Friday, March 11, 2016

Hotel Patria Garden Blitar

Salah satu faktor yang menjadi perhitungan para pejalan ketika bepergian adalah masalah penginapan. Jika kita berkunjung ke sebuah kota yang notabennya menjadi kota tujuan wisata atau urusan bisnis, tentu saja akan lebih mudah mencari penginapan sesuai dengan fasilitas dan budget yang kita inginkan. Tapi, bagaimana jika kita bepergian ke sebuah kota kecil dan tak banyak pilihan tempat penginapan? Tentu akan menjadi pengalaman tersendiri ketika mencari penginapan sesuai dengan isi kantong bukan?

note : Tulisan ini dibuat berdasarkan pengalaman penulis, tidak ada unsur iklan atau kerja sama dengan pihak pengelola penginapan dalam penulisan review ini.


Perjalanan ke Kota Blitar menjadi pengalaman menarik bagi saya, terlebih tentang masalah penginapan yang akan saya gunakan untuk bermalam di kota tempat persemayaman terakhir Bung Karno, salah satu tokoh Proklamator Kemerdekaan Indonesia. Dari hasil browsing di internet, saya menemukan beberapa penginapan yang lokasinya cukup strategis di tengah kota. Namun, setelah menghitung-hitung budget yang saya miliki, akhirnya saya memutuskan untuk mengambil salah satu dari dua pilihan penginapan yang banyak direkomendasikan di internet, yaitu Hotel Patria Palace atau Hotel Patria Garden. Lalu saya bertanya kepada seorang kawan yang tinggal di Blitar. Dia merekomendasikan saya untuk memilih Hotel Patria Garden saja, menimbang dari fasilitas dan suasana yang ditawarkan.

Menemukan Hotel Patria Garden
Perlu sedikit perjuangan untuk menemukan lokasi Hotel Patria Garden ini. Boleh dikatakan, lokasi hotel ini agak jauh dari pusat kota, terlebih jika Anda memilih untuk berjalan kaki menuju hotel ini. Dengan panduan aplikasi maps di ponsel, akhirnya saya pun mengikuti petunjuk dari aplikasi tersebut untuk menemukan keberadaan lokasi Hotel Patria Garden ini. Setidaknya perlu waktu sekitar 20-30 menit berjalan kaki dari stasiun, walaupun di aplikasi maps jarak yang tertera tidak lebih dari dua kilometer. Ditambah udara Blitar yang cukup panas dan pedistrian yang kurang memadai bagi pejalan kaki menjadi tantangan tersendiri bagi Anda yang ingin berjalan kaki.


Oh iya, perlu diingat bahwa Kota Blitar sekarang tidak memiliki akses transportasi umum seperti angkot. Hanya ada becak dan ojek, itupun jumlahnya tidak terlalu banyak. Mereka juga hanya "mangkal" di daerah-daerah tertentu saja. Tidak seperti di beberapa kota yang dengan mudah daoat ditemui. Saran saya sih, kalau Anda ingin menginap di Hotel Patria Garden ini, lebih baik Anda menggunakan jasa becak dari stasiun deh daripada kaki Anda gempor jika berjalan kaki, ya kecuali jika Anda tidak masalah untuk berjalan kaki dengan jarak tempuh yang cukup lumayan.

Suasana Hotel Patria Garden
Memasuki Hotel Patria Garden, kita akan disambut dengan suasana seperti masuk ke dalam sebuah gang di kompleks perumahan. Suasana garden memang cukup kental terasa. Pepohonan palem yang tinggi menjulang dan tanaman hias yang tertata rapi di depan kamar langsung memberikan suasana taman yang rindang dan nuansa back to nature yang nyaman. Ya, sesuai dengan nama hotel ini yang mengusung nama "garden" di belakangnya, suasana penginapan ini terasa cukup kental dengan suasana taman yang nyaman untuk beristirahat.



Dengan ramah, bapak security hotel mempersilahkan saya memasuki sebuah pendopo terbuka yang berada di bagian tengah kompleks bangunan. Sebuah arca diletakkan di bagian tengah pintu masuk pendopo seolah menyambut tamu yang akan menuju bagian lobi. Bangunan pendopo inilah yang dijadikan sebagai tempat resepsionis menerima tamu, baik yang akan check in maupun check out. Resepsionis di hotel ini sangat ramah dan dengan telaten menjelaskan tipe-tipe kamar beserta fasilitas yang ditawarkan. Room rate di Hotel Patria Garden mulai dari Rp 150.000,00 untuk tipe standar. Sayang sih, kamar dengan rate termurah sudah habis dipesan, saya pun akhirnya menjatuhkan pilihan pada kamar super duluxe dengan harga Rp 250.000,00 per-malam. Saran saya, ada baiknya Anda memesan kamar melalui situs booking online untuk mendapatkan penawaran harga yang menarik.

