Tuesday, February 26, 2013

Jadah Tempe - "Sandwich" Tradisional ala Kaliurang

Apa yang terlintas di pikiran Anda mengenai Kaliurang? Pastilah sebuah tempat wisata yang terletak di lereng Gunung Merapi dengan pemandangan yang cantik serta hawa sejuk khas pegunungan. Kaliurang merupakan salah satu ikon pariwisata yang terletak di sebelah utara Kota Jogja. Tempat wisata ini menyuguhkan panorama alam dengan hawa yang cukup sejuk. Berbagai pilihan wisata pun cukup lengkap di kawasan Kaliurang ini, mulai dari wisata alam, wisata bencana, wisata petualangan, hingga wisata edukasi dan sejarah.


Namun tahukan Anda, ada satu panganan khas yang ada di Kaliurang ini?
Jadah tempe, sebuah perpaduan rasa yang "nabrak" namun justru terasa nikmat saat di santap. Jadah merupakan panganan tradisional khas Jawa yang terbuat dari olahan ketan, memiliki rasa yang gurih karena dalam proses pembuatannya diberi campuran parutan kelapa yang menambah rasa. Tempe dalam racikan jadah tempe ini merupakan tempe yang diolah secara bacem, yaitu tempe yang dimasak dengan campuran bumbu rempah, santan, dan gula jawa. Tempe bacem memiliki rasa khas yaitu rasa manis yang mendominasi serta warna cokelat yang berasal dari campuran gula jawa. Cara memakan jadah tempe ini cukup unik, yaitu jadah dan tempe disatukan (ditumpuk menjadi satu) kemudian dimakan bersama-sama. Rasa manis dari tempe bacem bercampur dengan rasa gurih dari jadah terasa cukup lumer di dalam mulut.



Warung jadah tempe yang terkenal di kawasan Kaliurang adalah warung milik mbah Carik yang sudah mulai berjualan jadah tempe ini sejak tahun 1950-an. Menurut artikel dari gudeg.net yang saya baca, jadah tempe ini merupakan salah satu panganan kegemaran Sri Sultan Hamengku Buwono IX lho ! Hingga saat ini jadah tempe menjadi salah satu panganan yang cukup dicari dan diminati oleh wisatawan, terutama bagi mereka yang berkunjung di kawasan Kaliurang ini.



Sayang, ketika saya berkunjung ke Kaliurang saya tidak menemukan warung milik mbah Carik yang terkenal itu karena saya harus buru-buru kembali ke Kota Jogja. Sebagai gantinya, saya pun membeli jadah tempe yang dijual oleh simbah-simbah di sebuah lapak sederhana yang terletak di sekitar taman Kaliurang. Satu paket jadah tempe dihargai Rp 8.000,00 terdiri dari lima buah jadah, dan lima buah tempe bacem. Jadah ketan dari Kaliurang memang memiliki ciri khas dibandingkan dengan jadah ketan yang sering saya temukan. Jadah ketan di sini memiliki tekstur yang sangat halus, memiliki bentuk pipih lonjong. Rasa jadahnya gurih dan lembut ketika dikunyah. Memakan jadah tempe dua sampai tiga potong saja dijamin sudah cukup mengenyangkan. Jadi, jika Anda berkunjung ke daerah Kaliurang, jangan lupa untuk mampir dan mencicipi kuliner khas jadah tempe yang hanya ada di kawasan ini.

10 comments:

  1. Enak nich, perna nyoban yang di mbah carik

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jadi pingin ke jogja lagi .......

      Delete
    2. kalau ada waktu luang mampir kak ke Jogja, dari Jakarta kan deket :P

      Delete
  2. pengen nyoba.. pasti ada rasa tempe ya.. :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau ke Jogja jangan lupa mampir ke Kaliurang buat icip-icip kuliner yang satu ini :D

      Delete
  3. Selamat siang,Tulisannya sangat BAGUS SEKALI, Menambah PENGETAHUAN kita tentang KEINDAHAN kota JOGJA, sehingga membuat kita semua menjadi lebih tertarik untuk MENGELILINGI kota JOGJA.

    dari http://rentalmobilmotorjogja.blogdetik.com/ 0878 6053 4593

    ReplyDelete
    Replies
    1. terima kasih sudah mampir ke blog saya :D
      sukses buat usaha rental motornya :D

      Delete
  4. Pasti sangat lezat. Sekali- kali pengen banget nyoba.Makanan begituan jarang banget kita temui. Terakhir kali saya makan dah 4 tahun lalu. hehe
    Salam,
    www.JualKawatBronjong.com

    ReplyDelete
    Replies
    1. monggo mampir ke Kaliurang buat icip-icip jadah tempe yang legendaris ini :D

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com