Tuesday, January 16, 2018

Nuansa Hijau Muda di Zest Hotel Yogyakarta

Hari sudah menjelang petang saat shuttle bus Joglosemar yang saya tumpangi memasuki area pool baru yang berlokasi di Jalan Magelang KM 7 Yogyakarta. Usai turun dari bus, saya pun segera bergegas memesan taksi untuk menuju penginapan


Kali ini saya akan menginap di Zest Hotel Yogyakarta yang berlokasi di Jalan Gadjah Mada No 28. Lalu lintas sore itu tergolong cukup lancar walaupun terjadi kepadatan di beberapa titik lampu merah yang dilewati. Perjalanan dari pool shuttle bus menuju penginapan tak  memakan waktu lama, hanya kurang lebih 15 menit perjalanan saja.

Memasuki bagian ruangan depan hotel, saya langsung disambut oleh resepsionis yang berada di bagian lobi area. Desain modern minimalis langsung terasa. Simple namun terasa hangat terpancar dari pemilihan warna dan penataan ruangan. 

Tak banyak pajangan yang dipasang di bagian lobi. Hanya terlihat kursi sofa abu-abu minimalis yang dipadu dengan meja hijau untuk tempat menunggu tamu di sebelah kiri pintu masuk. Dinding berwarna abu-abu tua di sebelah kanan pintu masuk yang terlihat kontras dengan ruangan yang didominasi wara putih. Dinding tersebut berfungsi sebagai sekat pembatas antara lobby area dan dining area. Kemudian meja resepsionis berwarna putih dengan aksen tulisan Zest Hotel berwarna hijau sebagai backdropnya yang berdekatan dengan lift.

Pelayanan di Zest Hotel ini tergolong ramah dan cukup cekatan. Tak butuh waktu lama untuk mengkorfirmasi pesanan kamar, kunci berbentuk smart card pun langsung saya dapatkan. Usai menyelesaikan pesanan, saya pun langsung bergegas ke bagian lift untuk menuju kamar nomor 112 yang berada di lantai satu bangunan.

Kamar Hotel
Zest Hotel Yogyakarta memiliki 106 kamar yang terdiri dari 49 kamar dengan tempat tidur berukuran queen dan 59 kamar dengan tempat tidur twin. Saya menempati kamar dengan tipe Zest Queen Room yang berada di lantai satu. Letak kamar berada di dekat lift sehingga cukup memudahkan saya untuk mencari letak kamar tersebut.


Sama seperti standar hotel bintang dua pada umumnya, Zest Queen Room yang saya tempati ini memiliki luas area yang cukup lega, menempati ruangan dengan luas kurang lebih 18 meter persegi. Penataan kamar dan pemilihan ukuran furniture terasa pas, membuat suasana di dalam kamar terasa cukup lega. Masih cukup banyak space kosong sehingga memudahkan pergerakan penguni selama di dalam ruangan kamar.

Fasilitas Kamar
Salah satu pertimbangan bagi kebanyakan orang saat memilih penginapan adalah fasilitas kamar yang disediakan. Seperti hotel bintang dua kebanyakan, bagi saya, fasilitas kamar di Zest Hotel Yogyakarta ini termasuk minimalis namun serba guna.

Di dalam kamar dengan dominan warna hijau cerah ini, kita mendapatkan fasilitas ranjang dengan ukuran queen yang dibalut dengan bed cover dan sprei berwarna putih yang memberi kesan bersih. Tak lupa dua buah bantal disediakan sebagai tempat kepala bersandar.


Nah, jujur saya kurang suka dengan bantal di kamar ini karena menurut saya terlalu tipis (soalnya saya termasuk penggemar bantal yang berisi). Andai saja bantal tersebut lebih tebal sedikit, pasti akan lebih nyaman untuk menopang kepala.

Untuk hiburan, disediakan televisi layar datar 32 inch dengan saluran lokal dan internasional. Lumayan lah untuk dinyalakan agar kamar tak terlalu sepi-sepi amat, hihi.


Ada pendingin ruangan (AC). Telepon dan akses internet nirkabel yang cukup kencang untuk berselancar di dunia maya (dan menyelesaikan pekerjaan). Kotak penyimpanan (save deposit box). Kursi dan meja tulis untuk kerja. Air mineral ukuran 600 ml sebanyak dua botol serta tak lupa tisu.


Tak lupa kaca berukuran full body dipasang di depan pintu kamar mandi. Lumayan untuk dandan dan merapikan pakaian sebelum keluar kamar.


Ada furniture unik setiap kali saya menginap di jaringan hotel milik Zest Hotel, yaitu adanya bangku panjang empuk yang diletakkan di samping ranjang, dekat dengan jendela kamar. Selain untuk leyeh-leyeh, bangku tersebut bisa untuk tempat tidur tambahan kali ya? Hehehe !

Kamar di Zest Hotel ini memang tidak menyediakan lemari untuk menaruh pakaian. Sebagai gantinya, disedikan tempat untuk menggantung pakaian lengkap dengan hanger yang diletakkan di sebelah meja tulis.

Slot colokan listrik pun tersedia beberapa buah. Jadi para penghuni tak perlu khawatir jika harus mengisi daya batre gadget yang dibawa.

Kamar Mandi dan Toilet
Kamar mandi dan toilet juga tak luput dari perhatian tamu hotel saat akan memilih penginapan. Walaupun termasuk ke dalam hotel budget, namun Zest Hotel tidak serta merta mengorbankan space untuk bagian toilet dan kamar mandi ini.


Bagian kamar mandi dan toilet di Zest Hotel tergolong nyaman. Space yang disediakan cukup luas, tidak terlalu sempit seperti hotel sejenis yang pernah saya singgahi. Bagian toilet dan kamar mandi dipisah oleh sekat kaca.

