Saturday, March 12, 2011

Mampir ke Pantai Depok Lanjut Hunting Sunset di Pantai Parangtritis


Menjelajahi wilayah Yogyakarta memang tak akan ada habisnya. Di kota ini kita bisa memilih beragam wisata, baik itu wisata alam, wisata budaya, wisata belanja, maupun wisata kuliner. Letak geografis wilayah Yogyakarta yang di bagian utara merupakan gunung sedangkan di bagian selatan merupakan hamparan laut yang berbatasan langsung dengan Samudera Hindia. Penjelajahan saya kali ini adalah untuk hunting sunset di pantai Parangtritis yang sudah terkenal itu tapi kali ini kami terlebih dahulu mampir ke pantai Depok yang berada satu garis dengan pantai Parangtritis. Pantai Depok ini terkenal dengan wisata kulinernya karena di sini Anda bisa membeli langsung ikan-ikan dari nelayan dan banyak terdapat warung-warung yang menawarkan jasa untuk memasakkan ikan yang Anda beli tersebut.


Perjalanan menuju Pantai Depok memakan waktu sekitar satu jam perjalanan menggunakan sepeda motor dari kota Yogyakarta. Pantai Depok ini terletak di wilayah Kabupaten Bantul, sebeah selatan kota Yogyakarta. Untuk memasuki wilayah pantai ini Anda cukup membayar retribusi masuk sebesar 3000 rupiah per orang plus 1000 rupiah untuk satu motor. Setelah memasuki wilayah Pantai Depok Anda masih membayar lagi biaya parkir sebesar 2000 rupiah yang sepertinya dikelola oleh masyarakat sekitar. Sesampainya di pantai ini Anda akan disambut dengan perahu nelayan yang pulang melaut dan menjajakan ikan hasil tangkapannya. Seperti pantai-pantai di daerah Bantul, Yogayakarta memang identik dengan pasir hitam dan ombak yang cukup besar, jadi Anda harus tetap hati-hati karena terkadang tiba-tida saja datang ombak yang cukup besar menghantam, hehehehe. 


Udara siang itu cukup terik dan membakar kulit, jadi disarankan untuk memakai sunblock agar kulit tidak terlalu gosong. Tujuan saya dan beberapa kawan berkunjung ke pantai ini memang bukan untuk acara wisata kuliner, tapi hanya sebatas singgah saja sambil menunggu sore dan kemudian lanjut ke Pantai Parangtritis untuk hunting sunset. Di sini kami mampir sekalian memesan es kelapa muda, lumayan lah dengan harga 7000 rupiah untuk satu buah kelapa muda plus es untuk menuntaskan dahaga karena cuaca siang itu sungguh terik di tambah dengan awan biru cerah.



Di kawasan Pantai Depok ini cukup gersang karena tidak ada tanaman yang berada di pinggir pantai. Ada beberapa tanaman cemara laut yang coba ditanam tapi meranggas. Setelah puas menikmati Pantai Depok dan waktu menujukkan pukul 15.30 kami segera bergegas untuk menuju Pantai Parangtritis untuk hunting sunset. Perjalanan dari Pantai Depok ke Parangtritis hanya memakan waktu sekitar 10 menit melewati gumuk pasir, salah satu spot favorit untuk hunting foto dan juga untuk syuting FTV dan beberapa video klip. Sesampainya di Pantai Parangtritis kami segera menitipkan motor kami, dan membayar parkir sebesar 3000 rupiah, lebih mahal jika dibandingkan dengan parkir di Pantai Depok.




Sesampainya di Pantai Parangtritis kami langsung mencari spot yang bagus untuk hunting. Pantai Parangtritis lebih datar dan hamparan pasirnya lebih luas dibanding dengan Pantai Depok. Beruntung sore itu cuaca sangat mendukung dan awan cerah sehingga kami bisa hunting sunset


Di Pantai Parangtritis ini Anda juga bisa menyewa kereta kuda kecil yang biasa disebut dengan "bendi" untuk berkeliling menyusuri pantai ini.




2 comments:

  1. Good dik,lanjutkan hobi menulismu,.....

    btw,dari Profil mu knp mimpinya cuma mempelajari kebudayaan 'n kuliner di Indonesia??!!

    knp ga diperluas menjadi tingkat internasional,...Lanjutkan!!

    ReplyDelete
  2. aku masih pengen mengeksplore Indonesia dulu aja mas
    banyak tempat-tempat yang menarik dan eksotis di Indonesia :D

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com