Wednesday, June 20, 2012

Pembukaan Acara Pasar Kangen Jogja 2012

Maaf nyempilin postingan ini dulu ya sebelum lanjut lagi tentang kisah perjalanan ke Bromo kemarin :)


Yak hari ini (19/6) adalah pembukaan acara Pasar Kangen Jogja yang bertepatan dengan rangkaian dari acara Festival Kesenian Jogja yang rutin setiap tahun digelar. Apa itu Pasar Kangen Jogja? Pasar kangen Jogja adalah sebuah acara yang memadukan antara pagelaran kesenian daerah, kuliner-kuliner jadul, serta stand-stand yang menjual beberapa pernak-pernik unik bahkan antik. Pasar Kangen Jogja tahun ini digelar di halaman Taman Budaya Yogyakarta. Acara ini diselenggarakan mulai tanggal 19 Juni 2012 sampai dengan 24 Juni 2012.



Pembukaan acara ini dimulai pada pukul 16.00 WIB dengan sambutan-sambutan dari pihak-pihak terkait. Setelah itu dilanjutkan dengan perform dari master kendang Jogja yaitu Sujud Kendang. Hmmm...ketika perform kendang ini saya kurang begitu memperhatikan karena saya diajak teman saya untuk mencicipi beberapa kuliner jadul yang mungkin saja sudah jarang ditemui. Setelah solo perform master kendang, acara dilanjutkan dengan penampilan dari kesenian lokal masyarakat Jogja, kali ini berasal dari Paguyuban Reog Rembun Budaya dari Kulon Progo. Yap, setiap hari akan ada penampilan pentas seni yang berbeda-beda yang berasal dari paguyuban-paguyuban seni yang ada di Yogyakarta.



Bagi Anda yang ingin merasakan nuansa jadul serta ingin berburu kuliner-kuliner jadul seperti buntel (semacam urap dari daun pepaya), jajan pasar, hawug-hawug, tiwul, sengkulun, lopis ketan, lopis legendar, wedang uwuh, cenil, dan sebagainya serta barang-barang kerajinan yang unik-unik. Event Pasar Kangen Jogja ini mulai buka pada pukul 10.00 sampai dengan pukul 22.00 malam


Untuk tahun ini, acara Pasar Kangen Jogja juga bertepatan dengan Pameran Seni Budaya Potensi Kampung dan Tonil yang diberi judul "Tarkam Tarman (Antar Kampung Antar Teman). Pameran ini menggelar potensi dari 7 kampung yang ada di Yogyakarta, yaitu kampung Gemblakan Bawah, Kadipaten Kulon, Kricak Kidul, Nyutran, Pasekan, Sonopakis Kidul, dan Terban.



Sesuai dengan temanya yaitu Pasar Kangen Jogja, acara ini memang menyuguhkan suasana jadul guna mengobati rasa kangen terhadap suasana pasar pada jaman dahulu. Bagi Anda yang ingin meraskan suasana pasar yang jadul, monggo silahkan mampir ke Pasar Kangen Jogja yang diselanggarakan di pelataran Taman Budaya Yogyakarta ini. 

2 comments:

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com