Fasilitas Kamar
Untuk kamar tipe super duluxe, Hotel Patria Garden menyediakan fasilitas seperti double bed, pendingin ruangan, TV dengan saluran channel saluran TV kabel, air mineral dua botol, kamar mandi dalam dengan fasilitas air panas dan air dingin, serta free breakfast. Rata-rata kamar yang ada di Hotel Patria Garden ini menyediakan fasilitas double bed, walaupun Anda hanya datang sendirian. Jarang ada pilihan single bed kecuali untuk kelas tertentu. Luas kamarnya memang tak seberapa luas, namun menurut saya cukup nyaman untuk beristirahat.


Kamar mandinya cukup bersih, hanya sayang, di kamar yang saya tempati, yaitu kamar 102, fasilitas flush toilet otomatisnya rusak. Tidak ada fasilitas shower, air panasnya pun tidak dengan otomatis terasa ketika kran diputar. Anda harus menunggu sekitar 3 menit baru air panas terasa dari kran tersebut. Pihak hotel hanya menyediakan fasilitas handuk dan sabun mandi saja. Selebihnya, Anda harus mempersiapkan sendiri ya ! Satu lagi sih yang masih kurang dari fasilitas yang disediakan, yaitu pendingin ruangan yang kurang terasa dingin ketika dinyalakan, apalagi siang itu udara Blitar lumayan panas. Jadi AC-nya masih kurang terasa nendang menurut saya.


Soal kebersihan kamar dan kenyamanan ruangan sudah cukup memuaskan menurut saya. Tempatnya cukup tenang jauh dari hiruk-pikuk keramaian perkotaan sehingga cukup nyaman digunakan sebagai tempat beristirahat. Fasilitas parkir kendaraan pun cukup memadai. Pengunjung dapat memarkirkan mobil atau kendaraan mereka langsung di depan kamar masing-masing sehingga pengunjung tidak perlu repot-repot mengeluarkan semua barang-barang dari kendaraan menuju ke dalam kamar.


Fasilitas wifi-nya pun cukup kencang, jadi jangan khawatir bagi Anda yang pecandu dunia maya. Jika Anda menginap di Hotel Patria Garden ini, aktivitas bisnis, komunikasi maupun hiburan yang memerlukan koneksi internet, semuanya akan terpenuhi.

Kesimpulan
Dari segi fasilitas dan harga sih masih kurang maksimal menurut saya. Namun, Hotel Patria Garden ini bisa Anda jadikan tempat refrensi untuk menginap bagi Anda yang sedang berkunjung ke Kota Blitar. Menurut penilaian saya sih, ada beberapa kekurangan dan kelebihan yang dimiliki oleh penginapan ini menurut pandangan saya. Kekurangan dan kelebihan tersebut antara lain adalah :

Kelebihan :
1. Suasana penginapan cukup tenang, jadi cukup nyaman digunakan untuk beristirahat.
2. Konsep "garden" di penginapan ini cukup terasa kental.
3. Fasilitas parkir kendaraan sangat memadai, bahkan pengunjung dapat memarkirkan langsung kendaraan di depan kamar.
4. Staf hotelnya sangat ramah, baik dari security maupun resepsionis. Mereka cukup telaten menjelaskan fasilitas penginapan dan membantu tamu yang membutuhkan sesuatu, misalnya mencarikan jasa ojek untuk menuju Candi Penataran.
5. Lokasi penginapan cukup dekat dengan tempat wisata di Blitar seperti Pemandian Sumber Udel dan Makan Bung Karno.

Kekurangan :
1. Bangunan teras yang berada di depan kamar terkesan kurang bersih.
2. Flush toilet di kamar yang saya tempati mati (kamar 102)
3. Pendingin ruangan yang kurang terasa dingin.
4. Tidak ada fasilitas shower, air panas yang keluar dari kran harus menunggu beberapa saat baru terasa panas, fasilitas toiletries yang simple hanya handuk dan sabun saja.
5. Lokasi penginapan yang agak jauh dari pusat kota (apabila berjalan kaki lho ya)

Overall, saya cukup puas sih dengan pelayanan dan fasilitas yang disediakan oleh Hotel Patria Garden ini. Suasana penginapan yang tenang dan nuansa garden yang menyejukkan mata juga memberikan kesan nyaman ketika Anda bermalam di penginapan ini. Adakah informasi mengenai penginapan lain di Kota Blitar yang barangkali pembaca ketahui atau pernah singgahi? Share di kolom komentar ya !

Keterangan :
Hotel Patria Garden Blitar
Jalan Batanghari nomor 1, Sukorejo, Blitar 66121
telp +62 342 807222
fax  +62 342 814222
email : patriagardenhotel@hotelpatriablitar.com

2 comments:

  1. kok pesennya kamar double bed mas, btw itu kamar mandinya bawahnya kurang bersih :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya, bak mandi bagian luarnya kurang bersih gosoknya, tapi lantainya cukup bersih, tidak terasa licin gara-gara lumutnya kok

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com