Monday, March 5, 2012

Candi Bubrah - Candi yang Rekonstruksi Bangunannya Benar-Benar "Bubrah"


Kata "bubrah" dalam bahasa Jawa sendiri secara garis besar memiliki arti benar-benar rusak dan tidak memiliki rupa atau bentuk lagi. Nah, di Kompleks Taman Wisata Candi Prambanan masih beberapa candi diantaranya adalah Candi Bubrah ini. Dinamakan Candi Bubrah karena memang sejak pertama kali ditemukan kondisi candi ini dalam keadaan yang rusak parah atau orang Jawa menyebutnya "bubrah".


Candi Bubrah ini merupakan candi yang berlatarkan agama Budha, diperkirakan candi ini dibangun pada abad ke-9, satu periode pembangunannya dengan Candi Sewu. Letak Candi Bubrah memang tak jauh dengan lokasi Candi Sewu, yaitu terletak di sebelah selatan. Karena kondisinya yang rusak parah dan kurang mendapatkan perhatian dari pengelola, sangat jarang wisatawan bahkan hampir tidak ada wisatawan yang berminat untuk mengunjungi candi ini. Tak ayal lagi jika candi ini memang tidak memiliki daya tarik jika dibandingkan dengan candi-candi lain yang berada satu kompleks di Taman Wisata Candi Prambanan ini. Sangat sedikit informasi yang menceritakan tentang keberadaan Candi Bubrah ini karena mungkin tidak adanya prasasti yang menceritakan mengenai pembangunan Candi Bubrah ini.


Di sekitar kompleks Candi Bubrah ini terdapat batu-batu yang berserakan, entah mungkin batu tersebut merupakan bagian dari struktur candi atau tidak. Jika dilihat sekilas terdapat perbedaan warna batu yang ada di susunan bangunan candi dengan batu-batu yang berserakan tersebut. Jika struktur batu yang ada di bangunan kompleks Candi Bubrah ini rata-rata berwarna hitam gelap, sedangkan batu-batu yang berserakan memiliki warna yang cenderung lebih terang.

2 comments:

  1. dulu setahu saya candi bubrah adalah candi tunggal..
    tapi, terakhir kali saya ke prambanan sudah digali lagi 2 candi perwara di sisi belakang (barat) candi bubrah.

    mungkin candi bubrah adalah komplek candi kecil seperti candi lumbung yang ada di sebelah selatannya..

    semoga aja segera bisa dipugar hingga sempurna..
    :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. wah kemarin saya malah kurang memperhatikan kalau ada candi perwara, hanya ada reruntuhan bebatuan yang berserakan di sekitar candi utama, ada beberapa batu yang memiliki motif-motif :D

      semoga saja pemugaran candi ini segera terealisasi :D

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com