Saturday, November 9, 2013

Es Krim Tip Top - Es Krim Jadulnya Kota Jogja

Mengunjungi kedai-kedai makanan yang sudah berdiri sejak jaman dahulu dan tetap mempertahankan rasa serta tata ruang tempat memang selalu memberikan pengalaman tersendiri bagi siapapun yang mengunjunginya. Gerai es krim ini menawarkan secuil suasana nostalgia masa lampau di tengah pesatnya pembangunan di masa kini.

Keberadaan bangunan kedai es krim sederhana ini seolah mulai terdesak, sedikit tenggelam di antara bangunan-bangunan baru yang semakin pesat berdiri di bilangan Jalan Mangkubumi, Yogyakarta. Gerai es krim ini memang masih mempertahankan gaya bangunan lama, yaitu bangunan ruko dua lantai dengan dinding yang sudah mulai usang. Namun di gerai inilah, Anda dapat menemukan secuil nostalgia dalam semangkok es krim jadul yang dibalut dengan suasana toko yang masih mempertahankan interior dan furnitur dari masa lalu.


Adalah kedai Es Krim Tip Top, salah satu kedai es krim yang mulai berdiri sejak tahun 1936. Kedai es krim ini didaulat sebagai salah satu kedai es krim jadul yang masih berdiri di Indonesia. Sepanjang infromasi yang saya cari, di Indonesia sendiri masih ada beberapa kedai es krim jadul yang masih tetap buka hingga sekarang ini. Sebut saja Zangrandi di SurabayaToko Oen Malang, Toko Oen Semarang, Tip Top di Medan, Ragusa di Jakarta, PT Rasa di Bandung, dan juga Es Krim Tentrem di Solo. Masing-masing kedai es krim menawarkan nuansa tempo dulu, baik pada tata ruang maupun cita rasa es krim yang disajikan.




Memasuki bagian dalam ruangan, kita akan disuguhi dengan deretan meja dan kursi bercat putih. Meja dan kursi ini memiliki rangka dari besi, dengan postur yang dibuat pendek. Kedai ini memiliki tujuh buah meja, di mana masing-masing meja dikelilingi oleh empat buah kursi. Jujur, bagi saya terasa agak kurang nyaman memang duduk di deretan kursi ini karena posturnya yang terlalu pendek. Suasana ruangan pun didominasi dengan cat berwarna putih dan crem, dengan ornamen kaca pada bagian dindingnya. Terkesan sederhana, namun di sinilah kita diajak untuk mencicipi sepotong nostalgia dari masa lampau.


Buku menunya pun unik, selembar kertas berisi deretan menu yang dibingkai mirip seperti bingkai foto. Saya pun memesan Tutti Frutti dan Tip Top untuk saya cicipi. Dilihat dari bentuknya, tutti frutti di Es Krim Tip Top ini memang cukup berbeda dengan tutti frutti yang pernah saya jumpai. tutti frutti di Es Krim Tip Top ini berbentuk persegi empat, dengan balutan cokelat di bagian luarnya. Di bagian tengah terdapat taburan sukade. Satu lagi pembeda tutti frutti di gerai ini adalah teksturnya yang lebih keras dan kerasa lebih "alot" saat disendok. Sekilas "alotnya" mirip seperti tekstur es krim gelato. Aromanya tidak terlalu terasa kuat, serta memiliki rasa yang tidak terlalu manis, namun terasa pas saat lumer di dalam tenggorokan.


Seperti layaknya es krim jadul, bahan-bahan yang digunakan memang menggunakan bahan-bahan alami pilihan sehingga tidak menimbulkan batuk atau rasa serak di tenggorokan. Ciri khas lainnya adalah warna es krim yang cenderung berwarna pucat. Menu kedua yang saya pesan adalah es krim Tip Top, sesuai dengan nama tempatnya. Dilihat dari aroma, rasa, tekstur, boleh saya katakan bahwa es krim ini kemungkinan adalah es krim jenis baru. Jenis baru yang saya maksud adalah "umur" es krim ini mungkin lebih muda dibanding dengan menu-menu lainnya. Rasa es krim Tip Top ini cenderung lebih manis dan memiliki tekstur yang lebih halus dibandingkan dengan tutti frutti. Taburan sukade pun menambah sensasi rasa "krenyes" saat kita menikmati es krim ini.

Menurut saya, secara keseluruhan rasa yang ditawarkan es krim Tip Top ini cukup enak serta memiliki ciri khas tersendiri terutama pada tekstur es krim yang disajikan. Harga yang ditawarkan pun cukup beragam. Anda dapat menikmati es krim di gerai ini mulai dari harga Rp 10.000,00 sampai dengan Rp 37.000,00 per-porsinya. Dibandingkan dengan kedai es krim jadul lainnya, Es Krim Tip Top merupakan salah satu kedai dengan penampilan dan pelayanan yang cukup sederhana. Namun disinilah kita dapat mencicipi sepotong nostalgia dalam bentuk es krim dengan resep otentik dari masa lalu.

keterangan :
Es Krim Tip Top berada di Jalan Mangkubumi nomor 24 Jogja
telp (0274) 563682
jam buka dari pukul 09.00 sampai pukul 13.30 - kemudian tutup untuk istirahat - buka kembali pada pukul 17.00 sampai pukul 21.30
gerai ini buka dari hari Senin sampai Sabtu, sedangkan hari Minggu tutup

6 comments:

  1. Tempatnya lebih "modern" dibandingkan Es Krim Tentrem di Solo :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya mas, gara-gara ada ornamen kaca pada dindingnya :D

      Delete
  2. Pernah nyobain beberapa tahun yang lalu dan merasa sungkan karena sepi peminat

    ReplyDelete
  3. iya mbak, gerai es krim ini relatif sepi pengunjung dibandingkan dengan gerai-gerai sejenis di kota lain

    ReplyDelete
  4. Coba mampir ke de Lark Cafe di Jl.Nologaten, barat AMPLAZ. Konsep cafenya ala2 eropa gitu. Menunya pancake,sandwich, coffe, dll. Spesial menu mereka pancake. Pancakenya enak :D kalau untuk menu ice cream, ada strawberry lovers,chocolate lovers dan oreo lovers.
    Harganya juga terjangkau..

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih buat tambahan infonya mbak :)

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com