari mulai kita review menu yang saya pesan sore itu :)


Fish n' Chips
Melihat daftar menu yang disajikan, saya pun memutuskan untuk memesan fish n' chips sebagai teman kudapan bersantai sore. Di dalam penyajiannya, menu ini terdiri dari enam buah bulatan ikan yang digoreng dengan balutan tepung, kentang goreng, dan saus mayonaise. Untuk ikan goreng tepungnya sendiri memang kurang terasa krispi, lebih menojolkan tekstur dan rasa dari si ikan. Saya kurang tahu sih ikan apa yang dipakai sebagai bahan, tapi taste and smell dari si ikan sangat terasa. Menurut saya masih kurang nendang bumbu-bumbu yang dipakai untuk memasak si ikan, saus mayonaisenya juga sangat kental dan agak sedikit rasa getar. Satu porsi menu fish n' chips ini dibandrol dengan harga Rp 22.000,00. Ya menu ini memang bukan andalah dari resto ini, namun lumayan lah sebagai kudapan. Nilai yang saya berikan (7/10) untuk menu fish n' chips ini.

Beberapa menu makanan yang menjadi andalah tempat ini adalah Mie Kepiting Pontianak, nasi goreng kambing, bakmie jawa, ada juga kuliner khas Jogja seperti Brongkos Bringharjo dan Gudeg Manggar. Nah menu Gudeg Manggar ini spesial karena hanya disajikan saat akhir pekan saja. Sayang pas saya bertandang kebetulan bukan akhir pekan.


Milo Dinosaurus
Nah, menu yang satu ini adalah salah satu menu andalan dari resto yang satu ini. Tak salah memang jika banyak pengunjung yang memesan menu yang satu ini. Bahan dasarnya memang dari susu Milo, diberi sentuhan wipe cream di atasnya, dan diberi topping saus strowbery sebagai pemanis tampilan, serta bubuk susu Milo di sela-sela wipe creamnya. Pantas saja menu ini diberi embel-embel nama dinosaurus, karena dalam penyajiannya disajikan di dalam sebuah gelas dengan ukuran yang cukup besar. Rasa manisnya pas, dan yang pasti akan membuat Anda cukup kenyang. Segelas milo dinosaurus ini dibandrol dengan harga Rp 18.000,00. Nilai yang saya berikan untuk milo dinosaurus ini adalah (9/10)


Oh iya di dalam penyajian menu-menu yang kita pesan, kita akan mendapatkan free cemilan berupa stik cumi-cumi, lumayan sebagai teman mengunyah, hehehe. Satu lagi, harga-harga yang tercantum di menu belum termasuk pajak 10% dari menu yang kita pesan lho. Tempat ini lumayan nyaman sebagai tempat kumpul keluarga, tempat meeting ataupun sekedar nongkrong bersama teman. Jam bukanya juga lumayan lama, mulai dari jam 07.00 sampai dengan pukul 24.00 malam. Penasaran dengan suasana dan juga hidangan yang disajikan? Monggo pinarak wonten Kopitiam Oey Jogja.

6 comments:

  1. Hmm.. mantap..
    nyesel mampir kemari... bikin laper nih..hehe
    sukses selalu

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih bro kunjungannya
      jangan sungkan untuk berkunjung lagi :P
      hehehe

      Delete
  2. Replies
    1. monggo langsung mampir ke TKP gan dan icip2 menu di sana :)

      Delete
  3. sedang mencari alamat kopitiam jetis, eh nyasar ke sini.
    thanks sharingnya ... salam kenal :)

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com