Tuesday, May 17, 2011

Mencicipi Gudeg di Daerah Wijilan


Siapa sih yang tak kenal dengan kuliner yang satu ini, yak gudeg, makanan yang terbuat dari gori atau nangka muda yang dibuat dengan bumbu manis ini adalah makanan khas dari Yogyakarta dan semua orang tau ini. Salah satu sentra makanan gudeg yang terkenal di Yogyakarta adalah di daerah Wijilan, tepatnya di sebelah timur alun-alun utara. Tak lengkap rasanya jika singgah di Yogyakarta tanpa mencicipi kuliner khas yang satu ini.


Di daerah ini merupakan sentra gudeg yang cukup terkenal dan terdapat beberapa deretan warung yang semuanya menjajakan masakan gudeg. Gudeg adalah sayur yang terbuat dari nangka muda yang dimasak dengan santan dan bumbu lain, biasanya berwarna cokelat dan rasanya manis. Penyajian gudeg yang komplit biasanya dengan nasi putih yang dipadukan dengan kuah santan kental yang biasa disebut areh, ayam kampung, telur rebus, tempe dan tahu bacem serta sambal goreng krecek. 


Di Wijilan ini gudeg yang paling terkenal adalag Gudeg Yu Djum, tapi kali ini saya mencoba warung gudeg Bu Lies karena saya tertarik dengan penataan ruang yang cukup nyaman dengan suasana Jawa yang cukup klasik. Untuk rasa gudeg sendiri di tempat ini juga ga kalah enak (menurut lidah saya sih). Selain bisa pakai meja dan kursi di warung ini juga menyediakan tempat untuk lesehan.


Kali ini saya pesan nasi gudeg dengan lauk telur dan tempe bacem, lumayan lah satu porsi Rp 9.000,00 saja untuk menikmati kuliner khas kota Yogyakarta yang satu ini.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com