Sunday, December 4, 2011

Ini Bukan di Moskow, Rusia, Namun di Yogyakarta Lho !


Satu lagi bangunan unik yang dapat kita temui di Yogyakarta, ingat ini di Yogyakarta bukan di Moskow, Rusia ! Yak, bangunan masjid An Nurumi, yang terletak di Desa Sambisari, Kecamatan Kalasan, atau tepatnya di Jalan Raya Jogja-Solo ini memiliki keunikan pada arsitektur bangunannya. Letak keunikan bangunan masjid kecil ini terletak di bagian kubahnya yang berwarna-warni, mirip salah satu bangunan yang ada di Moskow, Rusia.

Masjid yang mulai dibangun tahun 2005 dan selesai pada tahun 2007 ini sering digunakan beribadah oleh masyarakat sekitar serta para pelancong yang melintas di wilayah ini. Keunikan arsitekturnya memang menjadi daya tarik tersendiri. Mengenai bentuk arsitektur bangunan, terinspirasi oleh salah satu bangunan yang ada di Lapangan Merah Rusia, yaitu Katedral Saint Basil.


Masjid ini memiliki sembilan menara berkubah dengan warna yang beraneka ragam serta mencolok, menurut saya sih mirip dengan permen lolipop. Selain keunikan eksteriornya, masjid ini juga memiliki keunikan di bagian interiornya. Pada bagian dalam menara terdapat tulisan ayat suci Al Qur'an, tersusun rapi dari atas sampai dengan bawah sepanjang bagian dalam menara dengan warna-warna yang cukup mencolok.

Jika Anda melewati daerah Kalasan atau Jalan Raya Jogja-Solo, tak ada ruginya jika sejenak mampir ke masjid ini untuk beribadah sekaligus menikmati keindahan arsitekturnya.

4 comments:

  1. ini yang kalau dari jogja sebelum prambanan itu ya mas? sebelum jalan masuk ke candi apa gitu.. agak lupa.. -___-

    oh ya, salam kenal juga ya

    ReplyDelete
  2. iya mas sebelum masuk daerah kalasan, di pinggir jalan raya Jogja-Solo kok letaknya :)

    salam kenal juga mas :D

    ReplyDelete
  3. gak sempat ambil bagian dalamnya ya mas?

    ReplyDelete
  4. iya mas, kebetulan pas banyak orang di dalam, jadi agak canggung buat ambil gambarnya

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com