Thursday, October 10, 2013

Es Krim Tentrem - Es Krim Legendaris dari Kota Solo

Namanya mungkin belum setenar semacam Toko Oen yang berada di Kota Malang, namun tempat ini memiliki sebuah persamaan, yaitu sama-sama menyajikan es krim jadul buatan rumahan alias home made. Adalah Es Krim Tentrem, sebuah gerai es krim sederhana di kawasan Jalan Jend. Urip Sumoharjo yang sudah berdiri sejak tahun 1952. Gerai ini menawarkan es krim jadul buatan rumahan dengan rasa yang tak kalah enak dengan es krim modern yang diproduksi sekarang.


Sesuai dengan namanya, yaitu "Tentrem", tempat ini memang menawarkan suasana tempat yang cukup nyaman. Hadirnya menu es krim memang semakin menimbulkan rasa tentram bagi siapa saja yang mampir di sana. Memasuki bagian dalam ruangan, kita akan disambut dengan meja panjang dilengkapi dengan dua buah kursi single serta sebuah kursi panjang yang terbuat dari rotan yang diberi alas busa tipis sehingga cukup nyaman untuk diduduki. Pada masing-masing meja diberi sebuah penyekat dengan motif ukiran sehingga memberikan sedikit nuansa privat antara meja yang satu dengan meja yang lain.




Es Krim Tentrem memang hanya menyediakan menu es krim tanpa ada menu pendamping lainnya. Beberapa menu varian es krim dapat kita pesan di gerai ini. Sebut saja country look, combinasi, rum n coffee, tutti frutty, pink panther, robin rose, jumbu specials, terang bulan, banana split, mini rob rose, domino, kopso cream soda, Mr. clown, mandarin block, coupe yaques, dan casablanca. 


Saya pun tertarik untuk memesan beberapa varian es krim yang disajikan. Menu pertama yang saya coba adalah Mr. Clown. Penyajiannya terkesan unik dan menarik. Satu scoop es krim vanila diletakkan di sebuah cone, kemudian dibalik diberi hiasan seperti wafer cokelat, biskuit, dan juga taburan permen cokelat. Tampilan Mr. Clown lebih mirip seperti boneka yang menggunkan sebuah topi, lucu, unik, dan tentu saja imut menggemaskan. Rasa valina cukup mendominasi sajian menu es krim yang satu ini. Tampilannya yang terlalu imut memang membuatnya sedikit sayang untuk dihabiskan.



Menu selanjutnya yang saya pesan adalah mandarin block. Dilihat bentuknya sekilas memang mirip dengan roti mandarin khas dari Kota Solo, yaitu potongan kue berbentuk kotak yang terdiri dua hingga tiga layer warna pada setiap potongnya. Selain mandarin block, ada lagi satu inovasi varian menu yang cukup tren sekarang ini, yaitu rainbow ice cream. Rainbow ice cream varian es krim dengan warna-warni beragam seperti pelangi. Baik mandarin block maupun rainbow ice cream memiliki sebuah kesamaan, yaitu sama-sama memiliki rasa vanila yang cukup mendominasi di setiap gigitannya.


Dari beberapa menu yang saja coba, sepertinya saya jatuh cinta dengan tutti frutty, es krim vanila bercampur cokelat yang berbalut dengan taburan potongan buah-buahan di bagian tengah serta memiliki aroma yang khas. Namun lagi-lagi rasa vanila kembali cukup mendominasi setiap gigitan es krim ini. Mungkin saja gerai es krim ini memiliki spesialisasi rasa vanila pada setiap menunya. Soal harga jangan khawatir, es krim yang dijual di gerai ini memiliki harga yang cukup nyaman bagi kantong. Varian menu yang disajikan hanya dibandrol mulai dari Rp 5.000,00 sampai Rp 11.000,00 setiap porsinya, cukup murah bukan untuk menikmati es krim jadul ini?

