Friday, February 17, 2012

Menikmati Lucunya Polah Tingkah Satwa di Kebun Binatang Gembira Loka


Liburan semester kali ini saya memang tidak memiliki rencana untuk berlibur di luar kota. Saya lebih memilih untuk tinggal di Jogja dan juga menunda untuk pulang kampung terlebih dahulu. Saya sengaja ingin menghabiskan liburan semester kali ini untuk tetap tinggal di Jogja, ya lumayan lah sekalian untuk mencari bahan ngeblog. Oke perjalanan saya kali ini adalah menuju ke Kebun Binatang Gembira Loka. Hmmm, sound that so funny, actually most of the visitors are children there who interesting with animals, tapi tidak ada salahnya kan kita berkunjung ke kebun binatang, sekalian untuk melihat tingkah lucu nan menggemaskan dari hewan-hewan yang ada di kebun binatang ini.


Sebenarnya sudah sering sih lewat di depan Kebun Binatang Gembira Loka ini, terutama jika akan menuju ke daerah Kotagede untuk berkunjung ke Makam Raja-Raja Mataram, untuk membeli Cokelat Monggo, atau sekedar mencari jajanan pasar yang rasanya manis legit yaitu jajanan Kipo. Namun, baru akhir bulan Januari kemarin saya kesampaian untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka. Kebun binatang ini berlokasi di Jalan Kusumanegara. Untuk mengunjungi Kebun Binatang Gembira Loka ini cukup mudah karena transportasi umum cukup memadai. Anda dapat menggunakan bus trans Jogja jalur 1A, 1B, 2A, dan 2B untuk menuju lokasi ini, maupun menggunakan bus kota biasa yaitu menggunakan bus kota jalur 7 atau jalur 9. Lalu kapan jam operasional kebun binatang ini? Untuk jam operasional kebun binatang ini mulai buka pada pukul 07.30 sampai dengan pukul 17.30 WIB. Tiket yang harus dibayarkan untuk memasuki kebun binatang ini adalah Rp 12.000,00 per-orang, untuk tiket terusan yaitu masuk lokasi plus naik kapal Rp 17.000,00 pada hari biasa, sedangkan pada hari Minggu/libur tiket masuk menjadi Rp 15.000,00 per-orang.




Apa saja koleksi satwa yang ada di kebun binatang ini? Koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka ini cukup beragam, mulai dari mamalia, reptilia, amphibia, burung, dan juga ikan. Untuk jenis mamalia, koleksi yang dapat kita lihat antara lain adalah gajah, kuda nil, orang utan, harimau Sumatera, rusa tutul, zebra, unta, tapir, kanguru, banteng, serta harimau Benggala. Untuk koleksi burung sendiri ada burung kakatua, burung merak hijau, burung elang, burung nuri, dan lain-lain. Dari jenis reptil dan amphibia terdapat beberapa jenis buaya, kadal, ular, kura-kura, dan beberapa jenis katak. Jenis ikan yang ada di sini antara lain ikan arapaima raksasa, ikan patin albino, dan beberapa jenis ikan lainnya. Hmm...ada juga koleksi hewan purba dari tanah NTT yaitu komodo, hanya saja komodo di sini kulitnya berwarna-warni ya, beda dengan apa yang saya lihat digambar yang ada di Pulau Komodo :D





Selain menikmati polah tingkah koleksi satwa yang ada di Kebun Binatang Gembira Loka ini, ada beberapa wahana permaianan yang dapat Anda coba. Wahana permainan tersebut antara lain adalah sekuter air, permainan ATV, perahu senggol, perahu boat, perahu banana "orca", perahu kayuh, kolam tangkap ikan, serta kapal Katamaran. Selain permainan-permainan tersebut, Anda pun juga dapat menunggangi beberapa satwa koleksi kebun binatang ini antara lain gajah tunggang serta onta tunggang. Hmmm tiket yang harus dibayarkan untuk mencoba wahana-wahana ini bermacam-macam antara lain mulai dari Rp 5.000,00 sampai dengan Rp 20.000,00 per-wahana. Jika Anda merasa lapar dan haus, jangan khawatir, di sini ada rumah makan yang terletak di tengah danau yang berbentuk seperti sebuah kapal, yang menawarkan Anda suasana makan di tengah-tengah danau sambil menikmati pemandangan kapal Katamaran yang lewat mengelilingi danau.




Menurut saya banyak hal menarik yang dapat saya temukan di kebun binatang ini, banyak tingkah polah hewan-hewan di sini yang lucu-lucu, seperti tingkah simpanse yang menengadahkan tangan meminta kacang kepada pengunjung, tingkah harimau yang sedang menikmati jatah makanan mereka, tingkah burung hantu dengan matanya yang tajam serta lehernya yang bisa berputar 180 derajat, serta tingkah laku siamang yang sangat hiperaktif dan mengeluarkan suaranya yang khas seolah-olah memanggil-manggil dan mencari perhatian. Selain itu kita juga bisa memberi makan rusa-rusa koleksi kebun binatang ini, dengan membayar Rp 1.000,00 kita mendapatkan satu ikat sayur-sayuran yang sudah disediakan oleh pihak pengelola.




Selain tempat untuk rekreasi, Kebun Binatang Gembira Loka ini dapat Anda jadikan sebagai sarana untuk berwisata edukasi, mengenal jenis-jenis fauna sambil mengamati tingkah pola lucu mereka. Bagi Anda yang penasaran dengan tingkah-polah satwa-satwa ini, monggo mampir dan nikmatilah Kebun Binatang Gembira Loka ini :)

6 comments:

  1. Replies
    1. iya mas :D
      setelah hampir 4 tahun di Jogja baru kemarin kesampaian ke sini :D

      Delete
    2. belum pake dslr mas
      masih pake pocket canon SX120is saya :D

      Delete
    3. hehehe iya mas, asal dapet cahaya yang bagus hasilnya lumayan pake ini kamera

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com