Friday, March 18, 2011

Ganjuran, Gereja Unik Dengan Desain Arsitektur Jawa


Jalan-jalan saya kali ini mencoba mengelilingi beberapa wilayah di Kabupaten Bantul, Yogyakarta. Penjelajahan kali ini saya mengunjungi wilayah Ganjuran, yang merupakan salah satu tempat untuk peribadatan umat Katholik, karena di sana ada sebuah gereja yang cukup terkenal. Saya tertarik mengunjungi tempat tersebut karena bangunan gereja yang sangat unik di sana. Bangunan gereja tersebut perpaduan antara gaya arsitektur Jawa, Eropa dan Hindu. Gaya Eropa terlihat dari bangunan salib yang terdapat di atas bangunan, gaya Jawa klasik terlihat dari interior dari bangunan gereja yang digunakan untuk misa, serta adanya bangunan seperti candi yang terletak di samping gereja. Untuk mencapai ke daerah ini cukup mudah, hanya membutuhkan waktu sekitar 45 menit perjalanan dengan menggunakan motor dari kota Yogyakarta. Untuk mengunjungi tempat ini cukup ikuti saja arah Jalan Bantul lurus ke selatan, lokasinya cukup mudah dijangkau karena papan penunjuk jalan yang tersedia sangat membantu menuju ke lokasi ini.


Unik dan klasik, kesan pertama yang saya rasakan ketika melihat bengunan ini. Arsitektur Jawa sangat kental menghiasi interior bangunan gereja ini. Tempat ini memang bukan untuk tujuan wisata pada umumnya. Tempat ini lebih ditujukan sebagai tempat peribadatan. Ada hal unik di kompleks bangunan ini karena ada bangunan berbentuk seperti candi yang difungsikan sebagai tempat peribadatan juga. Ketika saya mengunjungi tempat ini tampak beberapa siswa sekolah menegah pertama yang sedang khusuk beribadat di area seperti candi tersebut.

Ini dia beberapa gambar yang sedikit menggambarkan kondisi dan keunikan dari bangunan gereja Ganjuran ini. Sayang saya tidak bisa berlama-lama untuk menikmati keindahan arsitektur bangunan ini karena harus segera melanjutkan perjalanan dan penjelajahan selanjutnya.




No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com