Saturday, December 31, 2011

Candi Mendut - Kemegahan Arca Budha di Dalam Candi


Setelah kemarin selesai mencari data dan menjelajahi Candi Borobudur, tak afdol rasanya jika melewatkan candi ini begitu saja. Candi Mendut, candi yang lokasinya tepat di pinggir jalan utama dari Magelang menuju wilayah Candi Borobudur, sangat mudah untuk menemukan lokasi Candi Mendut ini. 



Tiket yang harus dibayarkan untuk memasuki area Candi Mendut adalah Rp 2.000,00 per-orang, cukup murah bukan? Jika dilihat bangunan fisiknya, Candi Mendut memiliki satu bangunan induk tanpa didampingi oleh candi perwara. Bangunan induk candi memiliki sebuah ruangan yang cukup luas. Di dalam ruangan tersebut terdapat tiga buah arca Budha yang cukup besar. Candi Mendut juga merupakan salah satu candi yang masih digunakan untuk beribadah pemeluk agama Budha, dan candi ini masih digunakan dalam prosesi perayaan Waisak.



Relief-relief yang terpahat di dinding-dinding candi sebagain besar masih dalam kondisi yang utuh dan terawat dengan baik. Dari beberpa sumber yang saya baca, arca-arca di Candi Mendut ini menceritakan tentang ceita Jataka yang sarat dengan makna hukum "sebab-akibat". Decak kagum tak habis saya rasakan ketika menikmati keindahan ukiran-ukiran relief yang ada di dinding Candi Mendut ini, sungguh mahakarya yang sangat luar biasa.


Untuk menuju lokasi Candi Mendut, Anda dapat menggunakan kendaraan pribadi maupun kendaraan umum. Beberapa bus kecil tujuan Borobudur dapat kita gunakan dan berhenti pas di depan lokasi kompleks Candi Mendut ini. Bagi Anda yang suka berburu cinderamata unik, di sekitar Candi Mendut juga terdapat cukup banyak kios yang menjual cindera mata unik, ya tinggal pandai-pandai saja menawar.


Bagi Anda yang akan menuju maupun setelah berkeliling Candi Borobudur, tak ada salahnya sekalian mampir di Candi Mendut ini.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com