Friday, May 6, 2011

Trip To Solo Day 2 : Menikmati Siti Hinggil Keraton Surakarta



Mengunjungi kompleks Keraton Surakarta tak lengkap rasanya jika tidak mengunjungi bagian terdepan dari bangunan keraton yang biasa disebut dengan Siti Hinggil. Komplek Siti Hinggil ini dibangun di atas tanah yang lebih tinggi dari tanah di sekitarnya. Tempat ini pada zamannya digunakan sebagai tempat untuk menghadap para punggawa (pejabat menengah ke atas) dalam upacara resmi kerajaan.


Ada bagian yang diberi garis pembatas yang sepertinya digunakan sebagai singgasana raja pada saat acara yang diselenggarakan di Siti Hinggil ini. Bangunan ini dibuat agak lebih tinggi daripada bangunan altar.


Di kompleks ini pula terdapat beberapa meriam yang sekarang dipajang di antara bangunan altar tempat raja dan juga altar untuk para bawahan raja.


Di bagian paling bawah dari Siti Hinggil adalah bagian altar yang mirip dengan bagian pagelaran. Kalau sekarang sih tempat ini sering dijadikan sebagai tempat untuk beristirahat orang-orang di sekitar Pasar Klewer karena tempatnya yang nyaman dan teduh, pas sekali untuk leyeh-leyeh apalagi pada siang hari yang cukup terik.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com