Tuesday, March 27, 2012

River Tubing Kali Oyo - Menikmati Mini Rafting Melintasi Aliran Sungai Oyo


Belum puas basah-basahan di dalam Goa Pindul, petualangan saya lanjutkan menyusuri aliran Sungai Oyo yang letaknya tidak jauh dari lokasi Goa Pindul. Pilihan paket wisata kali ini adalah River Tubing Kali Oyo yang cukup menantang adrenalin kita. Memang di sungai ini jeram-jeramnya tidak terlalu ganas seperti sungai-sungai lain yang biasa digunakan untuk olahraga rafting, namun paket river tubing Sungai Oyo ini tak kalah asyik kok untuk dicoba. Tak seperti rafting-rafting pada umumnya yang menggunakan perahu karet, river tubing di Sungai Oyo ini menggunakan ban sebagai pelampungnya, bukan bannya dipakai di badan seperti di kolam renang, melainkan kita duduk di atas ban, mirip dengan penjelahan di Goa Pindul, dan sekali lagi saya merasa kurang bebas untuk bergerak -__-


Dari base camp setelah kita melakukan registrasi, kita akan diantar dengan sebuah mobil bak terbuka untuk menuju lokasi Sungai Oyo yang jaraknya tidak terlalu jauh sebenarnya dari base camp, hanya saja dijamin bakal gempor kalau jalan kaki. Pemandangan di sepanjang perjalanan menuju starting point cukup memanjakan mata, dengan hamparan sawah dan tanaman padinya yang menghijau ditambah dengan dereran pohon kelapa yang seolah-olah melambaikan tangannya karena tertiup oleh angin.


Tiba di starting point si pemandu satu terlebih dahulu menceburkan diri untuk memantau arus air sungai, lalu dilanjutkan kami turun satu per satu menaiki ban yang telah kami bawa dari base camp, lalu disusullah pemandu dua yang bertugas untuk menjaga dan mengarahkan kami. Baru sebentar merasakan jeram-jeram dan aliran sungai kami harus berhenti dan naik sejenak, lalu berjalan menyusuri sungai karena ada satu jeram yang cukup berbahaya untuk ukuran river tubing. Jalan-jalan di pinggir sungai memang agak licin dan cukup banyak tanaman duri, jadi kami harus berhati-hati ketika menyusuri pinggir sungai ini. Selesai melewati jeram yang cukup berbahaya tersebut, kami harus menyeberangi sisi sungai untuk dapat melanjutkan river tubing. Harus ekstra hati-hati karena kontur sungai terdiri dari batuan kapur yang cukup licin karena keberadaan lumut-lumut yang tumbuh. Oke setelah berhasil menyeberangi sungai, dimulailah kembali petualangan menyusuri Sungai Oyo dengan ban ini.

Sepanjang perjalanan memang masih nampak pemandangan yang cukup asri dengan nuansa khas pedesaan. Sungai Oyo pun masih cukup bersih walau memang airnya berwarna cokelat. Di pinggir sungai memang terlihat beberapa sampah yang tersangkut di pepohonan bekas terbawa aliran banjir. Menurut pemandu kami, kedalaman Sungai Oyo ini bermacam-macam, mulai dari yang dangkal, kedalaman 2 meter, hingga kedalaman 8 meter, itu kalau sungai sedang tidak banjir. Aliran Sungai Oyo ini konon sampai dengan daerah Imogiri Bantul. Sepanjang perjalanan pemandu kami tidak henti-hentinya mengeluarkan banyolannya sehingga membuat kami tertawa sepanjang perjalanan menusuri Sungai Oyo ini.




Tak hanya jeram-jeram yang ditawarkan di Sungai Oyo ini, di tengah-tengah perjalanan kita dapat melihat kontur khas batuan kapur di sisi pinggir sungai yang indah, dan juga yang menjadi atraksi pada paket river tubing  ini adalah adanya aliran air terjun yang alirannya menuju sungai. Pengunjung berhenti sejenak untuk menikmati keindahan air terjun ini sambil menikmati arus air terjun tersebut. Bagi Anda yang masih ingin menantang adrenalin lagi, monggo silahkan untuk melompat dari ketinggian 15 meter, lokasi untuk melompat tak jauh dari air terjun ini.



River Tubing Sungai Oyo ini kita diawa untuk menyusuri sungai sepanjang kurang lebih 5 km dengan memakan waktu perjalanan sekitar 1,5 jam perjalanan. Harga paket wisata untuk menikmati river tubing Sungai Oyo ini Rp 45.000,00 per-orang dengan minimal peserta 2 orang. Puas menikmati air terjun, perjalanan dilanjutkan lagi menyusuri aliran Sungai Oyo, kali ini arus air mulai tenang dan jarang terdapat jeram-jeram. Di lokasi ini Anda akan merasakan rileks dan menikmati naik di atas ban menyusuri sungai. Anda juga dapat melihat beberapa aktivitas warga sekitar seperti memancing dan menambang pasir. Kata pemandu kami, di sekitar sungai ini juga masih terdapat biawak yang kadang suka berkeliaran, katanya sih biawak tersebut juga diburu oleh warga untuk dikonsumsi dagingnya.


Setelah 1,5 jam penjelajahan tak terasa petualangan kami harus berakhir, kami naik dari atas sungai untuk menunggu mobil pick up yang akan menjemput kami kembali ke base camp. Sebenarnya masih belum puas untuk menikmati keindahan serta jeram-jeram Sungai Oyo ini, namun mau bagaimana lagi, kami juga harus kembali ke base camp untuk membersihkan diri dan kembali melanjutkan perjalanan lagi.

Tips :

  • Datanglah pada musim kemarau karena aliran air tidak terlalu deras dan aman untuk digunakan river tubing. 
  • Gunakan peralatan yang telah disediakan oleh pihak pengelola seperti pelampung, sepatu, dan juga ban, ikuti instruksi pemandu guna menjaga keselamatan.
  • Bagi Anda yang membawa kamera tidak usah khawatir basah, pihak pengelola memberikan tas plastik untuk menjaga kamera Anda tidak basah selama penjelajahan.

No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com