Thursday, June 7, 2012

Es Pisang Ijo Warung La Capila


Ngomong-ngomong soal kuliner, di Jogja ada satu warung yang menjual masakan khas Makasar yang cukup terkenal, yaitu warung La Capila yang terletak di Jalan Krasak No 5 Kotabaru. Lokasi warung ini terletak persis di depan asrama mahasiswa Propinsi Sulawesi Selatan. Ancer-ancernya cukup mudah kok, dari Malioboro ambil saja arah menuju Stadion Kridosono sampai menemukan gereja Kahotlik Kotabaru. Nah, tepat di setelah bangunan gereja terdapat jalan kecil di sebelah kanan jalan, masuk saja jalan tersebut, lurus sedikit sampai Anda menemukan warung berwarna hijau bertuliskan "Warung La Capila". Warung ini khusus menjual masakan khas Makasar yaitu coto, es pisang ijo, dan es palu butung. Menu yang sangat terkenal di warung ini tentu saja coto Makasar dan es pisang ijonya.

Jika dilihat dari tempatnya, warung ini memang tergolong warung yang kecil dan cukup sempit, hanya menempati sebuah trotoar jalan serta sebagian halaman asrama. Jadi, kadang jika pas jam-jam ramai banyak pengunjung yang bingung untuk mencari tempat. Walaupun warungnya kecil dan sederhana, tapi rasa masakan yang disajikan tidak sesederhana dari penampilan warungnya lho !

Oke sih, saya tidak akan membahas menu cotonya secara detail. Saya pernah mencoba menu coto Makasar di warung ini. Kuahnya super kental dengan bumbu rempah yang sangat nendang, potongan daging sapinya juga banyak, sangat cocok bagi Anda yang menggemari kuliner dengan kuah yang kental dan bumbu yang nendang. Aroma dari bumbu rempah ini sangat menyengat hidung bahkan Anda bisa mencium baunya ketika datang di warung ini. Kalau dari rasanya sendiri cotonya terasa gurih dan ada rasa pedas yang berasal dari  bumbu rempah. Cara makannya pun dengan ketupat yang disajikan tersendiri. Untuk harga cotonya sekitar Rp 7.000,00 per-porsi dan ketupatnya Rp 500,00 per-biji. Sekali lagi, saya bukanlah penggemar kuliner dengan bumbu rempah yang sangat kental, jadi saya kurang begitu menyukai masakan yang satu ini. Menurut orang-orang yang menyukai masakan dengan bumbu yang super kental, coto Makasar di warung ini memang juaranya katanya.


Oke, lanjut, menu yang menjadi andalan berikutnya adalah es pisang ijo. Nah, ini salah satu menu kegemaran saya di warung ini. Es ini memang cocok disantap ketika siang hari untuk menghilangkan dahaga. Es pisang ijonya sendiri terdiri dari pisang raja yang dibalut dengan kulit yang berwarna hijau, bubur sumsum, kuah santan, dan diberi sirup berwarna merah. Pisang rajanya sendiri memang benar-benar pilihan, matangnya pas dan rasa manis dari pisangnya juga mantab. Bubur sumsumnya sendiri tidak terlalu manis berpadu dengan kuah santan memberikan rasa gurih yang pas pada sajian es pisang ijo ini. Untuk pemanis tampilan diberi sirup berwarna merah dan diberikan potongan es batu untuk memberikan sensasi dingin. Untuk balutan pisangnya sendiri terasa lembut dan sama sekali tidak terasa alot. Pokoknya juara lah es pisang ijo di warung ini, rasa manis dan gurihnya pas, dijamin tidak bakalan rugi untuk mencicipinya. Untuk harganya sendiri satu porsi es pisang ijo dibandrol dengan harga Rp 5.500,00 saja.


Selain menu-menu yang saya sebutkan di atas, warung ini juga terdapat beberapa menu camilan seperti sate telur, peyek kacang, tahu bakso, bakwan udang, lumpia, dan lain-lain. Untuk jam buka sendiri warung ini biasa buka dari pagi sekitar pukul 08.00 WIB sampai dengan sore pukul 16.00 WIB. Tapi, untuk es pisang ijo biasanya baru siap disajikan sekitar pukul 10.00 WIB dan kadang sebelum jam tutup menu yang satu ini sudah habis dibeli oleh pengunjung. Bagi Anda yang ingin icip-icip masakan khas dari kota Angin Mamiri ini, monggo mampir ke warung La Capila ini.


No comments:

Post a Comment

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com