Wednesday, June 20, 2012

Trip To Bromo Day 2 : Terdampar di Yog Homestay


Ketika perjalanan menuju Bromo yang kembali terbersit di pikiran saya adalah mencari penginapan untuk tempat saya tinggal selama di Bromo. Di wilayah Bromo memang terdapat beberapa pilihan tempat untuk menginap, mulai dari hotel sampai dengan homestay. Selama perjalanan sebenarnya si sopir bison sudah menawarkan saya untuk menginap di beberapa tempat yang beliau rekomendasikan, namun saya masih pikir-pikir, jangan-jangan tempat menginap yang dia rekomendasikan sudah dibundling dengan harga calo. Saya pun masih menolaknya dengan halus, berharap dapat menemukan penginapan sendiri dengan harga yang lebih murah.



Berdasarkan informasi yang saya cari di internet, harga sewa hotel berkisar antara Rp 250.000,00 sampai sekian, sedangkan untuk sewa homestay berkisar antara Rp 80.000,00 sampai dengan Rp 100.000,00 per-kamar. Dari informasi di internet banyak yang merekomendasikan untuk menginap di Yoschi Hotel, namun ternyata jarak antara hotel dengan pintu masuk kawasan Bromo masih lumayan jauh jaraknya. Sampai saya tidak menyadari akhirnya si bison tiba di pemberhentian terakhir. Saya pun turun dari bison dan disambut oleh pemilik homestay yang berada di dekat pemberhentian terakhir si bison. Saya pun ditawari untuk menginap di homestay milik beliau. Saya tentu melihat-lihat dulu kondisi homestay-nya sebelum memutuskan untuk menginap di tempat tersebut.



Untuk homestay dengan kamar mandi luar alias joint bathroom dibandrol dengan harga Rp 100.000,00 per-kamar, sedangkan untuk kamar mandi dalam dibandrol dengan harga Rp 150.000,00. Untuk jam ceck out diberi toleransi hingga pukul 12.00 siang pada keesokan harinya. Daripada saya pusing-pusing keliling mencari penginapan saya pun langsung memutuskan untuk menyewa homestay  ini. Suasana homestay ini cukup bersih dan nyaman, mulai dari kamar, ruang tamu, hingga kamar mandinya pun cukup bersih. Terdapat sekitar 6 kamar tidur dengan kamar mandi luar dan juga 2 kamar tidur dengan kamar mandi dalam. Di dalam setiap kamar terdapat kasur, bantal, selimut, meja, dan juga cermin. Bagi saya sih homestay ini mirip dengan kamar kost, hehehe, kamarnya tidak terlalu luas tetapi cukup nyaman :)


Salah satu yang menjadi kejutan tinggal di homestay ini adalah jarak antara homestay dengan Gunung Batok dan juga gurun pasir Bromo yang sangat dekat. Tinggal berjalan kaki sebentar saja Anda dapat menikmati keindahan Gunung Batok dari atas bukit. Selain lokasinya yang cukup strategis yaitu dekat dengan pintu masuk menuju Gunung Bromo, lokasi homestay ini juga cukup dekat dengan warung makan maupun cafe-cafe milik hotel yang berada di sekitar homestay. Menurut saya homestay ini cukup recomended lah untuk dijadikan tempat beristirahat selama Anda di Bromo. Pemandangan Gunung Batok siang itu agak tertutup oleh badai pasir, walaupun begitu tapi pemandangan yang disajikan tetap saja terlihat sangat cantik dan menawan :)

11 comments:

  1. Kalo di Yoschi's Hotel memang jauh dari pusat keramaian alias pintu masuk. Ada kali ya sekitar 2 km. Tapi di sana memang suasananya sangat nyaman. Apalagi harganya tergolong murah untuk sekelas hotel, cuma 120.000 untuk kelas ekonomi belum termasuk tax.

    ReplyDelete
    Replies
    1. ternyata murah juga ya mas harganya di Yoschi's Hotel :D
      dilihat dari lokasinya Yoschi's Hotel lumayan tenang dari lalu lalang kendaraan dan kerumunan orang :D
      kemarin saya memilih homestay karena alasan harga dan juga jarang ditempati, kebanyakan waktu yang ada buat keliling-keliling lokasi mas

      Delete
  2. minta Cp-nya dong maass.. mupeng nih :-D, heheh.. ane sama temen2 abis dari dieng, nah skrg ada mau rencana ke TNBTS, buat rekomendasi aja nih..

    ReplyDelete
    Replies
    1. untuk info Yog Homestay bisa coba hubungi Pak Harto di 081234906286 :)

      Delete
  3. Mas Andika, boleh info lbh lanjut ttg YOG Homestay ini?
    Kamarnya boleh di-isi ber4 ga?
    Ada air panasnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. seingat saya bisa kok diisi 4 orang
      ada yang 1 kamar isi 2 bed, harga sewa dulu sama kayak yang single bed

      kalau air panas kebetulan kemarin pas saya ke sana sedang mati -_-
      katanya ada fasilitas air panasnya, tapi sedang tidak berfungsi

      Delete
  4. Mas Andika, saya dan keluarga rencana ke Bromo bulan depan. Saya cek hotel2 di cemara lawang yang dekat dan bisa lihat view bromo sudah fully booked semua (seperti lava view, cafe lava, cemara indah). Apa homestay Yog ini dekat dengan hotel2 yang saya sebutkan diatas? Terima kasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalau tidak salah lokasi Yog homestay cukup dekat dengan hotel2 yang mbak sebutin kok :)

      Delete
  5. Untuk informasi lain tentang homestay murah dan dekat dari kawasan bromo bisa kunjungi ini gan Homestay Murah Bromo dan Jika ingin lebih praktis dengan paket bisa di Paket Wisata Bromo

    ReplyDelete
  6. Andika Awan.. Gak asing bnget dg nama loe.. Haha..
    Hr ini gw booking Yog hostel bwt end year 2016. Harganya dh berubah lah dibanding harga th 2012. Bangunannya jg sdh renov gw lihat.
    Ayo.. K Bromo lagi

    ReplyDelete
    Replies
    1. jadi berapa kak rate nya sekarang? gue udah dua tahun lebih ga ke Bromo lagi :(

      Delete

Disclaimer

all photos and articles in this blog copyright by Andika Hermawan
if you want to use any photos and articles in this blog please contact me for further information
feel free to ask me :)

another social media account :
twitter @andikaawan
instagram @andikahermawaan
email : dikahermawandika@yahoo.com