Fasilitas yang disediakan pun cukup baik. Ada wastafel, kaca ukuran sedang lengkap dengan vanity lamp, shower area, tisue roll, serta amenities standar untuk kebutuhan mandi seperti sikat gigi. pasta gigi, sabun mandi, shampo, dan handuk bersih.


Kebersihan ruangan kamar mandi dan toilet pun terjaga dengan baik. Tak ada noda kerak membandel  di bagian dinding dan closet atau bau-bau aneh ketika memasuki area ini.


Air dari bagian shower pun mengalir dengan lancar. Air panas dan dingin berjalan dengan baik. Saluran pembuangan air dari bagian shower area pun lancar sehingga tidak perlu khawatir air menggenang setelah digunakan mandi.

Secara keseluruhan sih, fasilitas kamar mandi dan toilet di Zest Hotel Yogyakarta ini cukup bersih dan nyaman. Oke lah, tidak mengecewakan.

Restoran dan Breakfast Menu
Oke, jarang-jarang lho saya menginap di hotel, mengambil kamar yang include dengan sarapan (karena harganya ga sesuai isi kantong) ! Kebetulan saya mendapatkan harga rate harga kamar termasuk sarapan yang cukup murah saat menginap di Zest Hotel ini (saya mendapat kamar dengan rate harga Rp 250.000,00 sudah termasuk breakfast).


Ruangan restoran terletak di area lobi. Memiliki ruangan dengan luas yang tergolong cukup mungil, namun mampu menampung sekitar 50 orang. Memiliki meja dan kursi kecil dengan warna hijau dan orange yang terkesan seperti di area foodcourt sebuah mall, namun menjadikan suasana ruangan menjadi segar.

Menu yang disiapkan termasuk sederhana namun cukup beragam, mulai dari nasi, sayur, sosis, nasi goreng, telur omelete, roti tawar dengan aneka pilihan toping, buah potong, bubur ayam, bubur kacang hijau, kopi, teh, jus, dan infused water.

Rasanya cukup pas bagi lidah saya. Bumbunya pas, tidak terasa hambar. Cocok lah untuk mengisi tenaga saat pagi untuk memulai hari. Jam buka restoran seperti standar hotel bintang dua pada umumnya, yaitu mulai dari pukul 06.00 sampai pukul 10.00 pagi.

Fasilitas Hotel
Walaupun tergolong ke dalam budget hotel, namun fasilitas yang tersedia di Zest Hotel tergolong lengkap. Ada fasilitas pijat dan spa by request, parkir kendaraan dengan sistem keamanan CCTV, ruang pertemuan yang bisa menampung 120 orang, vending machines, kolam renang semi outdoor dan sebagainya.

Nah, sebenarnya saya cukup penasaran sih dengan fasilitas kolam renang yang disediakan. Tapi sayang, karena saya kembali ke hotel sudah larut malam dan esok paginya harus melanjutkan perjalanan, jadi tidak bisa menikmati secara penuh fasilitas yang disediakan.

Lokasi Hotel
Menurut saya, Zest Hotel Yogyakarta ini memiliki lokasi yang cukup strategis. Berada di bilangan Jalan Gadjah Mada No 28, hotel ini memiliki akses yang cukup dekat dengan pusat keramaian wisata Jogja seperti area Malioboro, Kraton Jogja, Alun-Alun Utara, KM 0 Jogja.

Hotel ini juga dekat dengan Stasiun Lempuyangan yang menjadi salah satu stasiun pemberhentian kereta antar kota. Jika lapar melanda, bisa ngacir ke area Pakualaman yang siang maupun malam banyak warung makan di sana.

Zest Hotel juga terletak dekat dengan minimarket yang buka 24 jam. Sstttt satu lagi, hotel ini juga dekat dengan warung Gudeg Permata yang menjadi salah satu kuliner malam yang diburu di Jogja.

Walaupun dekat dengan pusat keramaian, namun Zest Hotel Yogyakarta ini memiliki lokasi yang cukup tenang ketika malam. Penghuni dapat beristirahat dengan nyaman tanpa terganggu dengan suara deru kendaraan.

Kesimpulan
Zest Hotel Yogyakarta merupakan pilihan tempat bermalam yang menyenangkan. Fasilitas oke, kebersihan terjaga, pelayanan ramah dan lokasi tergolong strategis, dekat dengan pusat keramaian dan pusat pariwisata di Jogja.

Hotel ini cocok bagi pebisnis atau traveler dengan mobilitas tinggi namun masih mengingingkan tempat istirahat yang nyaman dengan fasilitas yang oke namun masih ramah untuk budget.

Namun jika tipe liburan yang akan kalian lakukan adalah untuk staycation, leyeh-leyeh seharian di hotel, saya sih kurang menyarankan karena fasilitas hotel kurang memanjakan tamu yang akan melakukan liburan dengan tipe ini.

keterangan :
Zest Hotel Yogyakarta
Jalan Gadjah Mada No 28 Yogyakarta
Telp (0274) 6429119
Web : www.zesthotel.com
Email : yogya_zhyo@zesthotel.com

2 comments:

  1. yap. ak pernah lewat depan hotel ini. bener katamu letaknya lumayan strategis, deket stasiun lempuyangan, jd g harus buru2 juga kalau dapat kereta pagi. Jalan sedikit atau pesen ojol bisa sampai KM 0 atau Malioboro

    ReplyDelete
    Replies
    1. tempat e enak sih mas di area ini, mau ke arah kampus UGM UNY juga cukup dekat, kalau malam cukup tenang juga lingkungannya

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com