Tuesday, June 19, 2012

Trip To Bromo Day 1 : Perjalanan dari Jogja ke Surabaya Dimulai dengan Bus Eka


Yeah, akhirnya rencana perjalanan ke Bromo terealisasi juga. Perjalanan kali ini saya lakukan sendiri alias solo travelling. Tidak ada persiapan khusus, hanya berbekal informasi dari internet dan modal nekat saya memantapkan diri untuk berangkat ke Bromo. Selasa (12/6) kemarin saya memulai  perjalanan saya menuju Bromo. Sekitar pukul 20.00 saya diantarakan oleh teman kost saya menuju shelter Trans Jogja yang dekat dengan kost saya di daerah Jalan Kaliurang bawah. Beruntung malam itu saya masih mendapatkan bus yang terakhir menuju Terminal Giwangan. Setelah menunggu beberapa saat akhirnya datanglah bus yang membawa saya menuju terminal. Kondisi bus pun juga lumayan lengang karena ini memang bus dengan jadwal terakhir. Lumayan lama juga sih dari shelter menuju terminal, memakan waktu perjalanan sekitar 45 menit karena harus berputar-putar dulu dan sempat transit di shelter daerah Gedong kuning, tidak seperti bus kota reguler yang langsung menuju terminal dengan rute yang telah ditentukan.

Sekitar pukul 21.10 WIB saya tiba juga di Terminal Giwangan. Kondisi terminal cukup lengang hanya ada beberapa bus antar kota saja di terminal tersebut, dengan bus tujuan ke Surabaya lah yang mendominasi. Saya memilih menggunakan bus patas Eka untuk perjalanan saya menuju ke Surabaya. Saya memilih bus ini sih lebih pada alasana keamanan dan kenyamanan selama perjalanan, berhubung kali ini saya melakukan perjalanan sendirian. Untuk harga tiket Jogja-Surabaya dikenakan biaya Rp 63.000,00 per-orang termasuk tiket makan yang dapat ditukarkan di rumah makan yang telah ditentukan. Memang lebih mahal jika dibandingkan dengan bus lainnya seperti Sumber Kencono maupun Mira yang mematok harga Rp 38.000,00 untuk rute yang sama. Bus patas Eka ini memiliki seat 2 2 dengan tempat yang lumayan luas. Pengamen dan pedagang asongan pun tidak diperkenankan naik ke atas bus selama perjalanan, jadi lumayan kondusif lah kondisi di dalam bus selama perjalanan.

Sekitar pukul 21.30 WIB bus pun melaju meninggalkan Yogyakarta. Kondisi penumpang malam itu tidak terlalu ramai. Dari Terminal Giwangan, bus langsung menuju ke Terminal Tirtonadi Solo. Perjalanan ditempuh sekitar 1,5 jam lebih karena kondisi jalan malam itu yang lumayan padat oleh kendaraan. Transit di Terminal Tirtonadi sekitar 20 menit karena antri menunggu giliran dengan bus-bus lain. Kebetulan malam itu hampir semua kursi terisi penuh, bus pun melaju kembali menuju Surabaya.


Sepanjang perjalanan mata saya susah terpejam, mungkin karena efek minum segelas kopi pada sore sebelum keberangkatan, padahal biasanya saya cepat sekali terlelap di dalam perjalanan *saya baru menyadari setelah di perjalanan. Sekitar pukul 02.00 dini hari sampailah ke Rumah Makan Duta di daerah Ngawi untuk transit dan menukarkan kupon makan yang telah diberikan oleh kondektur tadi. Di dalam list karcis yang diberikan terdapat beberapa menu makanan yang dapat ditukarkan. Saya memilih soto ayam dan teh manis hangat untuk mengganjal perut. Jangan ditanya soal rasa, yang penting cukup untuk mengganjal perut. Anda juga bisa memesan menu lain, tapi tentu saja harus mengeluarkan biaya sendiri untuk membayar menu-menu yang Anda pilih.

Setelah transit sekitar 20 menit perjalanan ke Surabaya pun dilanjutkan kembali. Saya pun mulai bisa tertidur cukup lelap selama perjalanan, hingga bangun-bangun sudah sampai di daerah Mojokerto. Sekitar pukul 05.15 pagi pun bus Eka yang saya tumpangi akhirnya sampai juga di terminal Purabaya, Surabaya. Kondisi terminal pagi itu sudah cukup ramai oleh lalu-lalang orang. Setelah saya turun dari bus, saya singgah sejenak ke kamar mandi untuk cuci muka dan meregangkan badan setelah duduk berjam-jam dari Jogja sampai Surabaya.

1 comment:

  1. Bromo Tanjung Pondok Pertanian
    Dalam rangka Memperkenalkan " Kawasan Tengger-Bromo" dari segala aspek, kami buka pondok pertanian tanjung-tosari unt umum
    *HARI KERJA MENGINAP DISINI CUKUP MEMBAYAR DENGAN SUKARELA (TANPA TARIF)* #sms/tlp: * 081249244733 - 085608326673 ( Elie )*-* 081553258296 - 081385458993 (Dudick)*

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikaawan
email : dikahermawandika@yahoo.com