Wednesday, June 27, 2012

Trip To Bromo Day 3 : Pendakian Ke Puncak Gunung Bromo


Spot wajib yang dijelajahi di Bromo setelah spot Penanjakan 1 adalah lokasi pendakian Gunung Bromo. Ya, lokasi ini memang biasanya sudah menjadi satu paket dengan wisata Penanjakan. Gunung Bromo memiliki ketinggian sekitar 2.392 meter di atas permukaan laut. Untuk jalur pendakian ke Gunung Bromo sudah disediakan anak tangga untuk mempermudah pengunjung menuju puncak Gunung Bromo ini. Jumlah anak tangga yang harus kita daki untuk menuju puncak sekitar 250 buah anak tangga, entahlah saya tidak tahu berapa pastinya karena saya tidak menghitungnya :))


Untuk menuju ke anak tangga ini kita harus berjalan cukup jauh, sekitar 1 sampai dengan 2 kilometer dari parkiran Jeep, tetapi jika kita mengendarai motor tentu saja kita bisa parkir lebih dekat dengan lokasi anak tangga. Parkiran Jeep sudah disediakan sedemikian rupa, pengunjung yang tidak kuat berjalan kaki dapat memanfaatkan jasa porter kuda yang tersedia di lokasi. Untuk tarifnya sendiri dari parkiran Jeep menuju lokasi anak tangga pulang-pergi dibandrol dengan harga Rp 75.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00, terhantung kelihaian Anda menawar. 


Awalnya sih saya mencoba untuk berjalan kaki, tapi belum sampai anak tangga nafas saya sudah ngos-ngosan tidak karuan. Saya kesulitan bernafas karena debu pasir vulkanik yang beterbangan ke sana kemari  yang berasal dari langkah kaki pengunjung, debu yang terkena angin, maupun langkah kaki kuda-kuda yang lewat cukup menyulitkan saya bernafas walaupun saya sudah tutup dengan masker. Saya pun menyerah di tengah perjalanan dan memutuskan untuk menyewa kuda, kebetulan memang ada satu bapak-bapak yang lumayan gigih membuntuti saja sejak dari parkiran motor dengan kuda putihnya. Setelah nego akhirnya si bapak memberikan harga sewa Rp 60.000,00 untuk pulang-pergi. Lumayan lah untuk menghela nafas, daripada nafas saya nanti sesak di tengah perjalanan karena debu vulkanik jahanam yang beterbangan itu. Oh iya bagi Anda yang berjalan kaki menuju anak tangga harap berhati-hati karena kotoran kuda yang berceceran sepanjang jalan, dianjurkan juga untuk membawa masker atau slayer untuk penutup hidung dari debu vulkanik yang beterbangan.


Ujian berikutnya setelah melewati area yang penuh dengan kotoran kuda dan debu vulkanik yang beterbangan adalah menaiki anak tangga. Anak tangga menuju puncak Bromo ini sudah dalam keadaan yang cukup rusak di beberapa sisi, belum lagi pasir vulkanik yang menutupi anak tangga menjadikan anak tangga tersebut cukup licin dilewati, sebaiknya Anda perlu berhati-hati untuk menaiki anak tangga ini. Setelah melewati 250 anak tangga ini, Anda akan tiba di puncak Gunung Bromo dan melihat sebuah cekungan kawah yang cukup lebar dan dalam. Kawah vulkanik tersebut masih aktif, memiliki diameter sekitar 600 sampai dengan 800 meter, sesekali memang tercium bau belerang namun tidak terlalu menyengat. Dan sekali lagi pendakian ke puncak Gunung Bromo ini sedikit membuat nafas saya tersengal karena debu vulkanik yang beterbangan di anak tangga. Tapi perjuangan itu terbayar dengan pemandangan cantik dari puncak Bromo.


Di puncak Bromo ini lumayan datar dan cukup sempit, kontur tanahnya sedikit labil karena terdiri dari pasir vulkanik, dan kurangnya pagar pembatas menjadikan Anda harus ekstra hati-hati, belum lagi jika pengunjung sedang ramai Anda harus rela berdesak-desakan. Selain menikmati kemegahan kawah Bromo, kita juga dapat melihat Gunung Batok yang terletak persis di sisi samping Gunung Bromo ini.  


Oh iya dari atas sini kita juga bisa melihat jelas sebuah pura umat Hindu Tengger yang terletak di antara Gunung Bromo dan Gunung Batok ini. Pura dan juga jalur pendakian ke Puncak Bromo ini biasanya akan ramai ketika perayaan Yadnya Kasada atau Kasodo yang diselenggarakan pada tanggal 14 atau 15 bulan Kasada (bulan kesepuluh) dalam penaggalan Jawa. Saya dengar informasi dari penduduk sekitar sih tahun ini perayaan Kasada akan jatuh pada bulan Agustus pada pertengahan bulan puasa mendatang. Bagi Anda yang berminat melihat perayaan Kasada, silahkan berkunjung ke Bromo pada bulan Agustus tahun ini.

1 comment:

  1. makasih infonya .
    ijin ninggalin jejek.
    www.ciliwungcamp.com
    outdoor rental and store-Adventure & City Tour-Outbound
    jl Ciliwung 1 no 76 Malang

    ReplyDelete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com