Gerai yang didirikan oleh Sulaiman, seorang keturunan Tionghoa ini memang selalu mengedepankan kualitas bahan dan rasa. Es krim home made ini dibuat dengan bahan-bahan pilihan diracik menggunakan resep otentik yang selalu dipertahankan sehingga terjaga kualitas rasanya. Es krim ini tidak menggunakan bahan pengawet dan pewarna buatan. Hal ini terlihat dari warna es krim yang cenderung pucat dan tidak terlalu mencolok. Penggunaan bahan-bahan pilihan inilah yang membuat es krim ini tidak menyebabkan batuk. Jika Anda mampir ke Kota Solo, tak ada salahnya untuk mampir di gerai Es Krim Tentrem ini. Anda pun dapat menikmati manisnya es krim sambil bersantai bersama teman maupun keluarga di gerai yang satu ini.

keterangan :

  • Es Krim Tentrem terletak di Jalan Urip Sumoharjo No. 97 Solo, telp (0271 635597)
  • lokasinya tidak jauh dari Toko Roti Orion, sekitar 3 kilometer dari Pasar Gede Solo
  • gerai ini buka setiap hari mulai pukul 10.00 sampai dengan pukul 16.00 WIB
  • jika Anda menggunakan bus Solo Batik Trans dari arah Stasiun Purwosari, silahkan turun di shelter Warung Timlo Solo. Dari shelter bus silahkan berjalan kaki ke arah kiri (tidak menyeberang jalan ya),  lokasinya tidak jauh dengan shelter bus tersebut kok :)

18 comments:

  1. tutti fruttinya sama kayak di ragusa, es krimnya mirip kue haha..
    apa paling mahal 11 ribu? murah banget di jakarta paling murah sekitar 10 ribu :(

    ReplyDelete
    Replies
    1. tutti frutty nya juga mirip sama di Toko Oen Malang
      cuma rasanya masih juara yg ini :D

      iyap paling mahal cuma 11 ribu, kemarin aja aku sampai melototin mata liatin harganya yang lumayan terjangkau ini =))

      Delete
  2. wah... boleh ini, sama es krim Tip Top seberang rumah aja masih murah ini? Kok bisa murah ya? Nggak ada rasa santannya toh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. kurang tau kenapa bisa murah mas
      padahal rasa dan teksturnya mirip sama es krim di Toko Oen Malang
      tapi menurutku lebih enak yang ini sih

      dari beberapa menu kayaknya ga ada campuran santan, kalau mampir di Solo silahkan coba deh mampir ke sini

      Delete
  3. Salam

    Berbagi Kisah, Informasi dan Foto

    Tentang Indahnya INDONESIA

    www.jelajah-nesia2.blogspot.com

    www.jelajah-nesia.blogspot.com

    ReplyDelete
  4. Untungnya nggak banyak anak2 alay yang nongkrong ditempat ini, jadi cukup nyaman suasananya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. anak-anak gaol kan nongkrongnya di SGM mas :P

      Delete
  5. saya follower blognya panjenengan loh mas,, semenjak ngikutin blog ini saya rajin jalan jalan dan nyadar kalo jogja bukan cuman malioboro (kemana aja sayyyaaaa ×_×)
    makasi reviewnya sangat jelas dan membantu. fotonya juga gak menipu
    hehehe

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jogja itu banyak tempat-tempat yang menarik mbak
      ga cuma landscape, kultur sama kulinernya juga ga kalah ciamik :)

      matur nuwun lho mbak udah mampir ke blog saya :D

      Delete
  6. wowwww seriusan itu gan dari tahun 1952?
    sampe sekarngpun masih ada?
    wihhh keren,
    untuk saat ini harganya dari berapa hingga berapa gan?
    terimakasih ;)

    kunjungi juga http://tanjungherbal.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya masih ada kok
      harganya murah, mulai dari 5k sampai 15k per-porsinya :D

      Delete
  7. yuuuks intip apa saja manfaat es batu untuk kecantikan :)

    ReplyDelete
  8. waduhhh udah lama juga ya masih bertahan (y)

    klik klik klik http://mobildatsunbandung.com/

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya tempat ini menjadi salah satu kedai es krim legendaris yang ada di Indonesia :)

      Delete
    2. emang yang di pasar gede masih buka

      Delete
    3. entahlah, lama ga ke Solo
      kalau di Ngarsopuro ada Es Krim Tentrem yang new conceptnya

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com