Saturday, December 17, 2011

Candi Sambisari - Candi Unik di Bawah Permukaan Tanah


Perjalanan menjelajahi candi-candi di Yogyakarta kali saya saya lanjutkan menuju Candi Sambisari, candi yang memiliki keunikan karena letaknya lebih rendah daripada permukaan tanah. Secara adminitratif candi ini terletak di Dusun Sambisari, Desa Purwomartani, Kecamatan Kalasan, Kabupaten Sleman, Yogyakarta. Untuk menuju ke Candi Sambisari cukup mudah, rute dari Yogyakarta lewat saja Jalan Raya Jogja-Solo arah ke Prambanan, setelah pertigaan lampu merah bandara jalan lagi ke timur sampai pertigaan kecil, lalu belok ke kiri (arah utara), lurus saja hingga Anda menemukan lokasi candi. Lebih disarankan menggunakan kendaraan pribadi untuk mempermudah akses perjalanan Anda. Untuk memasuki area candi retribusi yang harus kita bayarkan cukup Rp 2.000,00 saja per-orang.



Ketika saya sampai di lokasi saya cukup terkejut dan terheran-heran dengan lokasi candi yang berada sekitar 6,5 meter di bawah permukaan tanah, memang hal inilah yang menjadi daya tarik tersendiri. Kebetulan ketika saya berkunjung, banyak turis asing yang berasal dari Asia dan beberapa orang bule yang sedang berkunjung, cukup ramai juga dibandingkan dengan situs-situs marjinal lainnya, mungkin karena keunikan letak candinya yang membuat daya tarik tersendiri. 




Jika dilihat dari atas memang candi ini akan terlihat sangat kecil, namun ketika turun ke bawah candi ini cukup besar juga menurut saya. Bangunan Candi Sambisari memiliki 1 buah candi induk dan 3 buah candi perwara. Bangunan candi induk menghadap ke barat, di bagian tubuh candi terdapat relung-relung yang ditempati oleh sebuah patung yaitu Dewi Durga di sisi utara, arca Ganesa di sisi timur, dan arca Agastya di sisi barat. Di dalam bangunan candi induk sendiri terdapat patung lingga dan yoni yang mirip seperti yang saya lihat di Candi Ijo tempo hari.


Selain pemandangan turis yang sedang mengunjungi candi ini, pemandangan sore itu juga diwarnai dengan beberapa muda-mudi yang memadu kasih di kompleks candi. Geli juga sih melihat tingkah laku mereka, padahal kan menurut mitos sih ada pantangan untuk pacaran di area candi :P

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com