Monday, October 28, 2013

Jatuh Hati pada Tutti Frutti di Zangrandi

Keberadaan toko-toko yang menjual es krim jadul semakin membuat saya penasaran untuk mencobanya satu per satu. Kali ini saya menyambangi gerai es krim Zangrandi, sebuah gerai es krim jadul yang berada di kota Pahlawan, Surabaya. Dilihat dari sejarahnya, es krim Zangrandi ini didirikan oleh seorang berkebangsaan Italia yang bernama Renato Zangrandi. Es krim ini mulai dibuka pada tahun 1930, seumuran dengan gerai Toko Oen yang berdiri di Kota Malang.



Eksistensi gerai Zangrandi ini memang tidak bisa dilepaskan dengan resep es krim home made otentik yang dipertankan hingga sekarang ini, pun demikian dengan nuansa tempo dulu yang langsung menyambut kedatangan kita ketika berada di bagian depan kedai es krim ini. Kursi-kursi rotan berpostur rendah bercat merah berjajar rapi menghadap ke jalan Yos Sudarso yang ramai dengan lalu lalang kendaraan. Jika Anda ingin suasana yang lebih tenang, Anda pun dapat memilih meja yang ada di bagian dalam. Di bagian dalam ruangan toko Zangrandi ini lebih mengedepankan nuansa minimalis modern yang homey.




Setelah membolak-balik buku menu, saya pun tertarik untuk mencicipi tutti frutti, salah satu menu varian es krim andalan di Zangrandi ini. Ada beberapa varian rasa pada menu tutti frutti yang bisa Anda pilih. Ada rasa vanila, mocca atau cokelat. Saya pun memesan tutti frutti rasa cokelat. Tak berapa lama kemudian sepotong es krim berbentuk segitiga pun tersaji di atas meja. Aroma cokelat dan rasa manisnya pas sehingga tidak menimbulkan rasa eneg. Rasa dan tekstur tutti frutti di Zangrandi ini menurut saya memang paling juara dibandingkan dengan tutti frutti yang dijual di Toko Oen Malang maupun Es Krim Tentrem di Solo. Walaupun termasuk ke dalam golongan es krim jadul, namun tektur es krim di Zangrandi ini boleh dikatakan cukup lembut. Satu hal yang menurut saya agak disayangkan adalah taburan buah pada es krim ini masih kurang banyak. Saya membuat sedikit perbandingan antara  tutti frutti milik Es Krim Tentrem dan Es Krim Zangrandi ini. Soal tekstur dan rasa saya memilih tutti frutti milik Es Krim Zangrandi, sedangkan untuk aroma dan topping buah saya lebih memilih tutti frutti milik Es Krim Tentrem


Seporsi tutti frutti dihargai Rp 24.000,00. Jika dilihat dari harga-harga yang tertera di dalam menu memang cukup mahal. Harga untuk menu es krim ditawarkan mulai dari 20 ribuan hingga 40 ribuan per-porsinya. Walau memang agak menguras isi kantong, namun memang cukup sebanding dengan rasa serta suasana tempat yang ditawarkan. Selain es krim, gerai ini juga menawarkan makanan pendamping seperti pastel, kroket, risoles, bahkan juga pizza. Menikmati es krim Zangrandi memang paling tepat di sore hari menjelang senja. Sepotong es krim ditemani dengan pemandangan lalu lalang kendaraan yang melintas, serta lampu-lampu bangunan yang mulai menyala, semakin menambah semaraknya suasana Kota Surabaya menjelang malam. Tak salah memang menghabiskan senja bersama kawan sambil menikmati es krim di gerai Es Krim Zangrandi ini.


Es Krim Zangrandi
berada di Jalan Yos Sudarso no 15 Surabaya
telp (031) 5345820, (031) 5461490
gerai es krim ini mulai buka dari pukul 10.00 hingga pukul 22.00 WIB

cara menuju ke sana dari arah Jembatan Merah Plaza (JMP) : silahkan naik angkot jurusan Bratang, turun pertigaan jalan depan Gedung Balaikota Surabaya, kemudian menyeberang jalan, jalan kaki saja di sebelah kiri, lurus ke arah sungai, kemudian menyeberang jalan dan jembatan, lokasi es krim Zangrandi ini tidak jauh dari jembatan tersebut.

2 comments:

  1. Salam kenal andika :). Senang sekali bisa mampir dan membaca postingan tulisannya. Yap sebagai pencari informasi "bagaimana menuju ke" di google, tulisan2 Andika memang layak dikunjungi. Terima kasih. Terus berbagi petualangannya ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir ke blog saya :D

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com