Sunday, November 27, 2011

Candi Plaosan - Candi yang Memiliki Kembaran


Satu lagi candi-candi marjinal yang menarik untuk dikunjungi. Candi Plaosan, candi yang terkenal karena bangunan candi yang identik dan terkesan kembar. Kompleks Candi Plaosan sendiri terdiri dari dua buah kompleks, yaitu Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul. Kompleks candi yang megah terdapat dibagian lor atau utara. Terletak di antara persawahan dan rimbunnya pohon jagung yang tumbuh subur di sekitar lokasi candi.



Akses menuju candi ini cukup mudah dan jalanan relatif sudah diaspal halus, namun tidak ada akses kendaraan umum, lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi agar lebih mudah untuk menuju candi ini. Secara administratif candi ini terletak di Dusun Plaosan, Desa Bugisan, Kecamatan Prambanan, Kabupaten Klaten, Jawa Tengah. Untuk menuju lokasi, langsung saja arahkan kendaraan menuju Candi Prambanan melewati Jalan Raya Jogja-Solo. Setelah sampai lampu merah sebelah timur Candi Prambanan lurus saja sampai bertemu dengan lampu merah lagi, kemudian arahkan kendaraan ke kiri (arah utara), lurus saja sampai menemukan perempatan, kemudian belok ke kanan (arah ke timur).



Jalan alternatif lainnya adalah dengan menyusuri Jalan Raya Jogja-Solo sampai di lampu merah sebelah timur Candi Prambanan, kemudian belok kiri arah ke kompleks Candi Prambanan, terus saja hingga menemukan tikungan kemudian belok ke kanan (arah timur) lurus saja sampai menemukan perempatan. Dari perempatan lurus saja hingga sampai di lokasi.



Untuk memasuki kompleks candi ini, pengunjung hanya mengisi buku tamu dan membayar retribusi seikhlasnya saja. Untuk parkir kendaraan dikelola oleh penduduk sekitar, dengan tarif parkir untuk motor sebesar Rp 1.000,00 saja.



Lokasi yang saya jelajahi adalah Candi Plaosan Lor. Candi Plaosan merupakan candi yang bercorakkan agama Budha. Candi ini mempunyai dua kelompok sub-bangunan. Sub-bangunan yang pertama memiliki dua buah bangunan candi utama yang sejajar dan menghadap ke barat. Kedua buah bangunan candi tersebut dikelilingi oleh tembok dan memiliki satu gapura pintu masuk masing-masing. Di antara kedua candi tersebut ada satu buah gapura yang menghubungkan kedua candi tersebut. Candi induk di sebelah utara terdapat relief yang menggambarkan tokoh wanita, sedangkan di bagian selatan menggambarkan tokoh pria. Di masing-masing candi induk terdapat tiga buah ruangan di dalamnya. Di dalam ruang tersebut terdapat arca Dhyai Boddhisatwa serta terdapat relief mengenai perjalanan Sang Budha. Di sekitar candi utama terdapat beberapa candi Perwara (candi pengiring) dan juga beberapa stupa yang mirip dengan stupa yang berada di Candi Borobudur. Hanya sayang masih banyak candi Perwara yang berwujud reruntuhan yang berhamburan karena proses pemugaran juga memakan waktu yang cukup lama.



Kebetulan ketika saya berkunjung ke candi ini, ada bapak-bapak yang akan melakukan ibadah di candi dan meminta saya untuk menemani beliau. Oke, ini kali pertama saya menemani orang yang sedang beribadat di candi, agak merinding juga sih mengingat lokasi candi yang cukup sepi dan membuat kesan agak sedikit horor, tapi beliau berhasil untuk membujuk saya untuk menemaninya masuk ke dalam candi. Selesai menemani bapak tersebut beribadat, saya lanjutkan menjelajahi kompleks Candi Palosan Lor ini.


Di bagian utara kompleks Candi Plaosan Lor ini terdapat sebuah tempat untuk menyimpan arca-arca, sayang beberapa arca kondisinya sudah tidak utuh lagi. Beberapa arca juga diletakkan di bangunan seperti rumah-rumahan, namun pintunya dikunci, jadi pengunjung hanya bisa melihat dari luar saja.



Seperti Candi Plaosan Lor, Candi Plaosan Kidul terletak di dusun yang sama, hanya berjarak kira-kira 50 meter dari Candi Plaosan Lor. Candi Plaosan Kidul ini hanya terdiri dari beberapa candi kecil, yang kemungkinan seperti Candi Perwara (Candi Pengiring) atau apalah saya kurang tahu.


Saya agak bingung juga dengan anggapan bahwa Candi Plaosan adalah sebuah candi kembar. Jika mengkomparasikan antara bangunan di Candi Plaosan Lor dan Candi Plaosan Kidul sepertinya sama sekali tidak ada kesamaan bangunan, tetapi jika mengkomparasikan bangunan yang ada di Candi Plaosan Lor saja memang kedua bangunan candi yang ada di kompleks ini hampir identik bangunannya atau kembar.

Bagi Anda yang mengunjungi Candi Prambanan, tak usah terburu-buru untuk meninggalkan wilayah ini, karena terdapat Candi Plaosan yang cukup menarik untuk Anda jadikan destinasi selanjutnya :D

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com